Kostum Pencarian by Google


Kerusakan TV Polytron 21-Inch (PN 20125) - Standby, Kadang Menyala, Lampu Indikator Berkedip


Terjemahan Bahasa by Google


Kostum Pencarian by Google
Custom Search

TV Polytron 21-Inch dengan Seri: Nicam & Zweiton Stereo dan Type: PN 20125 ini, mengalami Kerusakan Standby, ketika didatangkan ke tempat kerja (service tv) kami, "Televisi sangat susah di hidupkan, Televisi ketika di On-kan tidak bisa Menyala, karena lampu (indikator - red) pada televisi tersebut kembali berwarna Merah, maka harus di tekan tombol CH (-/+) baru lampu indikator tersebut Mati, yang menandakan: Televisi akan segera Menyala, namun lampu indikator tersebut kembali menyala berwarna merah, yang menandakan televisi tersebut kembali pada posisi: STANDBY, demikian seterusnya harus di ulang ulang baru bisa Menyala Normal, setelah itu Televisi akan terus terusan Menyala seperti keadaan Normalnya, namun jika dimatikan dalam beberapa waktu lamanya, maka Televisi akan kembali SUSAH DIHIDUPKAN" begitu detilnya menurut penuturan: Pemilik Televisi Polytron 21-Inch (PN 20125) tersebut..

Berdasarkan keterangan yang lengkap dan mendetail dari pemilik tv tersebut, maka kami coba mengingat ingat kembali, beberapa kasus kerusakan yang hampir serupa pada jenis TV Polytron ini, di antaranya: "Kerusakan Gagal Start (Protek) TV Polytron 21-Inch - MX5203M" yang mengalami kerusakan pada Kapasitor/ Kondesator (Elco) Tegangan Tngginya, begitu juga pada halaman: "Kerusakan Mati Sendiri TV Polytron 14-Inch / 21-Inch (Umum)", namun kali ini pengerjaan sebagaimana hal tersebut, belum bisa menyelesaikan masalah pada "Kerusakan TV Polytron 21-Inch (PN 20125) - Standby, Kadang Menyala, Lampu Indikator Berkedip" ini, sehingga kami mencoba untuk lebih teliti lagi, apa yang menyebabkan kerusakan sebagaimana hal tersebut di atas..

Berikut beberapa komponen penting dari "TV Polytron 21-Inch (PN 20125)" ini:

  • Bekerja pada Tegangan: 90V - 260V 50Hz/60Hz
  • Seri/Type: Nicam & Zweiton Stereo / PN 20125
  • IC Micom: ST6388B1/MIC - HB-01-07H - 220AW M - MLT 22 427
  • IC CHROMA: STV 2247 - X32 - HB 26D4023
  • FET (Power Regulator): FS7UM
  • IC Vertical Amp: TDA 8174 AW
  • TR Horizontal Output: ST 1803 DHI
  • IC Sound & Sub-Woofer: TDA 2030A
  • IC RGB: STV 5111
  • FBT (Flyback Transformer): FCM 20B061N (SAMSUNG - T40828)

Tahap Pengerjaan
  • Melakukan Solder Ulang setiap Titik kontak timah yang terlihat retak retak pada Mesin TV Polytron 21-Inch (PN 20125) tersebut, dan kemudian membersihkannya dengan Thinner atau cairan pembersih lainnya..
  • Ketika Televisi dihidupkan, ternyata seluruh Tegangan (+115V terukur 90Volt dan turun kembali sekitar 50V ~ 60V, begitu juga tegangan lainnya) berada di bawah Normal, penggantian beberapa komponen, Elco: 220mF/450V (Regulator), 100mF -220mF/160V (B+), dan beberapa elco pada bagian Power Regulator Out juga masih belum membuahkan hasil..
  • Untuk mempercepat dan memastikan bagian manakah yang mengalami kerusakan, apakah blok "POWER REGULATOR" yang bermasalah ataukah pada "blok sesudah power regulator" (bagian mesin tv) tersebut yang bermasalah, maka kami melakukan "Pemasangan Power Switching merek Gacun", agar dapat memastikan seluruh tegangan yang keluar (output) tersebut sesuai dengan yang semestinya..
  • Ketika kami menguji coba televisi tersebut menggunakan Power Switching merek "Gacun" tersebut, dan mengatur Tegangan untuk B+ nya, yaitu: +115 (Normal),  dan sekarang "Heater" pada Tabung Televisi dapat menyala, yang menandakan Osilator Horizontal dapat bekerja, namun ketika "Screen" pada Flyback di naikan, tidak ada tampilan sama sekali melainkan gelap dan hanya garis garis yang muncul, dan anehnya lagi "Lampu Indikator" sekarang "BERKEDIP KEDIP" yang menandakan ada ketidaknormalan (tegangan??) pada IC Micom-nya, selain itu tercium.. ada BAU Gosong pada komponen, maka cepat cepat kami mematikan perangkat "televisi" tersebut, seraya memeriksa "komponen" yang hangus tersebut, dan terlihat 1 buah komponen "RESISTOR" yang hangus, tanpa bisa di kenali lagi kode warnanya..
  • dan kemudian kami mengganti 'Resistor" yang hangus tersebut, dengan Nilai: 1K Ohm, sebagaimana terlihat pada gambar di bawah ini:
Komponen yang Rusak pada Mesin TV Polytron 21-Inch Type: PN 20125
TV Polytron 21-Inch (PN 20125) - Posisi Resistor (R) yang hangus - ganti dengan R: 1K Ohm

  • Setelah melakukan penggantian Resistor (R) IK Ohm (lihat posisi komponen) tesebut di atas, sekarang lampu Indikator pada Televisi  Polytron 21-Inch (PN 20125) sudah "TIDAK BERKEDIP KEDIP" lagi, beberapa saat kemudian Gambar Siaran muncul dan terlihat Normal kembali.
  • Langkah terakhir.. "Power Switching merek: Gacun" yang sempat kami pasang, kami lepaskan kembali, dan menggantinya dengan "Power Supply Regulator" aslinya, dengan memasangkan kembali FET FS7UM yang sempat kami lepaskan.
Perbaikan Kerusakan Standby, Sulit Menyala, Lampu Indikator Berkedip - TV Polytron 21-Inch (PN 20125)
TV Polytron 21-Inch -Seri: Nicam & Zweiton Stereo - Type: PN 20125
Setelah melakukan beberapa pengerjaan sebagaimana di atas, TV Polytron 21-Inch (PN 20125) yang mengalami kasus kerusakan "Standby, Kadang Menyala, Lampu Indikator Berkedip kedip" tersebut berhasil diselesaikan dan Normal dan dipergunakan kembali sebagaimana mestinya..


Share this article :

0 Komentar untuk "Kerusakan TV Polytron 21-Inch (PN 20125) - Standby, Kadang Menyala, Lampu Indikator Berkedip"

Seluruh KOMENTAR akan DITERBITKAN, Kecuali:

* KOMENTAR SARA, PORNOGRAFI, SPAM maupun SCAM

Catatan:

* Mohon Perhatikan secara Cermat..! Jika ada Komentar yang bersifat "KOMERSIAL", agar tidak ada PIHAK yang merasa DIRUGIKAN dan MERUGIKAN..!

* Dimohon agar memberikan Komentar, Link ataupun Informasi lainnya, sesuai dengan Topik pada Halaman tersebut di atas.

* Komentar yang tidak sesuai dengan Topik, kemungkinan akan di hapus Permanen.

* Seluruh "Komentar, Saran dan Kritik" akan diperhatikan untuk Perbaikan Kedepannya.

Back To Top