Kostum Pencarian by Google


Kerusakan TV Sanyo 20-Inch (CG20KX2) - Gambar Terlipat dan Bergetar


Terjemahan Bahasa by Google


Kostum Pencarian by Google
Custom Search

Televisi merek Sanyo memang memiliki kualitas yang sangat menurut sepengetahuan kami, kali ini kami mendapati kasus kerusakan dengan keluhan "Gambar Siaran Terlipat bagian atas Layar". "Televisi dengan Merek dan Model TV Sanyo 20-Inch (CG20KX2) ini sudah cukup lama di pergunakan, mungkin sudah sekitar 5 Tahun yang lalu, baru sekarang mengalami kerusakan", kira kurang lebih begitu menurut penuturan si Pemilik televisi Sanyo dengan model: CG20KX2 tersebut.

Berdasarkan keterangan sebagaimana di atas, maka kami coba untuk meng-ON kan televisi Sanyo ini, dan memang terlihat Gambar siaran dari Tengah layar ke Bawah terlihat Normal, namun dari Tengah layar terlihat membesar ke atas (lonjong), serta muncul garis melintang sekitar 3 jari dari tepi atas layar terlihat seperti melipat, perkiraan kami ada gangguan pada blok Vertikal di mesin televisi tersebut, maka proses pengerjaan pun mulai kami lakukan.

Proses Pengerjaan pada: TV Sanyo 20-Inch dengan Model: CG20KX2 - Kerusakan Gambar Terlipat dan Bergetar


Sebagaimana bisa, yaitu:
  • Melakukan Solder Ulang pada setiap titik kontak timah yang terlihat retak serta memperhatikan Area Hot (bagian beban besar) yang biasanya di tandai dengan menghitamnya PCB akibat beban panas yang tinggi pada komponen, sehingga yakin bahwa tidak ada lagi titik kontak yang terlepas (lost contact) hubungan antar komponen ke jalur pcb mesin televisi tersebut.
Kerusakan ini umum di karenakan ada 1 atau lebih komponen kondensator (elco) yang sudah berkurang kapasitasnya, sebagai referensi: Kerusakan serupa pernah kami temukan juga pada televisi merek: Votre 14-Inc, lihat halaman sebelumnya: Kerusakan Gambar Terlipat pada bagian Bawah Layar TV Votre 14" dengan tahap pengerjaan tidak jauh berbeda, agar lebih mempercepat proses pengerjaan (dalam mendeteksi kerusakan komponen pada elco), mungkin terlebih baik menggunakan alat (tool) jenis: ESRmeter, sebagaimana keterangan pada halaman: "Alat Test Elco pada Perangkat Elektronik / TV - ESR Meter Manual", kali ini kami menemukan penyebab kerusakan tersebut adalah pada elco dengan kapasitas 22mF/50V di bagian blok Vertikal Amp, sebagaimana terlihat pada gambar di bawah ini:

Kerusakan TV Sanyo 20" - CG20KX2 (Gambar Terlipat, Bergetar)
TV Sanyo 20-Inch - Model CG20KX2
Keterangan Gambar
  1. Posisi komponen Kondensator Elektrolit (Elco) 22mF/50V penyebab kerusakan "Gambar siaran dari Tengah layar ke Bawah terlihat Normal, namun dari Tengah layar terlihat membesar ke atas (lonjong), serta muncul garis melintang sekitar 3 jari dari tepi atas Layar" setelah penggantian komponen (Elco) 22mF/50V ini, maka sekarang Gambar Terlipat pada bagian atas Layar televisi tersebut sudah tidak terlihat lagi (tinggi / ukuran layar sudah Normal kembali), namun permasalahan baru sekarang muncul, yaitu: Gambar Siaran terlihat Bergetar pada Layar (Tabung) Televisi disertai suara berderik / berdecit pada Trafo Flyback. sebalumnya.. kami juga sempat ragu, apakah suara berderik / berdecit ini muncul pada "Power Regulator" ataukah dari Flyback"nya? untuk lebih meyakinkan, kemudian kami memutuskan tegangan B+ yang menuju ke Flyback, ketika dilepaskan sekarang suara berderik / berdecit sudah tidak terdengar lagi. namun ketika di cek tegangan B+ (tegangan untuk Horizontal Output) ternyata turun, mendekati 90V. untuk lebih meyakinkan lagi, maka kami melepas Elco Filter B+ berukuran 220mF/160V dan benar saja salah satu kaki di bagian bawah elco tersebut sudah hampir terlepas (padahal fisik elco tersebut masih bagus / pada bagian atas tidak terlihat tanda tanda kerusakan).
  2. Posisi komponen Elco Filter B+ berukuran 220mF/160V yang menjadi Penyebab Kerusakan " Gambar Siaran terlihat Bergetar pada Layar (Tabung) Televisi disertai suara berderik / berdecit pada Trafo Flyback."
Kerusakan TV Sanyo 20" - CG20KX2 (Gambar Terlipat, Bergetar) disertai suara berderik / berdecit pada Trafo Flyback
TV Sanyo 20" - Model: CG20KX2
Setelah melakukan beberapa tahap di atas, sekarang "TV Sanyo 20-Inch dengan Model CG20KX2 dengan keluhan "Gambar Terlipat / muncul Garis Melintang (horizontal) sekitar 3 jari pada bagian tepi atas Layardan Kerusakan Gambar Bergetar pada televisi tersebut sudah dapat Normal kembali.


Share this article :

0 Komentar untuk "Kerusakan TV Sanyo 20-Inch (CG20KX2) - Gambar Terlipat dan Bergetar"

Seluruh KOMENTAR akan DITERBITKAN, Kecuali:

* KOMENTAR SARA, PORNOGRAFI, SPAM maupun SCAM

Catatan:

* Mohon Perhatikan secara Cermat..! Jika ada Komentar yang bersifat "KOMERSIAL", agar tidak ada PIHAK yang merasa DIRUGIKAN dan MERUGIKAN..!

* Dimohon agar memberikan Komentar, Link ataupun Informasi lainnya, sesuai dengan Topik pada Halaman tersebut di atas.

* Komentar yang tidak sesuai dengan Topik, kemungkinan akan di hapus Permanen.

* Seluruh "Komentar, Saran dan Kritik" akan diperhatikan untuk Perbaikan Kedepannya.

Back To Top