Kostum Pencarian by Google


Perkembangan UKM di Indonesia


Terjemahan Bahasa by Google


Kostum Pencarian by Google
Custom Search

UKM atau Usaha Kecil dan Menengah memegang peran yang cukup strategis dalam Membangun Perekonomian Nasional. Karena itu di samping berperan penting dalam membantu pertumbuhan ekonomi juga membantu dalam menyerap Tenaga Kerja, UKM juga turut andil dalam mendistribusikan barang-barang kebutuhan kepada masyarakat luas. Yang menarik di sini adalah fakta bahwa: UKM mampu bertahan saat negara kita dihantam krisis Moneter padahal banyak pelaku usaha besar yang sampai gulung tikar dan terpaksa berhenti beroperasi karena melambungnya harga barang komoditas yang tidak dibarengi dengan tingginya permintaan pasar yang membuat daya beli menjadi lesu dan perusahaan tersebut pun tidak mendapatkan profit.

Mengetahui Sejarah UKM di Indonesia
Bisnis UKM / UMKM di Indonesia

UKM di Tengah Krisis Moneter dan Keterpurukan Perbankan


Ada beberapa alasan yang menjelaskan bagaimana bisa UKM tetap bertahan di tengah-tengah krisis moneter yang sempat menghantam perekonomian negara kita, yaitu:
  1. Pada kebanyakan / umumnya, UKM memproduksi kebutuhan barang Konsumsi juga kebutuhan Jasa yang elastisitas permintaannya terhadap pendapatan, yang tidak terlalu tinggi alias rendah. Oleh karena itulah tingkat pendapatan masyarakat menjadi tidak terlalu banyak memberikan pengaruh pada permintaan barang-barang yang dihasilkan.
  2. Implikasi dari keterpurukan pada sektor perbankan dan juga kenaikan suku bunga juga tak banyak memberikan dampak kepada sektor ini. Berbeda sekali dengan sektor perbankan yang mengalami masalah maka UKM pun akan ikut terganggu dalam operasionalnya sementara itu untuk usaha yang skalanya lebih besar bisa bertahan.
  3. Di negara kita sendiri sebagian besar dari UKM masih memakai Modal sendiri yang berasal dari tabungan pribadi dan akses terhadap perbankan juga bisa dikatakan masih rendah.  Ini bisa dilihat saat terjadi krisis global belum lama ini di mana UKM hadir sebagai salah satu solusi atas sistem perekonomian sehat.

Peranan UKM di Sektor Industri dan bidang Pembangunan Ekonomi Negara


UKM juga menjadi sektor Industri yang tidak banyak terkena dampak dari krisis global tersebut yang melanda sektor industri dan perekonomian di banyak negara di dunia. Melihat bukti ini maka sudah jelas jika UKM pantas untuk diperhitungkan dalam hal untuk menambah Daya saing pasar dan sebagai Stabilisasi dari Sistem Ekonomi yang telah ada.

Dewasa ini, perkembangan bisnis UKM telah meningkat dengan begitu pesatnya. Bahkan beberapa UKM telah mendaftarkan diri ke beberapa situs online untuk memasarkan produknya.

Dalam bidang Pembangunan Ekonomi, UKM juga sering digambarkan sebagai salah satu sektor yang memiliki peranan penting sebab hampir sebagian besar jumlah penduduknya memiliki tingkat pendidikan yang rendah dan mereka hidup dengan mengandalkan usaha dalam skala kecil baik itu di sektor tradisional atau modern.

Bagi yang tertarik untuk memulai bisnis UKM ini akan sangat terbantu dengan adanya Penyuluhan-penyuluhan sampai diberikannya bantuan Modal yang diberikan lewat Bank. Karena itu mari kita galakkan semangat untuk berwirausaha kepada masyarakat demi memacu roda perekonomian bangsa.

Halaman selanjutnya: Mengenal tentang UKM (Usaha Kecil Menengah) serta Memanfaatkan Peluang di Binis UKM ini.


Share this article :

0 Komentar untuk "Perkembangan UKM di Indonesia"

Seluruh KOMENTAR akan DITERBITKAN, Kecuali:

* KOMENTAR SARA, PORNOGRAFI, SPAM maupun SCAM

Catatan:

* Mohon Perhatikan secara Cermat..! Jika ada Komentar yang bersifat "KOMERSIAL", agar tidak ada PIHAK yang merasa DIRUGIKAN dan MERUGIKAN..!

* Dimohon agar memberikan Komentar, Link ataupun Informasi lainnya, sesuai dengan Topik pada Halaman tersebut di atas.

* Komentar yang tidak sesuai dengan Topik, kemungkinan akan di hapus Permanen.

* Seluruh "Komentar, Saran dan Kritik" akan diperhatikan untuk Perbaikan Kedepannya.

Back To Top