Kostum Pencarian by Google


Prinsip Dasar - Perangkat Komunikasi 2 Arah pada INTERCOM (Bag. 2)


Terjemahan Bahasa by Google


Kostum Pencarian by Google
Custom Search

Pada halaman sebelumnya: Prinsip Dasar - Perangkat Komunikasi 2 Arah pada INTERCOM (Bag. 1), adalah sebuah gambaran sederhana perangkat Komunikasi 2 Arah pada Intercom, yang merupakan prinsip mendasar, hingga berkembangnya perangkat modern yang lebih maju lagi, seperti: Telepon, Faks yang pada awal awalnya adalah masih menggunakan "Jalur kawat" sebagai media penghantarnya. Seiring perkembangan teknologi yang lebih maju, di era digital sekarang ini, perangkat komunikasi sudah menggunakan media udara, sehingga dapat menjangkau area yang sangat jauh dan lebih effisien jika dibandingkan media kawat

Prinsip Dasar - Perangkat Komunikasi 2 Arah pada INTERCOM (Bag. 2)


Gambar dibawah ini merupakan sebuah perangkat "Power Amplifier" yang dapat dibuat sebagai media komunikasi antar 2 orang bahkan banyak orang dengan sistem Panggil dan Terima, sistem seperti ini, digunakan pada INTERCOM, yang pernah booming puluhan tahun silam, meski dengan jarak yang cukup terbatas (mungkin hanya berkisar beberapa kilometer atau bahkan belasan kilometer, tergantung Daya dari perangkat tersebut).

Sebagaimana kita ketahui, bahwa "Getaran/Gelombang Suara" dapat merambat pada beberapa Media: Kayu, Plastik (Nylon), Air, Logam dan Udara, terutama Logam, yang diketahui mempunyai tingkat rambat yang sangat baik (daya hantarnya), oleh karena itulah.. kabel kabel dari perangkat elektronik dan listrik lebih banyak menggunakan logam, baik berupa: Besi, Aluminium, Tembaga, Perak bahkan Emas.

Media Penghantar pada Perangkat Intercom ini umumnya berupa: Kawat yang dibentangkan (baik untuk jarak dekat maupun jarak cukup jauh), sedangkan Ground dari perangkat Intercom ini, harus terhubung ke Tanah (Bumi), semakin dalam maka akan semakin baik.

Bagan Perangkat Komunikasi 2 Arah pada Intercom
Prinsip Dasar - Perangkat Komunikasi 2 Arah pada INTERCOM
Keterangan Gambar:
  • Prinsip Kirim (TX/Transceive) dan Terima (RX/Receive) Suara adalah pada Sentral Input dan Output "Power Amplifier" tersebut, yang dapat bekerja 2 Arah, menggunakan saklar manual PDT (Push Double Throw) on Switch.
  • Input dan Output "Power Amplifier" terhubung ke 2 pin Tengah (sentral) PDT (lihat tanda panah putus putus berwarna "Biru"), sehingga ketika dalam keadaan Standby, Output terhubung ke Speaker (Monitor) dan Input terhubung ke Jalur (Kawat), sebagaimana terlihat pada bagan (Intercom) diatas, sedangkan..
  • Pada Posisi sebaliknya, Output "Power Amplifier terhubung ke 1 pin Tengah (sentral) PDT (lihat tanda panah "Merah") menuju jalur Kawat (Transmit/TX), sedangkan Input "Power Amplifier" terhubung ke 1 pin Tengah (PDT ini mempunyai 2 pin tengah untuk 4 throw/arah keluaran), untuk menghubungkan "Mic dan Penguat Mic"(lihat tanda panah "Merah") pada Pembicara (Pengirim Suara/TX).
  • Ground adalah merupakan Jalur Gelombang Tanah (sebagaimana kita ketahui Ground/ Arde titik Nol tegangan pada perangkat listrik).
Meskipun terlihat sederhana, "Prinsip Dasar dari Perangkat Komunikasi 2 Arah pada INTERCOM" ini merupakan cikal bakal di kembangkannya Perangkat Komunikasi dengan Teknologi yang lebih Maju dan Modern, seperti: Telepon, Fax, Broadcasting, Internet pada saat sekarang ini.

Halaman terdahulu: "Sejarah dan Perkembangan Internet pada Masa masa Awal".


Share this article :

0 Komentar untuk "Prinsip Dasar - Perangkat Komunikasi 2 Arah pada INTERCOM (Bag. 2)"

Seluruh KOMENTAR akan DITERBITKAN, Kecuali:

* KOMENTAR SARA, PORNOGRAFI, SPAM maupun SCAM

Catatan:

* Mohon Perhatikan secara Cermat..! Jika ada Komentar yang bersifat "KOMERSIAL", agar tidak ada PIHAK yang merasa DIRUGIKAN dan MERUGIKAN..!

* Dimohon agar memberikan Komentar, Link ataupun Informasi lainnya, sesuai dengan Topik pada Halaman tersebut di atas.

* Komentar yang tidak sesuai dengan Topik, kemungkinan akan di hapus Permanen.

* Seluruh "Komentar, Saran dan Kritik" akan diperhatikan untuk Perbaikan Kedepannya.

Back To Top