5 Tips / Cara Memulai Bisnis UKM


Terjemahkan Halaman ini ke Bahasa..


Apakah anda ingin membuka bisnis? Anda bisa memilih bisnis UKM atau Usaha Kecil Mandiri sebagai salah satu pilihan anda. Mengapa harus UKM?, karena.. Bisnis UKM ini bisa menjadi pilihan Tepat sebab bisnis tersebut bukanlah Bisnis yang memerlukan Modal yang sangat banyak. Dengan kata lain, anda bisa membuat bisnis ini dengan modal yang sesuai dengan kemampuan anda. Selain itu, karena bisnis UKM adalah Bisnis yang sangat diperhatikan Pemerintah, anda bisa dapatkan Pinjaman Modal dari Pemerintah tentunya. Dengan adanya hal ini, anda akan lebih terbantu dalam mengembangkan "Usaha Kecil Mandiri" milik anda.

Kemudian, Bagaimana Cara memulai bisnis UKM ini? Bagi anda yang pemula, memulai bisnis seperti bisnis UKM ini mungkin cukup sulit. Maka dari itu, jika anda bingung, anda bisa membaca penjelasan tentang cara memulai bisnis
tersebut sebagaimana Informasi berikut di bawah ini:

5 Tips/Cara Memulai untuk Membuka Usaha/Bisnis UKM


5 Cara / Tips Membuka Bisnis / Usaha (UKM)
Tips Memulai Usaha/Bisnis UKM
Memiliki Bisnis ataupun Usaha Sendiri memang menjadi Impian banyak orang, dikarenakan kita tidak akan lagi merasa tertekan dengan beban kerja yang diberikan oleh perusahaan tepat kita bekerja lebih lagi iklim di tempat kerja yang terkadang tidak sesuai dengan yang diharapkan. Selain itu dengan membuka usaha sendiri maka akan lebih mudah dalam mengatur jam kerja dan juga secara tidak langsung bisa mendatangkan banyak manfaat bagi orang lain, karena kita dapat membuka Lapangan Pekerjaan baru dan ini bisa mengurangi angka Pengangguran yang setiap tahunnya terus mengalami Peningkatan secara Signifikan.

1. Ide


Untuk hal pertama yang harus anda miliki saat ingin membuka sebuah bisnis UKM tentunya adalah ide bisnis itu sendiri. Ya, anda seharusnya telah mempunyai ide untuk bisnis anda. Sebaiknya, anda memilih ide yang berbeda dari bisnis pada umumnya. Biasanya, ide yang unik akan lebih menarik para konsumen daripada ide bisnis yang biasa-biasa saja. Anda pun bisa memilih ide bisnis biasa yang telah anda modifikasi menjadi semakin menarik.

Semua bisnis dimuai dari titik yang sama yaitu “Ide”, terlepas dari persoalan dana sebenarnya untuk langkah pertama dalam memulai usaha adalah ide bisnis karena anda akan bisa melihat dan membaca peluang bisnis yang potensial. Kemudian lakukan juga survei untuk lebih memantapkan ide dari bisnis yang akan dipilih dan kembangkan ide bisnis tersebut ke dalam sebuah produk usaha yang akan di jual atau di tawarkan kepada konsumen.

Oleh karena itu agar Usaha Kecil Menengah (UKM) dapat menjadi sukses, ia harus dapat memenuhi kebutuhan baik barang atau jasa yang diinginkan pasar. Hal ini merupakan riset awal untuk memulai usaha, kemudian lakukan perencanaan modal usaha, jika anda berniat mencari dukungan keuangan atau investor, maka penjelasan mengenai rencana bisnis betapa prospektifnya usaha yang akan anda mulai.

2. Riset


Hal kedua yang harus dilakukan adalah anda melakukan sebuah Riset untuk bisnis kecil anda. Riset ini sangatlah penting untuk anda lakukan sebab anda akan mengetahui: Siapa target Konsumennya, Bagaimana Konsep Bisnisnya, dan hal lain yang nantinya akan mempermudah anda dalam mengembangkan bisnis UKM tersebut.

3. Modal


Selanjutnya tentu saja berkaitan dengan Modal Usaha anda. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya jika untuk modal UKM, anda bisa memilih berbagai opsi atau pilihan untuk anda seperti pinjaman dana dari: Pemerintah, dari Bank, dari Investor, atau pun dari sumber lainnya. Anda harus menentukan darimana "Modal Awal" yang akan digunakan sehingga anda bisa menjalankan bisnis tersebut dengan lebih mudah.

Berapa modal yang anda mampu keluarkan dan berapa modal yang dibiayai oleh Lembaga Keuangan dari keseluruhan modal yang dibutuhkan perlu untuk secara gamblang dipaparkan sehingga dukungan Dana dapat diperoleh karena dari pihak Investor mengetahui Prospek Usaha yang anda jalankan dengan Jelas ke depannya.

4. Nama


Hal lain yang tidak kalah penting untuk bisnis UKM anda adalah "Nama Bisnis" anda. Penamaan bisnis anda bisa menentukan sukses tidaknya bisnis anda ke depannya. Dalam hal ini, anda bisa memilih penamaan yang Unik dan Nyentrik agar lebih menarik perhatian banyak Konsumen.

Kemudian legalkan Nama Bisnis atau Usaha lewat "Surat Ijin Usaha", sertakan juga Situs pada Bisnis dengan membuat Blog atau yang lainnya dengan tujuan memperkenalkan Produk Usaha Kecil atau Bisnis anda untuk mendapatkan pelanggan. Selain itu hal ini juga bertujuan untuk memperluas jaringan bisnis yang mana bisa membantu mempercepat pertumbuhan dari usaha Anda karena akan ada banyak sekali hal positif yang bisa diperoleh, misalnya saja: Informasi Pasar.

5. Lokasi


Mengenai Lokasi Bisnis UKM anda pun jangan lupa dipikirkan. Jika anda memiliki modal yang sedikit, tidak ada salahnya anda menggunakan rumah anda sebagai tempat usaha anda sebelum anda mampu untuk menyewa ruko. Bisnis rumahan biasanya akan lebih menekan biaya karena anda tidak harus membayar sewa ruko atau tempat lainnya.

Menentukan lokasi bisnis yang tepat dengan mempertimbangkan; Pelanggan, Bahan baku, Keramaian, Fasilitas pendukung Bisnis dan Biaya untuk Operasional bisnis dan langah terakhir adalah melakukan Pencatatan bisnis (akuntansi). Hal ini penting dilakukan untuk membuat dan mengatur Anggaran, menetapkan Harga jual, melakukan Bisnis dengan orang lain serta dasar pengenaan Pajak. Selain itu, System Pencatatan (akuntansi)  juga bertujuan untuk mengetahui harga jual Produk/Jasa anda, biaya Operasional, Keuntungan usaha, Pemisahan harta Pribadi dengan Modal Usaha dan biaya penyisihan untuk pengembangan bisnis yang akan datang.

Itulah hal-hal yang sebaiknya anda pikirkan dalam memulai sebuah bisnis UKM. Dengan semua hal di atas, anda bisa membuka sebuah Usaha Kecil Mandiri dengan mudah.

Kunci Kesuksesan dalam memulai Usaha sendiri adalah dengan Berani menjadikan Mimpi sebagai sebuah Ide Bisnis yang Nyata. Jangan pernah merasa takut dengan kegagalan dalam memulai Bisnis atau Usaha, karena setiap Kegagalan akan memberi Pelajaran berharga bagi langkah Usaha Kecil anda.

Halaman selanjutnya: "Pinjaman Dana atasi Kendala Permodalan UKM"


0 Komentar untuk "5 Tips / Cara Memulai Bisnis UKM"


Back To Top