Kostum Pencarian by Google


Cara Mudah Menghubungkan Blogspot ke Domain Baru (NiagaHoster Web)


Terjemahan Bahasa by Google


Kostum Pencarian by Google
Custom Search

Memiliki Domain sendiri, dapat memiliki arti tersendiri bagi Pemilik (pengelola) Blog/Website. Dalam hal ini Blogger sebagai Platform dan Penyedia Layanan blogging gratis dengan hosting gratis 15GB, termasuk untuk penggunan: Akun Email (gmail), Blogger, Cloud Storage (Penyimpan Data Online) Google, yaitu: Google Drive, Youtube, Picasa dll.

Sebuah blog merupakan salah satu Media atau Prasarana untuk berbagi dan bertukar Informasi, baik berupa Teks, Gambar maupun Video. Membuat dan Menggunakan blog sama halnya membuat sebuah Arsip secara Online, yang memungkinkan satu atau atau banyak orang mengakses Informasi yang sama dalam waktu bersamaan meskipun berbeda tempat dan sangat jauh antara satu orang dengan yang lainnya. lihat halaman: Panduan Dasar/Pemula - Cara Membuat Blog menggunakan Platform Blogger.

Pada Blogger siapapun dapat membuah sebuah blog dengan sangat mudah, juga gratis dan menjadi "sub domain" dari blogspot.com, namun jika menginginkankannya, kita dapat memiliki "Domain" sendiri meskipun masih tetap menggunakan platform Blogger pada Hosting Google ini.

2 Penyedia Layanan untuk "Order" Domain dan Hosting yang pernah kami pergunakan untuk "Costum Domain" blogspot ini adalah: PusatHosting (link affiliate) dan NiagaHoster (link affiliate), berikut keterangan:

Cara Mudah Menghubungkan Blogspot ke Domain (NiagaHoster Web)


1. Pertama-tama, masuk ke halaman utama Blogger Anda kemudian pilih blog mana yang ingin Anda konfigurasikan. Klik menu dropdown dan pilih Settings.

Dashboard Blogger Panduan Setting Redirect ke Domain Sendiri
Dashboard Blogger
2. Pada bagian Publishing, klik URL + Setup a 3rd party URL for your Blog pada bagian bawah kolom isian Blog Address. Kemudian akan muncul menu seperti ini. Di sini Anda perlu memasukkan alamat domain Anda pada kolom isian yang tersedia. Jangan lupa sertakan ‘www’ pada nama domain Anda tersebut. Klik tombol Save untuk melanjutkan... Biasanya akan muncul pesan error pada bagian bawah kolom isian yang. Anda tidak perlu panik, abaikan saja terlebih dahulu. Hal terpenting adalah kita sudah mendapatkan untuk "cname 1" dan "cname 2" nya, yang akan dibutuhkan untuk melakukan konfigurasi selanjutnya pada Penyedia Layanan (Webhosting) di mana melakukan Order Domain tersebut.

Keterangan Notifikasi Error sewaktu Setting Domain Baru di Blogger (Blogspot)
Dashboard Blogger - Setting Domain (Notifikasi pesan Error..!)
Setelah mendapatkankan "Cname 1 dan Cname 2" sebagaimana keterangan di atas, sekarang kita dapat menuju Website (Webhosting) di mana kita melakukan Order Domain, disini kami menggunakan "NiagaHoster" sebagai contoh Penyedia Layanan untuk Order Hosting maupun Domain, dengan kualitas Layanan berpredikat "Baik dan Cepat".

Setting Mengarahkan Blogspot untuk Domain Baru di NiagaHoster
Menu "Produk & Layanan" NiagaHoster
3. Selanjutnya kita dapat menuju ke halaman (login) Member Area di NiagaHoster (link affiliate), Klik pilihan "Produk & Layanan" pada menu sebelah kiri dan kemudian silakan pilih "nama domain" yang akan di konfigurasi (dihubungkan ke Blogger), lanjutkan dengan meng-klik tab DNS Management pada halaman domain panel Anda, untuk mendapatkan "ns (name servers)", lihat gambar berikut di bawah ini:

Panduan Cara Setting Name Servers di NiagaHoster Penyedia Layanan - Webhosting
Tab Menu "Name Servers" di NiagaHoster
Isikan ke 4 NS (Name Servers) yang sudah didapat pada ke 4 kolom menu: "Name Servers", sesuai petunjuk gambar di atas, 4 Name Server (NS) di atas adalah:

Name Servers NiagaHoster
  • clie398657.mars.orderbox-dns.com
  • clie398657.earth.orderbox-dns.com
  • clie398657.venus.orderbox-dns.com
  • clie398657.mercury.orderbox-dns.com

Ketika sudah selesai melakukan "Update" Name Server (NS) tersebut, sekarang lakukan Konfigurasi pada "DNS Management" untuk menghubungkan "Domain ke Blogger" dengan cara meng-klik tab DNS Management, dengan mengisikan (4 - A Record) yang terdapat pada NiagaHoster dan (2 Cname) yang di dapat dari Blogspot, lihat pada gambar berikut di bawah ini:

A Record NiagaHoster
  • 216.239.32.21 (a record)
  • 216.239.34.21 (a record)
  • 216.239.36.21 (a record)
  • 216.239.38.21 (a record)
Isikan ke 4 A Record NiagaHoster ini pada tab menu "DNS Management" tambahkan satu persatu, sebagaimana gambar di bawah ini:


Panduan Setting Domain dan Menu DNS Management di Web NiagaHoster
DNS Management - A  Record dan Cname
Isikan juga 2 Cname yang di dapat pada Dashboard Blogger..

Menambahkan Cname dan A Record di DNS Management NiagaHoster ke Blogger
Menu DNS Management NiagaHoster - Menambakan A  Record dan Cname
Setelah melakukan beberapa hal di atas, klik "Syncronize", sekarang kita kembali ke: Dashboard Blogger pada Menu "Setting", untuk melakukan Konfigurasi (menghubungkan / mengarahkan) Blogspot ke Domain baru, kemudian: klik tombol Save untuk melanjutkan, apabila masih muncul notifikasi / pesan Error 12 maupun pesan kesalahan sejenis, maka abaikan saja, karena mungkin masih menunggu proses pointing dari domain baru tersebut ke server global, umumnya memerlukan waktu 1 x 24 jam atau paling lambat 3 x 24 jam, pada saat atau sesudah waktu tersebut, kemudian kita dapat mencobanya lagi, sehingga "Domain baru" tersebut dapat aktif dan blog secara otomatis akan di arahkan ke domain baru tersebut..

Setting Blogspot ke Domain Sendiri / Baru

Terakhir, centang "Check box" Redirect domain agar blog dapat di akses tanpa harus mengetik www pada browser web, dan Selesai.. 


Share this article :

0 Komentar untuk "Cara Mudah Menghubungkan Blogspot ke Domain Baru (NiagaHoster Web)"

Seluruh KOMENTAR akan DITERBITKAN, Kecuali:

* KOMENTAR SARA, PORNOGRAFI, SPAM maupun SCAM

Catatan:

* Mohon Perhatikan secara Cermat..! Jika ada Komentar yang bersifat "KOMERSIAL", agar tidak ada PIHAK yang merasa DIRUGIKAN dan MERUGIKAN..!

* Dimohon agar memberikan Komentar, Link ataupun Informasi lainnya, sesuai dengan Topik pada Halaman tersebut di atas.

* Komentar yang tidak sesuai dengan Topik, kemungkinan akan di hapus Permanen.

* Seluruh "Komentar, Saran dan Kritik" akan diperhatikan untuk Perbaikan Kedepannya.

Back To Top