Kostum Pencarian by Google


Belajar Mudah Mengenal Fitur dan Merakit Sendiri sebuah System Desktop Komputer menggunakan Motherboard M791G (Versi 1.0A)


Terjemahan Bahasa by Google


Kostum Pencarian by Google
Custom Search

Untuk dapat Merakit sendiri sebuah PC Desktop komputer sebenarnya tidaklah terlalu sulit, meskipun begitu.. sebaiknya kita mengenal terlebih dahulu fitur dan teknologi yang didukung pada perangkat hardware terkait. Sebagai bahan Percobaan, kebetulan kami memiliki sebuah perangkat komputer model lama, yaitu menggunakan: Motherboard M791G (Versi 1.0A), Intel Prosesor 933 Pentium III, dan Memori (RAM) V-GEN 512MB DDR1 PC 3200 (400MHz), lihat halaman terdahulu: "Spesifikasi Motherboard M791G (Versi 1.0A) dengan Soket PGA 370, Support untuk Intel Pentium III (Model Lama)". Motherboard M791G (Versi 1.0A) ini, selain mempunyai fitur cukup lengkap di jamannya, simpel serta mudah di pahami bagi siapa saja yang ingin Belajar merakit sendiri sebuah perangkat desktop komputer (PC), khususnya bagi para Pemula.

Belajar dengan mudah Cara Mengenal Fitur dan Merakit Sendiri sebuah System Desktop Komputer menggunakan Motherboard (model lama) M791G (Versi 1.0A)


Untuk dapat merakit dan membangun sendiri sebuah PC Desktop komputer, maka sebaiknya kita mengenal terlebih dahulu Fitur dan Teknologi pendukung pada Motherboard, sehingga dapat di ketahui Part (komponen) yang kompatibel (sesuai) dengan produk motherboard tersebut. Sebagai contoh disini adalah: Motherboard M791G (Versi 1.0A), berdasarkan spesifikasinya (lihat spesifikasi, fitur dan teknologi pendukung pada situs resmi terkait produk):

Belajar Mengenal dan Merakit Sendiri PC Desktop Komputer dengan Motherboard M791G (Versi 1.0A)
Motherboard M791G (Versi 1.0A)
Motherboard ini menggunakan "Soket PGA370" - Support untuk beberapa Jenis / Model prosesor Pentium® III Processor dengan kecepatan 500 MHz to 1.13 GHz, seperti: Intel Pentium 900, 850, 800, 750, 700, 650, 600E, 550E, and 500E MHz pada 100 MHz system bus dengan kecepatan 1.0GHz / 1.10GHz serta ke yang sedikit lebih tinggi adalah: Intel Pentium 933, 866, 800EB, 733, 667, 600EB, and 533EB pada 133MHz system bus dengan kecepatan 1.0GHz / 1.10GHz, Semua Seri Prosesor tersebut di atas menggunakan Platform "Pentium® III Processor untuk Soket PGA370". Rancangan Sistem PC Desktop sebagaimana contoh pada halaman ini adalah menggunakan sebuah "Intel 933 (pentium III) dengan kecepatan maksimum 1.13GHz".

Gambar dan Keterangan Prosesor Intel 933 (pentium III) 1.13GHz
Intel 933 (pentium III) 1.13GHz

Fitur dan Teknologi pendukung pada Intel 933 (pentium III)

Intel 933 (pentium III) 1.13GHz ini menggunakan soket prosesor PGA (Pin Grid Array) 370, dengan 256Kb Cache + fitur ECC (Error Correcting Code) berjalan pada 133MHz sistem bus (FBUS), sebagaimana keterangan pada situs resmi Intel:
Prosesor Pentium III dirancang untuk desktop berkinerja tinggi dan untuk workstation dan server. Intel Pentium III processor memberikan performa yang luar biasa untuk aplikasi yang berjalan pada sistem operasi canggih seperti Windows 98, Windows NT dan UNIX. Pentium III juga mencakup fitur terbaru untuk Menyederhanakan sistem manajemen dan Menurunkan biaya kepemilikan untuk lingkungan usaha besar dan kecil.
Gambar dan Keterangan Prosesor Intel Pentium III (Katmal)
Intel Pentium III - Codename 'Katmal" processor
Generasi Kedua Intel 933 (pentium III - dengan kode nama "Coppermine") 1.13GHz ini, merupakan pengganti Generasi Pertama Intel Pentium III yang di beri kode nama "Katmal" yang masih menggunakan ''SECC2" untuk Slot Prosesornya.

Setelah sedikit mengenal tentang Karakteristik dari Prosesor Intel 933 (pentium III) tersebut, berikut pemasangan prosesor mengikuti petunjuk yang terdapat pada Motherboard dan Prosesor tersebut (pada pada prosesor dan motherboard terdapat tanda "Segitiga (▼)" yang menunjukan posisi pemasangan / kedudukan prosesor tersebut pada soket motherboard).

Petunjuk Pemasangan  Intel 933 Prosesor pada Motherboard M791G (Versi 1.0A)
Motherboard M791G (Versi 1.0A)
Keterangan Langkah Pemasangan Komponen / Perakitan Komputer pada Motherboard M791G (Versi 1.0A) PC Desktop

  1. Pemasangan Prosesor sesuai dengan "tanda" yang terdapat pada kedua perangkat tersebut, yakni: tanda di Prosesor dan tanda yang terdapat pada soket motherboardnya.
  2. Pemasangan "RAM (Random Acces Memory)" yang sesuai dengan tipe yang di dukung oleh motherboard dan prosesornya. Motherboard M791G (Versi 1.0A) ini support untuk 2 model RAM yaitu: SD-RAM dan DD-RAM.
  3. Pemasangan 20-Pin ATX Power Supply
  4. Pemasangan VGA port ke Monitor
Ketika keempat poin diatas sudah di lakukan (termasuk pemasangan "CPU Fan w/ Heatsink"nya), maka poin yang kelima adalah melakukan ujicoba untuk menghidupkan sistem komputer tersebut, dengan menyentuhkan singkat 2 pin "Power" (yang bertanda merah - lihat gambar diatas!).

Pada motherboard tersebut, jika system sudah bekerja (gambar tampil pada layar monitor), maka langkah selanjutnya adalah pemasangan Motherboard tersebut pada sebuah Box Chassing yang tersedia, Pemasangan "Power/Reset/Power Indicator (led)/HDD led" Switch di Panel depan, dan selanjut Pemasangan Hardisk Drive (HHD) dan Optical Drive (DVD-CD) serta kelengkapan lainnya.




Share this article :

0 Komentar untuk "Belajar Mudah Mengenal Fitur dan Merakit Sendiri sebuah System Desktop Komputer menggunakan Motherboard M791G (Versi 1.0A)"

Seluruh KOMENTAR akan DITERBITKAN, Kecuali:

* KOMENTAR SARA, PORNOGRAFI, SPAM maupun SCAM

Catatan:

* Mohon Perhatikan secara Cermat..! Jika ada Komentar yang bersifat "KOMERSIAL", agar tidak ada PIHAK yang merasa DIRUGIKAN dan MERUGIKAN..!

* Dimohon agar memberikan Komentar, Link ataupun Informasi lainnya, sesuai dengan Topik pada Halaman tersebut di atas.

* Komentar yang tidak sesuai dengan Topik, kemungkinan akan di hapus Permanen.

* Seluruh "Komentar, Saran dan Kritik" akan diperhatikan untuk Perbaikan Kedepannya.

Back To Top