Kostum Pencarian by Google


Kerusakan FBT TV brand China (WCOM) - (Tegangan HV Rect) Bocor + Short Tabung Gambar)


Terjemahan Bahasa by Google


Kostum Pencarian by Google
Custom Search

Mesin TV China, merek: WCOM ini, mengalami kerusakan, yaitu: Bocornya "Arus Tegangan Tinggi (HV Rect)" pada Flyback Transformator (FBT) pada mesin televisi tersebut, sehingga merusak beberapa komponen resistor yang terhubung, sebagaimana terlihat pada gambar di bawah ini:

Kerusakan FBT Bocor - Mesin TV China WCOM
Mesin TV China WCOM
Selain bocornya "Tegangan Tinggi (HV)" pada Flyback, akhirnya kami ketahui juga.. Kerusakan (short) salah satu Pin/Kaki pada "Tabung Gambar" televisi tersebut, dari dalam leher tabung juga nampak terlihat percikan bunga api, yang mengakibatkan Tegangan Anoda pada FBT (flyback) tersebut merusakan beberapa komponen sebagaimana keterangan di atas, juga merusakan "Soket Tabung" sebagaimana terlihat pada gambar berikut di bawah ini:

Kerusakan V China WCOM - Trafo Flyback Bocor dan Hangus Komponen
Mesin TV China WCOM - FBT (Flyback Transformer) Bocor - Soket Tabung

Keterangan Komponen

  • R233 = 1K5 (ABL)
  • R494: 3K3, R413: 10K Ohm, R414: 8K2
  • FBT (Flyback Transformer): 
  • Soket Tabung
Setelah melakukan penggantian komponen sebagaimana di atas, kemudian Mesin TV China merek: WCOM ini, dapat menyala Normal (ketika di pasang menggunakan "Tabung Gambar" Televisi yang masih Bagus), setelah dilakukan "pengujian" sekitar 1/2 jam kemudian, "Gambar Siaran" tiba tiba "Menyempit" kiri dan kanan, hanya tersisa kira kira 3 hingga 4 jari saja, tepat berada ditengah layar, yang menandakan terjadinya kerusakan pada rangkaian "Horizontal Out"nya.. sehingga secara cepat..! kami mematikan televisi tersebut, dan memeriksa.. ada kerusakan komponen apa lagi di bagian Horizontal Out tersebut..?

Ya.. jelas teramati, sebuah "Kapasitor" H/B-WIDTH, yaitu: C441 berkapasitas 334nF / 400V, ketika disentuh.. terasa sangat panas..!, maka penggantian komponen tersebut pun segera kami lakukan, dan pada akhirnya mesin "TV China merek: WCOM yang mengalami Kerusakan akibat Bocornya FBT (Flyback Transformer) & Short Tabung Gambar" tersebut, dapat Normal kembali, semoga dapat bermanfaat bagi rekan yang kebetulan menemukan kasus kerusakan yang serupa..


Share this article :

0 Komentar untuk "Kerusakan FBT TV brand China (WCOM) - (Tegangan HV Rect) Bocor + Short Tabung Gambar)"

Seluruh KOMENTAR akan DITERBITKAN, Kecuali:

* KOMENTAR SARA, PORNOGRAFI, SPAM maupun SCAM

Catatan:

* Mohon Perhatikan secara Cermat..! Jika ada Komentar yang bersifat "KOMERSIAL", agar tidak ada PIHAK yang merasa DIRUGIKAN dan MERUGIKAN..!

* Dimohon agar memberikan Komentar, Link ataupun Informasi lainnya, sesuai dengan Topik pada Halaman tersebut di atas.

* Komentar yang tidak sesuai dengan Topik, kemungkinan akan di hapus Permanen.

* Seluruh "Komentar, Saran dan Kritik" akan diperhatikan untuk Perbaikan Kedepannya.

Back To Top