Kostum Pencarian by Google


UPS (Uninterruptible Power Supply) - Kerusakan Komponen


Terjemahan Bahasa by Google


Kostum Pencarian by Google
Custom Search

Uninterruptible Power Supply atau yang lebih dikenal dengan sebutan "UPS" ini adalah: Perangkat Elektronika Listrik, yang berfungsi: Mencegah Terputusnya Aliran (supply) Listrik secara Tiba-tiba (mendadak) pada Perangkat Elektronika Penting, seperti: Komputer (PC Desktop) dll. sehingga dapat meminimalisir kerugian, seperti: Kehilangan Data (sewaktu pengerjaan) akibat terputusnya Aliran Listrik pada Perangkat perangkat tersebut atau dengan kata lain: UPS (Uninterruptible Power Supply) dapat berfungsi sebagai "Backup" sementara, ketika terputusnya Tegangan/Aliran Listrik secara tiba tiba, selain resiko "Kehilangan Data" (sewaktu proses pengerjaan pada perangkat komputer, beberapa Kegiatan dan Perangkat vital terkait penggunaan sistem "Komputerisasi" ini juga akan terganggu serta cukup rentan akan Kerusakan yang yang ditimbulkan akibat terputusnya "Aliran (jaringan) Listrik" yang secara tiba tiba ini, Jangka waktu penggunaan "Backup" sementara Aliran Listrik ini bergantung dari "Daya" Penggunaan Perangkat, semakin besar Daya yang digunakan Perangkat tersebut, maka "Jangka Waktu" backup dari UPS ini juga akan semakin pendek. Setiap UPS (Uninterruptible Power Supply) juga mempunyai Spesifikasi yang berbeda beda pula.

Perbaikan Kerusakan Komponen pada UPS (Uninterruptible Power Supply)
UPS (Uninterruptible Power Supply) - Model: Super Powertech
UPS (Uninterruptible Power Supply) ini bekerja hampir mirip dengan "Power Inverter" (lihat halaman: Power Inverter - DC 12V ke AC 220V / 230V), namun jika dibaandingkan dengan Power Inverter, Sistem pada UPS ini bekerja secara Otomatis, ketika Tegangan/Aliran Listrik pada kondisi Menyala (Normal), maka perangkat yang terhubung ke UPS ini bekerja menggunakan jaringan Listrik Negara (PLN), namun ketika Jaringan Listrik tersebut mati (padam) secara tiba tiba, maka "UPS (Uninterruptible Power Supply)" ini secara Otomatis akan "Aktif" menggantikan (mem-backup) sementara Aliran Listrik yang mati (padam) dalam beberapa waktu lamanya, pada sebaliknya, ketika Aliran Listrik (jaringan PLN) menyala, maka Aliran Listrik Normal (Jaringan Lisrik PLN) akan dipergunakan. Kekurangan pada "Power Inverter" tidak adanya siklus ulang, seperti UPS (Uninterruptible Power Supply) ini, dimana ketika "Jaringan Listrik" Normal (PLN) yang dipergunakan, perangkat UPS ini sekaligus dapat berfungsi "CHARGING/PENGISIAN" pada ACCU yang terdapat pada Perangkat UPS ini.

Komponen yang sering Rusak pada UPS (Uninterruptible Power Supply)
UPS (Uninterruptible Power Supply) - Model:?? - Komponen yang sering Rusak
Beberapa komponen Utama yang sering rusak pada Perangkat "UPS (Uninterruptible Power Supply)" adalah:

  • Aki (ACCUMULATOR): Untuk UPS tipe ini menggunakan 2 x Accu 12V (Tegangan total: 24V), 7.2 Ah (Ampere/hour), kerusakan pada Accu ini, akan menyebabkan "Daya" penggunaan akan semakin singkat, karena daya accu akan semakin cepat habis.
  • FET P75NF75 ini juga sering mengalami kerusakan Short akibatnya Resistor pendukungnya juga akan terbakar (hangus/putus)
Keterangan, Perbaikan, Gambar (Uninterruptible Power Supply) - Super Power Tech
UPS (Uninterruptible Power Supply) - Super Power Tech
UPS (Uninterruptible Power Supply) dengan Model: SUPER POWERTECH ini, beredar dipasaran pada kisaran harga Rp 1.5-Jutaan (atau bahkan Kurang/Lebih..??), menurut "Pemilik" UPS tersebut: UPS ini dapat digunakan hampir 1 jam, ketika digunakan pada perangkat Komputer jenis "Desktop" (PC), yang notabene memang mempunyai daya yang cukup besar, selain itu pernah juga diperbaiki, yakni: Penggantian 2 Buah ACCU (Accumulator - red), yang terdapat pada perangkat UPS tersebut. UPS (Uninterruptible Power Supply) memang paling umum di pergunakan pada "Kantor, Sekolah dan Instansi lainnya" yang rata rata menggunakan perangkat kerja yang sangat Vital pada masa sekarang ini, seperti: Komputer dan Perangkat penting lainnya..


Share this article :

0 Komentar untuk "UPS (Uninterruptible Power Supply) - Kerusakan Komponen"

Seluruh KOMENTAR akan DITERBITKAN, Kecuali:

* KOMENTAR SARA, PORNOGRAFI, SPAM maupun SCAM

Catatan:

* Mohon Perhatikan secara Cermat..! Jika ada Komentar yang bersifat "KOMERSIAL", agar tidak ada PIHAK yang merasa DIRUGIKAN dan MERUGIKAN..!

* Dimohon agar memberikan Komentar, Link ataupun Informasi lainnya, sesuai dengan Topik pada Halaman tersebut di atas.

* Komentar yang tidak sesuai dengan Topik, kemungkinan akan di hapus Permanen.

* Seluruh "Komentar, Saran dan Kritik" akan diperhatikan untuk Perbaikan Kedepannya.

Back To Top