Kostum Pencarian by Google


Kerusakan TV Fujitec Slim 21-Inc (21FSS3 PF) - Layar Gelap (Ada Suara, tidak Muncul Gambar Siaran)


Terjemahan Bahasa by Google


Kostum Pencarian by Google
Custom Search

TV Fujitec Slim 21-Inc, Model: 21FSS3 PF ini di datangkan ke tempat (service) kami, dengan keluhan: "Layar Gelap namun Suara Ada" atau dengan kata lain: "Suara siaran Televisi dapat terdengar, namun Gambar siaran televisi sama sekali tidak muncul pada Tabung Layar televisi"

Berdasarkan hal tersebut di atas, maka proses pengecekan pada mesin Televisi FUJITEC Slim 21-Inc (21FSS3 PF), segera kami lakukan terutama pada Tegangan B+ (115V ~ 125V) dan Tr Horizontal nya, sebelumnya dapat kami informasikan bahwa: TV Fujitec Slim 21-Inc (21FSS3 PF) mempunyai beberapa Komponen Utama, yaitu:
  1. STR Power Regulator: W6754
  2. IC Program (Micom) SMD: QXXAVD010 ---M - R2J12204M4-AA2PP - 831104
  3. IC EPROM (Memori): 24C162
  4. IC Audio (Sound): LA42207
  5. IC Vertikal Amp: LA7814
  6. TR Horizontal: D2578 + TR/FET H/B-Width: B1274
  7. FBT (Flyback Transformer): JF 0501 - 32613
Berikut bagian dalam Mesin Televisi merek: Fujitec "Musashi Slim" 21-Inc, dengan model: 21FSS3 PF tersebut:

Perbaikan Layar Gelap namun Suara Ada - TV Fujitec Slim 21-Inc, 21FSS3 PF
TV Fujitec Slim 21-Inc, Model: 21FSS3 PF - Mesin TV bagian Bawah
Gambaran Kerusakan

Ketika dilakukan pengecekan pada Mesin "TV Fujitec Slim 21-Inc (21FSS3 PF" ini, dan kemudian di ketahui bahwa TR Horizontal terukur Short (Korslet), terbukti ketika di hidupkan R 6.8 Ohm / 7W yang menghubungkan Tegangan B+ 115V menuju +B Flyback sangat panas sekali, penggantian TR Horizontal pun di lakukan dengan yang sejenis, dan kemudian kami coba ON-kan Televisi ini, Layar sempat menyala sebentar, namun beberapa saat kemudian.. TR Horizontal kembali Short (ketika di sentuh, TR Horizontal ini sangat panas sekali..!) yang menandakan ada yang tidak beres pada blok "Horizontal Out"nya.

Seluruh Kapasitor terutama C435: 912/2KV dan C436: 782/1.5KV (?.. 2KV) terukur Normal, D4387: Dioda Dumper? dioda dumper ini pun terukur Normal (Dioda jenis ini, salah satu kakinya terhubung langsung ke "Collector" TR Horizontal, terpasang paralel dengan C453 dan C436), hal ini cukup membingungkan kami, bahkan kemudian kami sempat mengganti FBT JF 0501 - 32613 yang kebetulan dipinjamkan oleh Rekan sekerja kami, namun ketika kami mengganti kembali TR Horizontal yang rusak tersebut dengan yang baru, ketika Televisi ini di ON-kan, prakk..! tabung layar sempat menyala sebentar, sebelum kembali TR Horizontal tersebut Short lagi... maka kami menunda pengerjaan Televisi ini, beberapa saat lamanya dan mengalihkan perhatian pada TV lain yang mempunyai kerusakan ringan dan lebih cepat di tangani, sekaligus membayangkan.. gerangan apalagi kerusakan pada "TV Fujitec Slim 21-Inc (21FSS3 PF) dengan keluhan: Layar Gelap (Ada Suara, tidak Muncul Gambar Siaran)" ini..

Karena tidak ada tanda-tanda kerusakan pada seluruh "Kapasitor" yang berada pada blok Horizontal ini, maka perhatian kami sekarang tertuju pada komponen Dioda - D4387Dioda Dumper? dioda dumper ini pun terukur Normal, namun untuk lebih pastinya, kamipun mengganti Dioda Dumper tersebut, ketika Televisi ini di ON-kan, prakk..! tabung layar sekarang dapat menyala dengan Normal selama beberapa menit.. dan tidak mati lagi, maka kamipun menganggap permasalahan kerusakan selesai sampai di sini, maka kamipun menutup cover belakang televisi tersebut dan mencoba menghidupkan nya dengan tujuan mengetes kekuatan dari televisi tersebut..

TV Fujitec Slim 21-Inc (21FSS3 PF) - Dioda Dumper + Tr Driver Horizontal yang rusak
TV Fujitec Slim 21-Inc Model: 21FSS3 PF - Posisi Dioda Dumper & TR Driver Horizontal
Setelah hampir 1/4 jam kemudian Televisi merek "Fujitec Slim 21-Inc dengan Model: 21FSS3 PF" kembali "Mati Total", namun kali ini di temukan kerusakan pada "Driver Horizontal"nya, yaitu: Transistor dengan no seri: C1906, lihat posisi komponen pada gambar di atas..

TV Fujitec Slim 21-Inc Model: 21FSS3 PF - (Selesai Perbaikan)
TV Fujitec Slim 21-Inc Model: 21FSS3 PF - Selesai Perbaikan
Setelah melakukan penggantian komponen komponen yang rusak sebagaimana, informasi di atas, sekarang kami melakukan ujicoba selama beberapa jam, kondisi mesin tetap mempunyai panas sebagaimana biasa/umumnya (tidak ada komponen: terutama Tr Horizontal, IC Vertikal tidak mempunyai panas yang berlebihan), sehingga kami cukup yakin, bahwa: "Televisi Fujitec Slim 21-Inc (21FSS3 PF) yang mempunyai keluhan dengan Layar Gelap (Ada Suara, tidak Muncul Gambar Siaran)" ini dapat berfungsi Normal sebagaimana biasa dan masih dapat bertahan hingga beberapa waktu yang cukup lama kedepannya, semoga...


Share this article :

0 Komentar untuk "Kerusakan TV Fujitec Slim 21-Inc (21FSS3 PF) - Layar Gelap (Ada Suara, tidak Muncul Gambar Siaran)"

Seluruh KOMENTAR akan DITERBITKAN, Kecuali:

* KOMENTAR SARA, PORNOGRAFI, SPAM maupun SCAM

Catatan:

* Mohon Perhatikan secara Cermat..! Jika ada Komentar yang bersifat "KOMERSIAL", agar tidak ada PIHAK yang merasa DIRUGIKAN dan MERUGIKAN..!

* Dimohon agar memberikan Komentar, Link ataupun Informasi lainnya, sesuai dengan Topik pada Halaman tersebut di atas.

* Komentar yang tidak sesuai dengan Topik, kemungkinan akan di hapus Permanen.

* Seluruh "Komentar, Saran dan Kritik" akan diperhatikan untuk Perbaikan Kedepannya.

Back To Top