Ciri Ciri Kerusakan Flyback (FBT) pada Mesin TV (Bag. 2 - Habis)


Terjemahkan Halaman ini ke Bahasa..


Halaman ini merupakan lanjutan halaman terdahulu, yaitu: [Ciri Ciri Kerusakan Flyback (FBT) pada Mesin TV (Bag. 1)].. pada halaman tersebut juga sudah digambarkan terkait: Osilator Horizontal (pembangkit/generator frekwensi Horizontal) pada televisi, Driver Horizontal dan Horizontal Out yang bekerja untuk membangkitkan "Voltase Tinggi (HV)" melalui komponen yang disebut dengan Trafo Flyback (FBT) ini.

Untuk memastikan "Kerusakan Flyback" dapat menggunakan alat "Test Flyback" yang menggunakan 3 Kabel, yaitu: 1. Kabel B+ 2. Out 3. Ground. Penggunaan perangkat Test Flyback ini dengan cara menghubungkan Kabel B+ dari perangkat tersebut ke pin/kaki B+ FBT dan Kabel Output dari perangkat tersebut dihubungkan ke pin/kaki Collector FBT sedangkan Kabel Ground di dekatkan pada Tudung Anoda pada Flyback, sehingga jika tombol Test (power) di tekan, Flyback akan menyemburkan percikan api biru ke arah Ground, yang menandakan bahwa Flyback tersebut masih dapat bekerja (baik).

Ciri Ciri Kerusakan Flyback (FBT) pada Mesin TV (Bag. 2 - Habis)


Alat Test Flyback tersebut semacam rangkaian "Generator Horizontal" yang bekerja hampir mirip dengan yang terdapat pada Mesin Televisi, sayangnya.. rangkaian / perangkat tersebut sudah tidak ada lagi pada kami, namun "Ciri Ciri Kerusakan Flyback (FBT) pada Mesin TV" dapat dilakukan dengan metode lain, seperti:
  • Pastikan Tegangan 5V untuk IC Program / Eprom (memori) Normal!
  • Pastikan Tegangan 8v untuk IC Chroma (Jungle - IF/VIF/Chroma/Osc Vert/Osc Hor dll) adalah Normal.
  • Pastikan Tegangan 24V - 50V pada kaki Kolektor Transistor "Driver Horizontal" ada.
  • Pastikan Tegangan B+ 115V - 127V yang menuju ke Kolektor Transistor "Horizontal Output" ada.
Berikut blok | Osc Horizontal | Driver Horizontal | Horizontal Output | pada "Skema Diagram Mesin TV" brand China.

Skema Rangkaian Driver dan Flyback Mesin TV WCOM
Blok "Driver Horizontal, Horizontal Output" dan Tegangan pada Mesin TV WCOM
Basis (B) Transistor merupakan Input dari "Osc Horizontal" yang terdapat pada IC Chroma (Jungle - IF/VIF/Chroma/Osc Vertikal/Osc Horizontal/V|H-Sync/RGB dll) di pin/kaki "H-Out", sebagaimana terlihat pada gambar berikut di bawah ini:

Skema Rangkaian Horizontal di Mesin TV China
Pin (kaki) "H-Out (Osc Horizontal)" pada IC CHROMA TV
Pin / kaki IC yang dilingkari warna Merah pada gambar di atas adalah pin "H-OUT" yang kemudian di salurkan ke blok "Driver Horizontal" yang selanjutnya dikuatkan beberapa puluh kali bahkan hingga ratusan kali oleh rangkaian "Horizontal Output" yang terdiri dari komponen utama, yaitu: Transistor Horizontal dan Trafo Flyback (FBT).

Ciri Ciri Kerusakan Flyback (FBT) pada Mesin TV dapat di Analisa dengan Cara, antara lain:
  • Melakukan Pengecekan Komponen dan Tegangan sebagaimana Informasi termuat pada halaman di atas dan halaman sebelumnya.
  • Ketika seluruh Tegangan dan Komponen di blok Horizontal terukur Normal, namun televisi tidak dapat menyala, ini merupakan salah satu "Ciri ciri Kerusakan Flyback" pada Mesin TV.
  • Ketika TV di ON-kan.. Tegangan B+ (115 - 127V) (Normal atau ada juga Turun dari yang seharusnya/Drop), namun "Transistor Horizontal" menjadi sangat Panas sekali, maka hal ini juga dapat menjadi salah satu dari "Ciri ciri Kerusakan Flyback" yang terdapat pada Mesin TV tersebut.
  • Bocornya Tegangan HV (High Voltage) akan menyebabkan Body dari FBT tersebut terlihat Hangus, hal ini paling sering terjadi pada beberapa jenis/model Mesin TV yang umum beredar di pasaran sekarang ini..

Sebagaimana kita ketahui bersama.. Setiap blok rangkaian elektronika memerlukan Tegangan tegangan tertentu, sebagai Prasyarat bekerjanya "Perangkat / Peralatan Elektronika" tersebut, oleh karena itulah diperlukan pengecekan seluruh Tegangan yang ada untuk mengetahui kerusakan yang terjadi pada Perangkat Elektronika tersebut, sebagaimana hal kerusakan komponen komponen pada Perangkat Televisi ini



1 Komentar untuk "Ciri Ciri Kerusakan Flyback (FBT) pada Mesin TV (Bag. 2 - Habis)"


Back To Top