Kostum Pencarian by Google


System Pengatur Tegangan Tuner Antenna Televisi


Terjemahan Bahasa by Google


Kostum Pencarian by Google
Custom Search

Tuner Antenna pada Televisi adalah berfungsi sebagai Penala Gelombang Frekwensi (Audio & Video). Sinyal yang dapat ditangkap (baik melalui media Kabel ataupun Udara) ini masih sangat lemah, pada Tuner Antenna ini.. sinyal sinyal tersebut akan dipilih (melalui proses penalaan) Gelombang/Frekwensi (IF Audio/Video) dan kemudian diperkuat hingga ratusan kali pada selanjutnya pada IC RF akan dipisahkan lagi menjadi gelombang Audio dan Video yang dapat didengar dan dilihat pada perangkat Televisi tersebut.

Tuner Antenna ini bekerja sebagai Pencampur dan Penala Gelombang/Frekwensi (Audio/Video), perubahan Frekwensi pada Tuner Antenna ini adalah dengan mengatur Tegangan masuk pada VT, tegangan tersebut berkisar 0 Volt hingga 33 Volt,

Perubahan Gelombang / Frekwensi TV pada Tuner Antenna
Penala Gelombang/Frekwensi Manual
Untuk dapat merubah Frekwensi secara manual pada Televisi menggunakan Variable Resistor (VR) dan 2 buah Resistor (R), sebagaimana terlihat pada gambar diatas.

Keterangan Gambar
  • Pin (kaki) VT pada Tuner Antenna harus dilepaskan pada rangkaian Board (papan mesin) TV, selanjutnya akan dihubungkan ke Pin/kaki Tengah VR (Output) yang sudah diberi pembatas arus R: 10K Ohm.
  • Pada pin/kaki VR Kiri (lihat gambar) terhubung ke Ground, sedangkan pada pin/kaki VR Kanan (Input) adalah jalur masuk Tegangan DC 33V setelah diberi pembatas sebuah Resistor 1K Ohm (tegangan khusus) untuk Tuner Antenna yang terdapat pada mesin televisi, tegangan ini dapat di atur menggunakan VR (Variable Resistor) pada kisaran 0 Volt hingga 33V, besar kecilnya Tegangan tersebut akan menentukan Sinyal ataupun Frekwensi siaran yang akan dipilih. Frekwensi Siaran Televisi umumnya berkisar: 127MHz hingga 870MHz (termasuk pada 3 Band Channel, yaitu: VL, VHF dan UHF).
  • Tegangan untuk VL, VHF dan UHF adalah 12V (untuk Model lama) dan 5V pada jenis Tuner Antenna Televisi model baru sekarang ini. Untuk memindah Band antar ketiganya adalah dengan cara men-switch tegangan 12V atau 5V tersebut pada pin/kaki VL / VHF / UHF yang terdapat pada Tuner Antenna TV tersebut, dimana ketika salah satu pin/kaki band terhubung ke Tegangan, maka yang lainnya harus pada kondisi 0 Volt atau pada kondisi tidak ada tegangan. Untuk memilih Band VL/VHF/UHF dapat menggunakan "saklar manual" sebagaimana terlihat tanda "panah" bagian kanan bawah gambar.


Share this article :

0 Komentar untuk "System Pengatur Tegangan Tuner Antenna Televisi"

Seluruh KOMENTAR akan DITERBITKAN, Kecuali:

* KOMENTAR SARA, PORNOGRAFI, SPAM maupun SCAM

Catatan:

* Mohon Perhatikan secara Cermat..! Jika ada Komentar yang bersifat "KOMERSIAL", agar tidak ada PIHAK yang merasa DIRUGIKAN dan MERUGIKAN..!

* Dimohon agar memberikan Komentar, Link ataupun Informasi lainnya, sesuai dengan Topik pada Halaman tersebut di atas.

* Komentar yang tidak sesuai dengan Topik, kemungkinan akan di hapus Permanen.

* Seluruh "Komentar, Saran dan Kritik" akan diperhatikan untuk Perbaikan Kedepannya.

Back To Top