Kostum Pencarian by Google


Belajar Sendiri Cara Memperbaiki Kipas Angin Listrik


Terjemahan Bahasa by Google


Kostum Pencarian by Google
Custom Search

Kipas Angin Listik merupakan Perangkat perlengkapan alat Rumah tangga. Kipas Angin Listik memang mempunyai daya tahan cukup lama dalam pemakaiannya, namun tetap saja perangkat ini mempunyai batasan kekuatan dalam arti cepat ataupun lambat perangkat ini akan mengalami kerusakan juga, bergantung dari kualitas dan masa penggunaannya, pada beberapa merek terkenal bahkan ada juga mencapai hingga puluhan tahun dan masih dapat berfungsi dengan baik, terkecuali pada body yang terlihat sudah mulai mengalami kerusakan.

Pada dasarnya komponen Kipas Angin listrik ini terdiri dari: Dinamo, Kipas dan Saklar + Kabel Chord listrik, kerusakan Kipas Angin listik ini, dapat terjadi pada keempat komponen tersebut.

Gambar Dinamo Kipas Angin Listrik sedang Diperbaiki
Dinamo Kipas Angin
Gambar di atas menunjukan sebuah Dinamo Kipas Angin Listrik yang sedang di perbaiki, kerusakan di bagian dalam Dinamo Kipas Angin listrik ini sering terjadi pada komponen Thermo Fuse-nya, fungsi dari komponen ini adalah untuk Keamanan Pengguna, sebagaimana kita ketahui, bahwa:
Komponen Thermo Fuse ini akan rusak permanen, jika terjadi panas berlebih pada kawat kumparan (di luar batas yang di tetapkan oleh pabrik), dengan kata lain.. Thermo fuse ini putus / rusak, dengan maksud untuk melindungi dari kerusakan terbakarnya kawat kumparan kipas angin ini akibat terlalu panas.

  1. Dalam hal Kerusakan Thermo Fuse ini, dapat di lakukan perbaikan dengan mengganti komponen tersebut, (komponen ini berfungsi serupa dengan Sekering pada umumnya, yaitu: sebagai Pengaman pada Perangkat Elektronik dan Listrik).
  2. Kerusakan bisa juga terjadi pada Kapasitor nya, Melambatnya Putaran Dinamo / Kipas, Putaran Dinamo Lemah kalau di tahan dengan Tangan kadang bisa berbalik Arah, hal ini menunjukan gejala yang timbul dari kerusakan Kapasitor dan Kawat kumparan menuju bagian Kapasitor tersebut.

Berikut ini beberapa saran, jika anda ingin memperbaiki Kerusakan ringan pada perangkat Kipas Angin listrik tersebut:


  1. Lakukan pengerjaan dengan sangat hati hati, karena sambungan pada kawat kumparan ke kabel saklar dan kapasitor ini sudah di press menggunakan selongsong kabel dan benang khusus tahan panas, sehingga untuk sulit untuk membukanya kembali.
  2. Kabel tersambung dengan Kawat kumparan yang sangat tipis sehingga mudah putus, gunakan hawa panas untuk sedikit mengendurkan sambungan kabel dan kawat kumparan yang masih menempel erat antara satu dengan yang lainnya, jangan menggunakan Cutter, Gunting untuk membuka sambungan tersebut, sebagaimana keterangan di awal poin No.2 ini.
Pada saat sekarang ini banyak sekali beredar "Dinamo Kipas Angin" listrik di pasaran, sehingga dapat memudahkan penggantiannya dengan yang sesuai pada Dinamo Kipas Angin tersebut.


Share this article :

0 Komentar untuk "Belajar Sendiri Cara Memperbaiki Kipas Angin Listrik"

Seluruh KOMENTAR akan DITERBITKAN, Kecuali:

* KOMENTAR SARA, PORNOGRAFI, SPAM maupun SCAM

Catatan:

* Mohon Perhatikan secara Cermat..! Jika ada Komentar yang bersifat "KOMERSIAL", agar tidak ada PIHAK yang merasa DIRUGIKAN dan MERUGIKAN..!

* Dimohon agar memberikan Komentar, Link ataupun Informasi lainnya, sesuai dengan Topik pada Halaman tersebut di atas.

* Komentar yang tidak sesuai dengan Topik, kemungkinan akan di hapus Permanen.

* Seluruh "Komentar, Saran dan Kritik" akan diperhatikan untuk Perbaikan Kedepannya.

Back To Top