Kostum Pencarian by Google


4 Tips / Cara Mengatur Keuangan di Bisnis UKM anda


Terjemahan Bahasa by Google


Kostum Pencarian by Google
Custom Search

Saat ini, bisnis UKM memang telah banyak berkembang di Masyarakat. Ada banyak pula yang mulai merintis bisnis skala kecil mereka. Namun, sayangnya banyak bisnis kecil tersebut yang cepat bangkrut. Ada banyak hal yang membuat bisnis kecil ini harus gulung tikar. Salah satu penyebabnya adalah karena Keuangan Usaha yang kurang baik.

Seperti yang kita tahu bahwa Keuangan pada sebuah Bisnis yang dijalankan adalah hal yang sangat krusial bagi Keberlanjutan dari Bisnis / Usaha tersebut, dengan Keuangan yang diatur secara Baik dan Benar, tentu saja diharapkan agar sebuah "Bisnis UKM" bisa bertahan bahkan dikembangkan menjadi sebuah bisnis yang lebih besar lagi. 

Beberapa Tips / Cara Mengatur Keuangan pada Bisnis UKM anda


UKM dan Manajemen Keuangan pada Bisnis / Usaha Kecil Mandiri
Mengatur Keuangan di Bisnis UKM
Bagi anda yang memiliki bisnis UKM, kini anda tidak usah risau mengenai "Cara mengatur Keuangan" dari bisnis anda tersebut. Mengapa?, Hal ini dikarenakan anda bisa mendapatkan Informasi tentang Cara Mengatur Keuangan Bisnis kecil-kecilan disini. Berikut beberapa "Tips / Cara yang dapat dilakukan untuk Mengatur Keuangan di Bisnis UKM" tersebut, yaitu:

1. Memisahkan Uang Pribadi dengan Uang Bisnis

Tips pertama yang dapat anda lakukan adalah anda harus memisahkan "Uang Pribadi" anda dengan "Uang Bisnis". Jangan campurkan kedua uang ini, karena bisa jadi anda akan memakainya untuk keperluan pribadi, sehingga bisnis anda akan terganggu. Anda bisa membuka "Rekening Khusus" untuk bisnis anda agar uang bisnis tidak akan tercampur dengan uang pribadi anda.

2.Menggunakan software Manajemen Keuangan


Ada pula tips lainnya yang bisa dilakukan yaitu dengan menggunakan software "Manajemen Keuangan". Adanya software ini pastinya akan membantu anda dalam mengolah Keuangan dalam bisnis anda. Software ini dapat anda beli dengan harga yang bervariasi.

3. Menggunakan pihak Ketiga


Anda pun bisa menggunakan jasa "Pihak Ketiga" yaitu: Orang yang memiliki latar belakang Pendidikan Ekonomi dan mengetahui Manajemen Keuangan. Untuk usaha kecil, menggunakan pihak ketiga mungkin akan sangat berat dalam hal gaji, maka dari itu, anda bisa belajar untuk mengatur keuangan bisnis anda sendiri terlebih dahulu.

4. Mencatat setiap Transaksi


Tips terakhir yang harus anda lakukan dalam mengatur keuangan bisnis anda ialah dengan "Mencatat semua Transaksi" yang telah dilakukan. Disini, beberapa hal yang jangan sampai anda lupa untuk mencatatnya adalah: Uang Masuk (pemasukan) dan Uang Keluar (pengeluaran), Persediaan barang (stok), Transaksi Jual dan Beli, Hutang Piutang, dan juga Uang Laba dari hasil penjualan, agar setiap hasil dapat dipertanggung jawabkan secara terperinci, ini sangat berguna untuk mengetahui perkembangan Usaha anda sekarang dan waktu kedepannya.

Dengan melakukan semua tips untuk atur keuangan bisnis UKM seperti yang telah dijelaskan di atas, maka diharapkan kita dapat mengolah uang bisnis anda. Dalam hal ini, tentu saja anda memiliki kesempatan untuk bisa mengembangkan bisnis tersebut menjadi lebih besar dan juga bisnis anda pun akan terhindar dari yang namanya kebangkrutan.

Halaman selanjutnya: 3 Model Cara Promosi Online untuk Bisnis UKM


Share this article :

0 Komentar untuk "4 Tips / Cara Mengatur Keuangan di Bisnis UKM anda"

Seluruh KOMENTAR akan DITERBITKAN, Kecuali:

* KOMENTAR SARA, PORNOGRAFI, SPAM maupun SCAM

Catatan:

* Mohon Perhatikan secara Cermat..! Jika ada Komentar yang bersifat "KOMERSIAL", agar tidak ada PIHAK yang merasa DIRUGIKAN dan MERUGIKAN..!

* Dimohon agar memberikan Komentar, Link ataupun Informasi lainnya, sesuai dengan Topik pada Halaman tersebut di atas.

* Komentar yang tidak sesuai dengan Topik, kemungkinan akan di hapus Permanen.

* Seluruh "Komentar, Saran dan Kritik" akan diperhatikan untuk Perbaikan Kedepannya.

Back To Top