Kostum Pencarian by Google


Mengenal tentang UKM (Usaha Kecil Menengah)


Terjemahan Bahasa by Google


Kostum Pencarian by Google
Custom Search

Berbicara Ekonomi atau Perekonomian di Indonesia memang tidak ada habisnya. Sering kali ekonomi dikaitkan dengan Kesejahteraan, Tingkat perekonomian yang baik diiringi dengan Kesejahteraan Masyarakatnya. Oleh karena itu pemerintah melakukan pembenahan dalam banyak hal untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat lewat meningkatnya perekonomian agar semakin membaik. Salah satunya adalah dengan UKM (Usaha Kecil Mandiri). UKM sangat digalakan oleh pemerintah, oleh karena dari sekian banyak usaha produktif di Indonesia 98,88% usaha di Indonesia berupa UMKM yang mana UMKM tersebut mampu menyumbang 33% dari total produk domestik di Indonesia. Hal ini menegaskan akan betapa sangat vitalnya peran Usaha Kecil Menengah (UKM) ini di Indonesia.

Pengertian dan/atau Kriteria Usaha Kecil Menengah (UKM)


Usaha Kecil Menengah atau sering disingkat UKM ini, menurut kriterianya berdasarkan Biro Pusat Statistik adalah:
  • Usaha Kecil adalah sebuah Industri yang mempekerjakan 5 hingga 19 Orang
  • Usaha Menengah adalah sebuah Industri yang mempunyai tenaga kerja 20 hingga 99 orang 
Pada saat ini pulau Jawa masih dominan yang bergerak di sektor UKM ini, lebih dari 50% para pengelola bisnis UKM ini berasal dari pulau Jawa, hal ini tidaklah mengherankan, karena berdasarkan statistik, lebih dari 2/3 total populasi yang ada di Indonesia adalah dari pulau Jawa, selain itu,  kegiatan Ekonomi Nasional juga masih berpusat di Pulau Jawa.

Peran Vital UKM / UMKM bagi Perekonomian Negara (Mengenal lebih jauh tentang UKM)


Usaha Kecil Menengah (UKM) dianggap sebagai alternatif penting bagi Perkembangan Perekonomian Bangsa, karena terbukti mampu mengurangi beban berat perekonomian Nasional maupun Daerah, selain itu UKM (Usaha Kecil Mandiri) ini juga relatif dapat bertahan di tengah goncangan ekonomi dunia (krisis moneter) sebagaimana terjadi puluhan tahun yang silam, lihat halaman terdahulu: Perkembangan UKM Di Indonesia.

Mengenal Usaha Kecil Menengah (UKM) lebih lanjut
Beragam Jenis UKM yang dapat di Kembangkan
Usaha Kecil Menengah atau UKM adalah istilah yang mengacu pada jenis Usaha Kecil di mana pelaku usaha mempunyai kekayaan bersih dengan nominal paling banyak 200 juta rupiah dan tidak termasuk Tanah serta Bangunan tempat usaha. 

Bisnis UKM ini dalam beberapa tahun terakhir terus menggeliat dan ini bisa dilihat dari semakin banyaknya pelaku usaha yang terus bermunculan dan secara tidak langsung "turut membantu menggerakkan roda perekonomian" di lingkungan sekitar tempat tinggal mereka. Namun meskipun sangat berperan penting dalam membantu perekonomian masyarakat nyatanya bagi pelaku usaha skala kecil menengah ini masih sering mengalami beberapa kendala, padahal pentingnya UKM di Indonesia untuk dikembangkan terkait peran vitalnya sebagai Tulang punggung Ekonomi Indonesia.

Namun, dibalik peran vitalnya tersebut ternyata masih memiliki kendala terutama pada akses ke Lembaga Keuangan yang sangat terbatas. Oleh karenanya perlu keterlibatan banyak pihak untuk mengembangkan UKM ini seperti pembinaan melalui Dinas Koperasi dan UKM di masing-masing wilayah. Selain karena UKM menyumbang produk domestik Indonesia yang harus dicintai dan dikembangkan, tetapi juga UKM ini menyerap Tenaga Kerja sehingga angka Pengangguran dapat berkurang dengan tersalurkannya angkatan kerja tersebut oleh UKM. Disisi lain UKM juga memiliki fungsi sebagai Sarana untuk memeratakan hasil-hasil Pembangunan yang telah dicapai.

Berikut merupakan penjelasan singkat tentang UKM yang memang perlu untuk diketahui., bukan hanya sebatas sebuah usaha atau kegiatan ekonomi untuk pemenuhan kebutuhan saja, namun lebih dari itu.. UKM mampu menjadi bagian Penting untuk menjadikan Rakyat Indonesia lebih Sejahtera. Untuk persoalan modal sendiri sebenarnya bisa diatasi dengan mengajukan pinjaman modal ke bank-bank, karena dari pihak pemerintah sendiri sudah bekerja sama dengan pihak Perbankan, guna membantu memberikan pinjaman modal kepada para pelaku usaha. Dari pihak bank sendiri akan dengan senang hati memberikan penjelasan sekaligus membantu soal administrasi saat hendak mengajukan pinjaman. Jadi bagi pelaku usaha kiranya sudah tidak ada alasan lagi untuk menyerah karena keterbatasan dalam hal modal.

Halaman selanjutnya: Memanfaatkan Peluang Bisnis UKM


Share this article :

0 Komentar untuk "Mengenal tentang UKM (Usaha Kecil Menengah)"

Seluruh KOMENTAR akan DITERBITKAN, Kecuali:

* KOMENTAR SARA, PORNOGRAFI, SPAM maupun SCAM

Catatan:

* Mohon Perhatikan secara Cermat..! Jika ada Komentar yang bersifat "KOMERSIAL", agar tidak ada PIHAK yang merasa DIRUGIKAN dan MERUGIKAN..!

* Dimohon agar memberikan Komentar, Link ataupun Informasi lainnya, sesuai dengan Topik pada Halaman tersebut di atas.

* Komentar yang tidak sesuai dengan Topik, kemungkinan akan di hapus Permanen.

* Seluruh "Komentar, Saran dan Kritik" akan diperhatikan untuk Perbaikan Kedepannya.

Back To Top