Kostum Pencarian by Google


Faktor Penting Kecepatan sebuah PC (Desktop / Laptop) Komputer


Terjemahan Bahasa by Google


Kostum Pencarian by Google
Custom Search

Komputer baik PC Desktop maupun Laptop merupakan perangkat elektronik penting untuk menunjang aktifitas Masyarakat  modern (abad teknologi) masa kini, oleh karena itu perangkat komputerisasi hampir tidak terpisahkan di kehidupan sehari hari bagi kehidupan manusia modern saat ini baik berupa Gadget: Handphone, PC Desktop / Laptop dan yang sejenisnya.

Pada awalnya perangkat komputer hanya digunakan sebagai sarana Telekomunikasi oleh instansi instansi besar saja, lihat halaman terdahulu: Sejarah Masa Awal Internet, namun seiring dengan perkembangan dan kemajuan teknologi sekarang ini, sebuah perangkat komputer juga sudah di lengkapi dengan fitur canggih, bukan lagi hanya sebagai perangkat komunikasi saja, namun juga sebagai Multimedia untuk beragam keperluan.

Kecepatan Prosesing data sebuah Komputer selalu bermuara dari Kecanggihan Teknologi yang di benamkan pada Inti perangkat komputer tersebut, tidak terkecuali, Handphone, Smartphone, Tablet PC, Desktop, Laptop dan yang sejenisnya. Inti tersebut tidak lain adalah sebuah "Prosesor". Semakin canggih fitur teknologi yang di benamkan pada prosesor tersebut, maka akan semakin baik pula performa (kecepatan dan kestabilan) dari perangkat komputer tersebut, meskipun begitu, sebuah prosesor juga tidak akan bekerja maksimal, jika tidak didukung oleh perangkat penunjang lainnya, seperti: RAM dan Mesin (Motherboard pada PC).

Beberapa Faktor Penting Kecepatan pada sebuah PC (Desktop / Laptop) Komputer

Komputer untuk Penggunaan Standar
PC Deskop Pentium 4
Pada Dasarnya ada cukup banyak yang mempengaruhi  Kecepatan dan Performa pada sebuah Perangkat Komputer ini, Namun hal yang terpenting adalah "Sebuah Komputer dirancang dengan Spesifikasi tertentu, sesuai dengan Penggunaanya", berikut beberapa gambaran terkait penggunaan komputer tersebut:
  1. Gaming Komputer - Jenis perangkat komputer ini di desain khusus untuk para Gamer (pemain / hobby bermain PC GAME) yang menjalankan game dengan grafis tinggi (High Definition / 3D), sehingga umumnya mempunyai spek tinggi (baik pada Prosesor / RAM / VGA dan Motherboard dengan fitur dan teknologi pendukungnya), namun spek yang demikian tidak diperlukan pada Jenis komputer untuk keperluan Kantor dan untuk pengerjaan / tugas Sekolah atau Kuliah.
  2. Editing Komputer - Jenis perangkat komputer ini di desain khusus untuk dapat menjalankan Software / Aplikasi Berat, spek (spesifikasi) Hardware terpasang pada jenis "Editing komputer" ini juga mempunyai spek Tinggi (baik pada Prosesor / RAM / VGA dan Motherboard dengan fitur dan teknologi pendukungnya), sehingga harganya pun lebih mahal, jika dibandingkan dengan jenis komputer Standar lainnya. Model / Spek "Komputer Editing" ini banyak di pergunakan pada Jenis usaha: Percetakan dan Multimedia. AUTO CAD, ULEAD VIDEO, COREL DRAW dan yang sejenisnya adalah Aplikasi yang banyak dipergunakan pada perangkat komputer dengan spesifikasi "Komputer Editing" ini, spek yang demikian juga tidak diperlukan pada Jenis komputer untuk keperluan Kantor dan untuk pengerjaan / tugas Sekolah atau Kuliah.
  3. Komputer untuk Pelajar / Kuliah (Student Komputer) - Pada dasarnya Komputer untuk Pelajar / Kuliah ini mempunyai spek Menengah (sedang). Komputer untuk pelajar adalah di desain untuk mempertimbangkan antara Kecepatan dan Daya tahan Baterai (pada jenis Notebook) dan kelengkapan koneksi serta akses Internet (pada jenis Netbook). Sebuah  "Komputer Pelajar" di prioritaskan untuk dapat menjalankan aplikasi standar saja, oleh karena itu, perangkat komputer jenis ini umumnya menggunakan teknologi "Haswell Microarchitecture" (untuk platform prosesor INTEL), yaitu: sebuah prosesor yang di desain untuk perangkat komputer portabel yang lebih irit penggunaan sumber daya, namun tetap dalam performa yang baik, jenis ini berbeda dengan kedua Model komputer di atas, yang rata rata mempunyai sumber daya besar, kecepatan dan performa terbaik, dengan harga yang jauh lebih mahal.. tentu saja.. ;)
Faktor Penting Kecepatan sebuah PC (Desktop / Laptop) Komputer, terutama pada komponen utamanya yaitu: Prosesor semakin tinggi umumnya akan semakin cepat juga kinerja dari prosesor tersebut, kecepatan prosesor ini dapat di kenali dengan kode / nilai "Giga Hertz (GHz)", namun hal ini bukan satu satunya penentu kecepatan dari sebuah prosesor, namun "Inti" juga merupakan faktor utama, inti prosesor ini di kenal dengan sebutan "CORE", sehingga pada prosesor jenis INTEL, kita mengenal beberapa fitur teknologi dari Prosesor INTEL tersebut, seperti: Dual-Core, Quad-Core, Hexa-Core dan Octa-Core, yang menunjukan berapa banyak Inti yang terdapat pada prosesor Intel tersebut.

Model terbaru Prosesor Intel yang umum digunakan untuk PC pribadi, rumahan, kantor sekarang kita kenal dengan Intel Core i3 / Core i5 / Core i7 dengan kecepatan pada kisaran 2.0GHz hingga 4.2GHz, setiap model prosesor tersebut mempunyai jumlah Inti / Core yang berbeda beda pula.

RAM (Random Acces Memory)

Fungsi RAM (Random Acces Memory) adalah untuk meng handle semua proses data pada sebuah prosesor, RAM adalah termasuk Komponen Utama pada sebuah Komputer. Sesuai dengan namanya, RAM ini dapat Menyimpan dan Mengakses Data secara Acak. RAM dapat bekerja dan menympan sementara ketika Data sedang di proses oleh system komputer (prosesor). Besaran kapasitas sebuah RAM dapat mempengaruhi kecepatan sebuah komputer bergantung dari batas maksimal yang didukung oleh Prosesor, lihat halaman terdahulu: "RAM (Random Acces Memory) untuk PC (Personal Computer) Desktop", hal ini tentu berlaku juga pada jenis perangkat / gadget komputer mini lainnya, seperti: Smartphone, Tablet PC, Android Phones dan yang sejenisnya, karena mempunyai "Microprocessor" atau prosesor mini untuk perangkat mobile / portabel serta RAM yang mempunyai struktur dan fungsi sama dengan perangkat PC pada umumnya.


Share this article :

0 Komentar untuk "Faktor Penting Kecepatan sebuah PC (Desktop / Laptop) Komputer"

Seluruh KOMENTAR akan DITERBITKAN, Kecuali:

* KOMENTAR SARA, PORNOGRAFI, SPAM maupun SCAM

Catatan:

* Mohon Perhatikan secara Cermat..! Jika ada Komentar yang bersifat "KOMERSIAL", agar tidak ada PIHAK yang merasa DIRUGIKAN dan MERUGIKAN..!

* Dimohon agar memberikan Komentar, Link ataupun Informasi lainnya, sesuai dengan Topik pada Halaman tersebut di atas.

* Komentar yang tidak sesuai dengan Topik, kemungkinan akan di hapus Permanen.

* Seluruh "Komentar, Saran dan Kritik" akan diperhatikan untuk Perbaikan Kedepannya.

Back To Top