Kostum Pencarian by Google


Kerusakan Standby / Siaran Lemah - TV FUJITEC 14-Inch (CTV 3396-AVS)


Terjemahan Bahasa by Google


Kostum Pencarian by Google
Custom Search

TV FUJITEC 14-Inch (CTV 3396-AVS) ini merupakan Produk yang banyak di pasarkan oleh Perusahaan tempat saya bekerja pada beberapa tahun yang telah lalu, ya.. Produk yang mempunyai Brand FUJITEC ini memang identik dengan Perusahaan Columbia (dahulu bernama: PT Columindo Perdana), di mana kami sempat beberapa waktu lamanya sebagai seorang Teknisi di perusahan ini.

TV FUJITEC 14-Inch (CTV 3396-AVS) ini kami akui mempunyai kualitas Gambar dan Suara yang cukup baik, serta Daya Tahan sangat baik, menurut perkiraan kami televisi merek Fujitec ini sudah berumur 10 Tahun-an, tanpa pernah mengalami kerusakan yang berarti, dan sekarang TV FUJITEC 14-Inch dengan Model / Seri: CTV 3396-AVS ini di datangkan ketempat kami dalam keadaan "Tidak dapat Menerima Siaran" baik melalui Antena maupun TV Kabel, selain itu "Gambar terlihat Blur" maka kemudian kami mulai melakukan beberapa tahap pengerjaan, sebagaimana berikut di bawah ini:

Gambar dan Keterangan Perbaikan Kerusakan TV FUJITEC 14-Inch (CTV 3396-AVS)
TV FUJITEC 14-Inch (CTV 3396-AVS)
Tahap Tahap Pengerjaan: 
  1. Sebagaimana biasanya, setelah membuka cover (tutup) belakang, maka kami melakukan pembersihan pada mesin televisi tersebut, karena sudah terlalu banyak Debu yang menutupi Mesin bagian atas dari televisi tersebut, selain itu.. agar lebih mudah mengamati komponen komponen yang terdapat pada mesin tv, kami menggunakan Sapu yang terbuat dari Plastik Nilon terlebih dahulu (agar cepat bersih), baru kemudian menggunakan kuas agar lebih bersih lagi).
  2. Kemudian.. untuk kerusakan "Gambar Blur (disertai warna terlihat pudar / luntur - Ketika Screen pada Flyback diputar hingga mencapai posisi Minimum, Raster masih dapat terlihat dengan terang)", maka kami melakukan penggantian pada Elco filter untuk Tegangan (+185V) Katoda R/G/B)nya, setelah penggantian elco tersebut, sekarang Raster sekarang terlihat Normal, serta Ketika Screen pada Flyback diputar hingga mencapai posisi MinimumRaster (gambar pada televisi) sekarang Normal / Gelap sebagaimana biasanya.
  3. Kami mencoba untuk menghidupkan Televisi tersebut, sekarang televisi tersebut dapat menyala dengan gambar siaran sangat lemah (terlalu banyak Noise), namun ketika mesin di gerak gerakan Televisi tersebut Mati dalam posisi Standby, maka kami memperhatikan secara seksama dan melakukan solder ulang, semua titik kontak pada mesin televisi tersebut, terutama pada bagian IC Program (SANYO - LC 863324 A / IC EPROM: 24C04 dan IC Vertikal:  LA 7840)yang terlihat banyak yang retak (lost contact) solderannya, sekarang Televisi sudah tidak mati standby lagi, sekarang proses pengerjaan pada Tunnernya.. 
  4. Setelah melakukan penggantian Tunner, Transistor RF/IF melakukan pengetesan komponen yang terkait bagian RF / IF (termasuk Trafo IF nya) tersebut, TIDAK DITEMUKAN KERUSAKAN, bahkan kami sempat mencurigai bahwa IC Chroma dengan seri: LA76810A, mungkin mengalami kerusakan pada bagian RF (Radio Frequency) nya.
Gambar dan Keterangan Solusi Kerusakan TV FUJITEC 14-Inch (CTV 3396-AVS)
TV FUJITEC 14-Inch (CTV 3396-AVS) - Mesin bagian Bawah
Kali ini kami sedikit melakukan kesalahan yang tidak seharusnya terjadi, meskipun Tunner tersebut memang rusak, namun menggati TR IF dan IC Chroma (LA 76810A) adalah sebuah kesalahan, ternyata kerusakan tersebut disebabkan oleh: putusnya Jalur IF Tunner menuju TR penguat IF tersebut yang kemudian di salurkan ke bagian RF pada IC LA76810 tersebut, ini sesuatu yang sangat sulit di amati, namun ketika di tes menggunakan AVO meter (kebetulan?) tersambung Normal, hal yang sama terjadi pada halaman terdahulu: "Kerusakan Siaran Kadang Ada/Hilang TV Goldtech 14-Inch", semoga hal ini tidak terjadi lagi pada rekan lainnya.

Satu hal lagi.. sekarang televisi sudah dapat menangkap siaran dengan baik, hal itu terlihat ketika kami melakukan ASM (mencari channel secara otomatis), namun ketika selesai.. hanya Channel 0 yang terisi Siaran, dengan kata lain "Siaran tidak dapat Terkunci" padahal ketika di lakukan pelacakan siaran secara otomatis tersebut ada puluhan channel yang sempat terlihat.. maka kami melakukan penggantian pada IC Memori / Eprom nya (24C04), ketika kami mencoba untuk meng-ON kan televisi tersebut malah televisi tersebut menjadi Mati pada posisi Standby, takut akan terjadi sesuatu lagi pada televisi tersebut, maka kami mengembalikan IC Eprom / Memori aslinya dari TV FUJITEC 14-Inch (CTV 3396-AVS), untuk memastikan.. kami Switch ON lagi.. sekarang TV dapat menyala Normal kembali dan coba Auto Search lagi..tidak dapat kami ketahui dengan pasti.. Sekarang Televisi tersebut dapat Menyimpan semua Channel / Siaran sebagaimana mestinya.

TV FUJITEC 14-Inch (CTV 3396-AVS) telah selesai perbaikan Standby / Siaran Lemah
TV FUJITEC 14-Inch (CTV 3396-AVS)
 Semoga Informasi di atas dapat menjadi referensi bagi rekan sesama Teknisi TV lainnya, agar dapat lebih cepat ketika mendapati kasus "Kerusakan Standby / Siaran Lemah pada Televisi FUJITEC 14-Inch (CTV 3396-AVS)" seperti telah di jelaskan di atas, Selamat Bekerja dan Sukses selalu buat kita semua.. ;)


Share this article :

0 Komentar untuk "Kerusakan Standby / Siaran Lemah - TV FUJITEC 14-Inch (CTV 3396-AVS)"

Seluruh KOMENTAR akan DITERBITKAN, Kecuali:

* KOMENTAR SARA, PORNOGRAFI, SPAM maupun SCAM

Catatan:

* Mohon Perhatikan secara Cermat..! Jika ada Komentar yang bersifat "KOMERSIAL", agar tidak ada PIHAK yang merasa DIRUGIKAN dan MERUGIKAN..!

* Dimohon agar memberikan Komentar, Link ataupun Informasi lainnya, sesuai dengan Topik pada Halaman tersebut di atas.

* Komentar yang tidak sesuai dengan Topik, kemungkinan akan di hapus Permanen.

* Seluruh "Komentar, Saran dan Kritik" akan diperhatikan untuk Perbaikan Kedepannya.

Back To Top