Kostum Pencarian by Google


Belajar Mengenal Berapa Fitur / Profil Motherboard Tipe Lama


Terjemahan Bahasa by Google


Kostum Pencarian by Google
Custom Search

Untuk dapat Memperbaiki / Bongkar Pasang sendiri sebuah PC Desktop, maka sebaiknya kita mengenal terlebih dahulu, tentang "Profil dari Motherboard yang terdapat pada desktop komputer" tersebut, platform motherboard yang digunakan (lihat halaman terdahulu: "Intel dan AMD Prosessor Platform"), dan kemudian barulah menentukan prosesor apa yang cocok digunakan pada motherboard tersebut (cek pada bagian Prosessor support-nya), selanjutnya lihat juga pada spesifikasi Motherboard terkait RAM support (jenis / model dan maksimum kapasitas penggunaan memori) untuk model / jenis Motherboard ini (penjelasan singkat terkait RAM (Random Acces Memory) dapat dilihat pada halaman terdahulu: "RAM (Random Acces Memory) untuk PC (Personal Computer)  Desktop", karena ketiga perangkat hardware komputer ini (Motherboard - Prosessor - RAM) saling terkait antara yang satu dengan yang lainnya, sehingga perangkat komputer dapat berfungsi dengan baik dan maksimal.

Untuk dapat mengetahui Spesifikasi dari Motherboard, kita dapat mengunjungi situs resmi dari produk Motherboard tersebut sesuai dengan Model / Seri yang di maksud, sehingga dapat di ketahui Prosesor dan RAM yang sesuai untuk Motherboard.

Lakukan juga pengecekan silang pada situs resmi dari vendor (pabrik / perusahaan) produk prosesor yang di inginkan, sehingga dapat diketahui: Jenis dan Model serta maksimum Kapasitas RAM yang dapat di dukung oleh Prosesor tersebut, karena percuma saja, jika pengunaan RAM yang besar (melebihi batas maksimum yang sarankan) pada Prosesornya, hal ini tidak akan menjadikan performa komputer menjadi lebih cepat lagi, melainkan sesuai dengan fitur dan batas maksimum kecepatan dari prosesor itu saja.

Profil Motherboard Type Lama


Berikut di bawah ini keterangan singkat tentang produk lama "Motherboard" yang support untuk Prosessor Intel Celeron dan Intel Pentium IV dengan 3 x ((slots) DDR1 RAM (maksimum 1GB RAM, bergantung dari Tipe Prosesornya). Motherboard ini masih menggunakan Slot AGP (Accelarated Graphic Port), ketika pengguna ingin meng-Upgrade (menambahkan VGA Card) untuk meningkatkan kinerja Video Grafis pada komputernya.

Mengenal Produk Motherboard Model Lama
Contoh sebuah Motherboard model Lama
Dengan sedikit mengenali Fitur yang terdapat pada Motherboard tersebut, maka akan mempermudah bagi siapa saja yang ingin merakit sendiri sebuah PC Desktop sesuai dengan budget (keuangan) yang di inginkan.

Keterangan Gambar
  • Southbridge (Chipset) - Sothbridge berbentuk Chipset ini merupakan Inti dari sebuah perangkat komputer, proses awal untuk menghidupkan system komputer berada pada blok chipset ini (Power Switch / Reset Switch), selain itu chipset ini memegang kendali semua fungsi Input/Output (I/O) pada perangkat komputer, seperti: USB, Audio, Serial port, Sistem BIOS  (Basic Input/Output System), IDE (Integrated Drive Electronic) Controller, ISA (Industri Standard Architecture) Bus dll. Southbridge berpasangan dengan Northbridge, yang merupakan Chipset yang terhubung langsung ke CPU (prosesor) melalui FSB (Front Side Bus) seperti: PCI / PCI-e / AGP serta RAM (Random Acces Memory). Kerusakan pada Chipset ini, akan menyebabkan mati total pada system komputer.
  • Integrated Graphic Processor (IGP) - Chipset IGP ini terintgrasi dengan Prosesor dan RAM, berfungsi untuk memproses grafis video pada sebuah system komputer sehingga dapat ditampilkan pada layar monitor. Integrated Graphic Processor (IGP) ini, dapat di sebut juga sebagai VGA Onboard pada sebuah system komputer,
  • Integrated Audio Codec Chip - Chip ini merupakan Codec Audio bawaan (Onboard) yang terdapat pada sebuah Motherboard. Chip ini memproses data Audio sehingga dapat di dengar oleh telinga melalui Jack Audio ke sebuah perangkat Headset, atau di salurkan ke Penguat Audio (Power Amp). 
  • CPU / Fan dan Heatsink - Prosesor merupakan Otak dari sebuah system komputer. Penggunaan CPU (Prosesor) ini harus kompatibel dengan Motherboard dan RAM, sehingga system komputer dapat berjalan Normal.
  • AGP Slot - AGP Slot ini dapat digunakan untuk meng-upgrade Kartu Grafis ke yang lebih tinggi menggantikan fungsi IGP (Integrated Gaphic Processor) yang merupakan kartu grafis standar (bawaan) dari Motherboard tersebut.
  • PCI slot - PCI slot ini dapat dipergunakan ketika pengguna komputer ingin menambahkan Interface baru, seperti: Sound Card, Wifi Card, TV Tunner dan lain sebagainya.
  • IDE 1 - Interface untuk Hardisk Drive (HDD)
  • IDE 2 - Interface untuk DVD/CD Drive
  • Floppy - Interface untuk Floppy Drive (sekarang sudah sangat jarang di gunakan, karena sudah tergantikan oleh perangkat Flashdisk).
  • CMOS Battery backup - CMOS Battery backup ini untuk menyimpan Settingan baru pada BIOS, kerusakan / melemahnya baterry CMOS ini, akan menyebabkan setting pada BIOS akan berubah / kembali ke pangaturan awal BIOS, termasuk Jam, Tanggal Bulan dan Tahun serta Zona (wilayah negara) nya.
  • 20-pin ATX - Ini merupakan Konektor (yang menghubungkan) PSU (Power Supply Unit) ke Motherboard. 


Share this article :

0 Komentar untuk "Belajar Mengenal Berapa Fitur / Profil Motherboard Tipe Lama"

Seluruh KOMENTAR akan DITERBITKAN, Kecuali:

* KOMENTAR SARA, PORNOGRAFI, SPAM maupun SCAM

Catatan:

* Mohon Perhatikan secara Cermat..! Jika ada Komentar yang bersifat "KOMERSIAL", agar tidak ada PIHAK yang merasa DIRUGIKAN dan MERUGIKAN..!

* Dimohon agar memberikan Komentar, Link ataupun Informasi lainnya, sesuai dengan Topik pada Halaman tersebut di atas.

* Komentar yang tidak sesuai dengan Topik, kemungkinan akan di hapus Permanen.

* Seluruh "Komentar, Saran dan Kritik" akan diperhatikan untuk Perbaikan Kedepannya.

Back To Top