Agen Bola - Agen SBOBET
Custom Search

Beberapa Kasus Kerusakan TV POLYTRON 21-Inch, Type BB 5132 M






Kostum Pencarian by Google
Custom Search

Televisi merek "POLYTRON 21-Inch" dengan Type "BB 5132 M" ini memang hingga saat ini masih banyak di pergunakan dan mempunyai daya tahan (kualitas) yang Baik, terbukti Televisi milik tetangga saya ini sudah lumayan cukup berumur, dalam arti.. sudah cukup lama di pergunakan (lebih dari 10 Tahun) namun hingga saat masih dapat berfungsi Normal, meski.. sudah beberapa kali mengalami perbaikan yang tidak terlalu parah.

TV POLYTRON 21-Inch, Type BB 5132 M ini pada awalnya mengalami kerusakan "Mati Total" karena Power Supply Regulator yang bermasalah, sebelumnya.. di bawah ini merupakan beberapa Informasi dan Komponen penting pada perangkat televisi tersebut:
  • Bekerja pada Tegangan: AC 185V ~ 250V
  • Model / Type: BIG BEAUTY - BB 5132 M
  • FET Regulator: 1R52CS - FQ PF - 7N65C
  • IC Micom / Program: ST 6382B1/FMT - HB-00-01 - M220J0130A - MALTA
  • IC CHROMA: STV 2286 C
  • IC Vertikal: TDA 8174 AW
  • TR HORIZONTAL: MORROCO - ST 1801 - DHI
  • IC AUDIO AMP (Sound): 2 x TDA 2030 A + 1 x TDA 2030 A / TDA 2050 A (Sub-Woofer)
  • Flyback Transformer (FBT): FCM 20B061N - Rev. 01 - SAMSUNG
TV POLYTRON 21-Inch, Type BB 5132 M - Mesin Bagian Dalam
TV POLYTRON 21-Inch, Series: BIG BEAUTY - Type BB 5132 M
TV POLYTRON 21-Inch Type: BB 5132 M ini pada awalnya mengalami kerusakan "Mati Total" dan kemudian kami mencoba menghidupkan "Power Supply Regulator"nya menggunakan Power Switching "Gacun".. televisi tersebut dapat Menyala Normal, sehingga kami berkesimpulan bahwa: seluruh rangkaian pada mesin televisi tersebut masih berfungsi dengan benar.. singkatnya kami menguji coba TV POLYTRON 21-Inch, Type BB 5132 M tersebut selama beberapa hari, kemudian TV Polytron ini kemudian "Mati Total" lagi dengan Kondisi (pada posisi) Standby.. hasil pengecekan kami, di temukan beberapa komponen yang rusak, sebagaima terlihat pada gambar di atas, yaitu:
  1. Salah satu dari 2 Transistor (yang dilingkari warna Merah) tersebut Short (No seri TR: A1023 dan C2235 / C2236) dan 1 Resistor terlihat hangus terbakar, maka kami mengganti TR dengan jenis yang sama + 1 Resistor yang hangus tidak terlihat lagi kode warnanya, kemudian kami mengganti Resistor (R) tersebut dengan ukuran 220 Ohm - 270 Ohm (aslinya menggunakan R 330 Ohm), sekarang televisi dapat Menyala.. namun muncul "Garis garis Retrace / Blanking", pengecekan pada "Tegangan Katoda RGB".. terukur Normal berkisar +180V - 190V, selanjutnya..
  2. Pengecekan lebih teliti lagi.. cukup memakan waktu berhari-hari, karena seluruh tegangan Normal, kami berpendapat ada yang tidak beres dengan antara IC Micom (program) dengan IC Chroma.. hampir saja kami mencoba untuk mengganti salah satu di antara kedua IC tersebut, jika saja ketika kami melepas IC Chroma, tidak terlihat salah satu dari IC Micom itu ada yang terlepas (putus jalur).. ya.. terlihat "Pin (kaki) SCL (Data)" IC Chroma tersebut terlepas dari rangkaian PCB mesin TV ini, dan sangat sulit di ketahui jika tidak deperhatikan secara cermat, maka kami pun segera menyambungkan kembali (jumper) jalur yang terputus tersebut.. sebagaimana terlihat pada gambar di bawah ini:

Perbaikan Kerusakan Blanking pada TV POLYTRON 21-Inch, Type BB 5132 M
TV POLYTRON 21-Inch - Type BB 5132 M (Mesin bagian Bawah)
Setelah melakukan Jumper (menyambungkan kembali) jalur yang putus sebagaimana terlihat pada gambar di atas, Raster dan Menu OSD dapat terlihat kembali, namun ketika kami melakukan "AUTO SEARCHING" Program, tidak ada satu Siaran pun yang bisa terkunci, ketika di "FINE TUNING" pun Gambar Siaran terlihat sangat Lemah, meski seluruh Channel dapat di tangkap.. penggantian beberapa komponen seperti: RF SAW, Trafo IF, TR IF, TR AGC, Tunner Antenna dan beberapa komponen lainnya tidak membuahkan hasil, yang berarti keseluruh komponen tersebut dalam kondisi BAIK.

TV POLYTRON 21-Inch, Type BB 5132 M - Daya Tangkap Siaran Lemah
TV POLYTRON 21-Inch, Type BB 5132 M - Siaran Lemah / (Frek IF tidak Tepat)
Kasus kerusakan ini akhirnya bisa di atasi dengan melakukan / membuka "Service Mode"  TV POLYTRON 21-Inch, Type BB 5132 M, yaitu: dengan melakukan "Setting" pada "IF COARSE", dalam hal ini, kami menaikannya dari: Nilai 7 menjadi 12 (maksimal 15), ketika melakukan hal ini televisi harus dalam keadaan "Menerima Siaran" meskipun lemah agar bisa terlihat perubahannya.

Ketika kami menaikan IF Coarse ini secara perlahan, pelan pelan gambar siaran semakin terlihat jelas, hingga akhirnya dapat Normal kembali, akhirnya kami berkesimpulan, bahwa:
Mungkin saja sewaktu pengerjaannya, apalagi ketika terputusnya jalur SCL (Data) pada IC Chroma yang terhubung dengan IC Micom (Program), menyebabkan "Perubahan Data" secara tidak langsung juga, sehingga System juga sedikit terganggu / error pada Data-nya
Akhirnya "TV POLYTRON 21-Inch, dengan Type BB 5132 M" yang sudah di pergunakan -+ 10 Tahun ini bisa di bawa pulang kembali oleh si Pemilik TV tersebut, setelah kami berhasil memperbaiki "Power Supply Regulator" Standar (bawaan) dari mesin TV tersebut dan kami berharap televisi tersebut dapat awet di pergunakan kembali, dan selesailah sudah pekerjaan yang cukup melelahkan itu.. ;) di barengi dengan kepuasan pribadi.. karena membuat Pemilik TV tersebut bisa tersenyum kembali... ^_^..

➩ Halaman Terkait: TV POLYTRON 21-Inc (MX5203M) - Tidak ada Raster (Blank Hitam)

Agen Judi Bola Paling Terpercaya



Kategori Artikel : Catatan Reparasi TV

0 Komentar untuk "Beberapa Kasus Kerusakan TV POLYTRON 21-Inch, Type BB 5132 M"

Back To Top