3 Jenis Pinjaman Dana untuk Modal Usaha (UKM)


Terjemahkan Halaman ini ke Bahasa..


Seperti yang kita tahu bahwa UKM (Usaha Kecil Menengah) atau Usaha Kecil Mandiri sangatlah banyak di Indonesia. Perkembangan UKM yang makin banyak termasuk usaha rumahan membuat perekonomian Indonesia cukup terbantu. Adanya bisnis kecil yang berkembang ini ternyata telah memberikan kontribusi besar, bahkan produk yang ada di pasaran, 60% darinya berasal dari bisnis UKM. Oleh karena itu, bukan hal yang aneh jika banyak orang tertarik untuk membuka Usaha Kecil mereka.

# UKM (Usaha Kecil Mandiri). UKM sangat digalakan oleh pemerintah, oleh karena dari sekian banyak usaha produktif di Indonesia 98,88% usaha di Indonesia berupa UMKM yang mana UMKM tersebut mampu menyumbang 33% dari total produk domestik di Indonesia. (halaman: "Mengenal lebih Jauh tentang UKM").

Namun, hal yang membuat banyak orang mengurungkan niatnya untuk membuka bisnis UKM tersebut, hal ini biasanya adalah mengenai "Modal Awal". Tentu saja, untuk memulai sebuah bisnis, hal pertama yang harus dilakukan ialah mendapatkan Modal Awal. Bagi anda yang bingung dimana anda bisa dapatkan modal tersebut, sebenarnya anda bisa lakukan pinjaman modal terlebih dahulu. Dimana anda bisa Mendapatkan "Pinjaman Modal" yang Aman untuk Bisnis anda?  Berikut ulasannya untuk anda, namun ada beberapa Hal penting yang di perlu di perhatikan sebelum melakukan "Pengajuan Pinjaman" Dana untuk Modal Usaha (UKM) tersebut, sebagaimana halaman sebelumnya: "5 Tips / Cara Mendapatkan Pinjaman Dana Usaha (UKM)".

3 Model / Jenis Pinjaman Dana untuk Modal UKM
Jenis Pinjaman Dana untuk Modal Usaha / Bisnis UKM

3 Model / Jenis Pinjaman Dana untuk Modal Usaha / Bisnis UKM


Pinjaman Dana untuk membiayai Biaya Produksi agar Usaha tetap berjalan, maka tak jarang para Pengusaha melakukan pinjaman dengan "Kredit" kepada "Badan Keuangan" yang paling umum, salah satunya adalah Bank.

1. Pinjaman Bank


Untuk mendapatkan pinjaman modal, hal pertama yang banyak dilakukan orang ialah dengan melakukan pinjaman ke bank. Ya, hal yang satu ini memang sudah sangat umum dilakukan oleh mereka yang ingin membuka sebuah usaha kecil-kecilan. Pinjaman modal untuk usaha atau yang biasa disebut juga dengan KUR nyatanya telah membantu banyak usaha kecil agar berkembang. Jika anda memilih pinjaman bank ini, tentu saja, ada hal-hal yang harus diperhatikan seperti syarat pengajuan KUR tersebut.

Dalam hal ini, ada beberapa "Syarat" yang harus anda penuhi terlebih dahulu seperti: Berkas Usaha anda yang telah berjalan selama 6 bulan, Usia min. 21 tahun, Surat Permohonan Izin, KK (Kartu Keluarga), KTP, Surat Keterangan Usaha, dan lainnya.

2. Sistem jual Saham atau Investasi


Kemudian, anda pun bisa dapatkan Pinjaman Modal dari para "Penanam Saham". Untuk Usaha Kecil Mandiri, biasanya banyak pengusaha yang membuka bisnis kecilnya dengan cara mencari "Investor" yang mau mendanai usaha kecilnya. Adanya bantuan dana yang diberikan inilah, para Pengusaha bisnis UKM dapat menjalankan berbagai macam bisnis yang mereka pilih.

3. Program Hibah Pemerintah


Selanjutnya, anda pun bisa dapatkan Pinjaman Dana dari Pemerintah. Dalam hal ini, anda bisa mengajukan bisnis UKM anda kepada pemerintah daerah maupun pusat. Biasanya, bisnis ini atas nama beberapa orang atau kelompok. Banyak bisnis UKM yang mendapatkan pinjaman dana dari program "Hibah Pemerintah" ini.

Pemerintah dengan programnya GKN atau Gerakan Kewirausahawan Nasional telah mengalokasikan Dana sekitar Rp 54 Miliar yang diberikan kepada hampir orang 2.500 pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM/UMKM), guna mendongkrak pertumbuhan "usaha Mikro". Bantuan yang diberikan ini dalam bentuk modal usaha hibah sehingga bantuan modal tak perlu dikembalikan, karena sifatnya adalah Hibah murni. Dengan program seperti ini semakin banyak usaha kecil yang terbantu khususnya dalam hal pinjaman dana, sehingga menjadikan banyak terciptanya lapangan pekerjaan baru dan untuk Indonesia lebih sejahtera (halaman:"Pinjaman Dana Atasi Kendala Permodalan UKM").

Jadi, itulah "3 Jenis Pinjaman Dana untuk Modal Usaha / Bisnis (UKM)" anda. Anda bisa memilih salah satu opsi untuk dapatkan pinjaman modal dari ulasan yang telah dijelaskan. Bantuan modal tersebut tentu saja akan sangat membantu anda dalam merintis Usaha Kecil Mandiri milik anda.

Halaman selanjutnya: "Cara Alternatif untuk Mendapatkan Modal Usaha (UKM)", selain dari Bank / Finance maupun pihak Swasta lainnya.


0 Komentar untuk "3 Jenis Pinjaman Dana untuk Modal Usaha (UKM)"


Back To Top