Kostum Pencarian by Google


Kerusakan Muncul Garis Retrace (Blanking) pada Layar - TV Polytron 14-Inc Model: PN 14323MG - (Bag. 2)


Terjemahan Bahasa by Google


Kostum Pencarian by Google
Custom Search

TV Polytron 14-Inc dengan Model: (PN 14323MG) di datangkan ketempat kerja kami, dengan keluhan: Televisi kadang Mati Sendiri, selain itu Munculnya Garis Retrace (seperti garis garis pada buku tulis), karena Cahaya Gambar terlalu sangat Terang",

Sekedar Informasi tambahan, bahwa: TV Polytron 14-Inc Type: 14323MG ini sudah kami perbaiki dengan mengganti sebuah "Elco" berukuran 10mF / 250V, lihat halaman sebelumnya: "Kerusakan Muncul Garis Blanking (Retrace) - TV Polytron 14-Inc (14323MG)", beberapa hari kemudian dibawa lagi ketempat kami dengan keluhan yang sama,  TV Polytron 14-Inc dengan Model: (PN 14323MG) menggunakan mosFET: FS7UM pada Power Supply Regulator dan dapat bekerja pada arus Tegangan AC 185V hingga 250V, Transistor Horizontal Out: ST1803D, IC Vertikal Amp: 8174AW, IC Audio Amp: UTC 2003, IC Program: ST6382B1/FMT (HBM-00-01), IC Chroma/RF: STV 2286C dan Trafo Flyback dengan seri: FCM-14B014N.

Perbaikan Kerusakan TV Polytron 14-Inc (PN 14323MG) Gambar Muncul Garis Retrace (Blanking)
TV Polytron 14-Inc (PN 14323MG)
Maka Proses pengerjaan kami mulai.. setelah membuka Cover (penutup) belakang, maka perhatian kami langsung tertuju kepada Flyback, dan mencoba memutar (adjust) "Screen" yang terdapat di badan Flyback tersebut, dengan maksud meredupkan cahaya yang terlalu sangat terang pada layar televisi tersebut, namun ternyata "Screen" tidak dapat berfungsi meskipun sudah di putar pada posisi minimum, padahal Elco yang berukuran 10mF / 250V, yaitu: Elco Filter Tegangan +185V  untuk Katoda R/G/B sudah diganti, sehingga kerusakan dapat di ketahui pada Flyback bagian Adjust "Screen"nya. Penggantian dengan Flyback baru dapat menyelesaikan masalah "Kerusakan Muncul Garis Retrace(Blanking) pada Layar - TV Polytron 14-Inc (PN 14323MG)" ini.

Karena kerusakan Flyback ada di bagian "Adjust Screen"nya saja, maka kami coba untuk mengakalinya dengan memutus jalur "Screen" menuju ke pin / kaki Grid pada Tabung televisi tersebut,
Sekedar untuk di ketahui, Fungsi "Grid" pada tabung televisi ini berfungsi sama seperti halnya kaki "Basis" pada sebuah Transistor, yaitu: Pengatur Besarnya keluaran (Output) nya, begitu pula fungsi 'Grid" pada tabung layar televisi, yaitu untuk mengatur besaran kuat cahaya (gelap / terang) pada Layar Tabung televisi. Untuk memastikannya, maka kami melepaskan jalur "Screen" ini dari "Grid' tabung layar, dan ketika televisi di hidupkan.. televisi dapat menyala, namun layar menjadi sangat gelap (tidak ada cahaya sama sekali), karena.. memang tidak adanya tegangan pada "Grid' Tabung televisi tersebut, sekarang sudah dapat dipastikan, bahwa: Kerusakan terjadi pada bagian "Adjust Screen" yang terdapat pada body Flyback tersebut.
Perbaikan Muncul Garis Blanking pada TV Polytron 14-Inc (PN 14323MG)
Posisi "Grid' Tabung TV dan "Adjust Screen" pada "TV Polytron 14-Inc (PN 14323MG)"
Setelah jalur Screen diputuskan, kemudian kami mempersiapkan beberapa komponen tambahan, yaitu:
  1. Variable Resistor (VR) berukuran 1MΩ hingga 2MΩ (bekas VR Adjust Screen TV SONY yang sudah tidak terpakai lagi), hubungkan bagian tengahnya ke "Titik Kontak Screen yang menuju ke kaki "Grid" Tabung Televisi".
  2. Sebuah Resistor 1MΩ atau 1.5MΩ (pada ujicoba kali ini kami menggunakan Resistor berukuran 5.6MΩ) kaki resistor ini dihubungkan ke salah satu dari kaki VR tersebut dan kaki resistor lainnya hubungkan langsung menuju "Ground" yang terdapat pada PCB Socket Tabung televisi tersebut.
  3. Kabel "Adjust Screen" yang sudah diputus (dilepaskan dari PCB Socket Tabung televisi), kemudian di hubungkan ke: kaki VR sebagaimana terlihat pada gambar di bawah ini:
Perbaikan TV Polytron 14-Inc (PN 14323MG) - Kerusakan Gambar Blanking , Retrace, Gambar Terlalu Sangat Terang
Pemasangan Komponen Tambahan pada TV Polytron 14-Inc (PN 14323MG)
Ketika selesai melakukan pengerjaan di atas, sekarang kami coba untuk meng-ON kan Televisi, tersebut, sekarang Gambar Siaran Televisi sudah dapat menyala dengan Cahaya Redup, sehingga perlu mengatur VR tersebut sesuai dengan kuat cahaya yang di inginkan, jika masih terlalu redup, maka kita dapat mengatur "Adjust Screen" pada Flyback sesuai tingkat kecerahan yang di inginkan, jika diperlukan kita juga dapat mengganti "Resistor" tersebut dengan yang sesuai, karena karakter setiap tabung mungkin saja berbeda beda, di karenakan lama pengunaan umpamanya.. Ukuran Resistor yang kami pergunakan sebagaimana pada gambar di atas adalah berukuran: 5.6M Ohm, dapat di sesuaikan pada kisaran 1M Ohm hingga 5M Ohm.

Selesai Perbaikan Kerusakn Muncul Garis Retrace / Blanking pada TV Polytron 14-Inc (PN 14323MG)
TV Polytron 14-Inc (PN 14323MG) - Selesai Perbaikan
Sekarang TV Polytron 14-Inc Model: PN 14323MG) dengan keluhan Kerusakan Muncul Garis Retrace (Blanking) pada Gambar Siaran Televisi ini sudah dapat dipergunakan kembali.


Share this article :

0 Komentar untuk "Kerusakan Muncul Garis Retrace (Blanking) pada Layar - TV Polytron 14-Inc Model: PN 14323MG - (Bag. 2)"

Seluruh KOMENTAR akan DITERBITKAN, Kecuali:

* KOMENTAR SARA, PORNOGRAFI, SPAM maupun SCAM

Catatan:

* Mohon Perhatikan secara Cermat..! Jika ada Komentar yang bersifat "KOMERSIAL", agar tidak ada PIHAK yang merasa DIRUGIKAN dan MERUGIKAN..!

* Dimohon agar memberikan Komentar, Link ataupun Informasi lainnya, sesuai dengan Topik pada Halaman tersebut di atas.

* Komentar yang tidak sesuai dengan Topik, kemungkinan akan di hapus Permanen.

* Seluruh "Komentar, Saran dan Kritik" akan diperhatikan untuk Perbaikan Kedepannya.

Back To Top