Kerusakan Mati Standby TV Polytron (U-Slim) 21-Inc, Model: PS 52UM29P (Bag. 2 - Habis)


Terjemahkan Halaman ini ke Bahasa..


Melanjutkan halaman sebelumnya: Kerusakan Mati Standby TV Polytron (U-Slim) 21-Inc, Model: PS 52UM29P (Bag. 1), bahwa Tegangan 5V merupakan tegangan penting, sehingga berubahnya tegangan tersebut menjadi lebih rendah atau lebih tinggi akan mengakibatkan tidak Normalnya system pada Mesin televisi tersebut.

Karena kesulitan untuk mendapatkan komponen pengganti yang benar benar sesuai, akhirnya kami melakukan sedikit modifikasi pada tegangan tersebut, agar dapat sesuai dengan nilai tegangan yang seharusnya.

TV Polytron (U-Slim) 21-Inc, Model: PS 52UM29P - Kerusakan Mati Standby


Komponen TV Polytron (U-Slim Multimedia) 21-Inch, Model: PS 52UM29P
TV Polytron (U-Slim Multimedia) 21-Inc, Model: PS 52UM29P
Komponen yang di ganti tersebut adalah sebuah Dioda Zener berukuran 5.6V bekerja sebagai stabilisator tegangan di Basis Transistor untuk Tegangan 5V IC Micom (pada model yang lain tegangan ini terhubung langsung dengan pin/kaki (5v) pada Tunner Antenna), ketika kami melakukan pengecekan, Tegangan terukur di bawah 5V, yakni sekitar 4.7V saja, sehingga mengakibatkan televisi tersebut gagal Start (tidak bisa menyala), melainkan Layar TV dan Lampu Indikator terlihat Berkedip kedip.
Ketika kami melepas Dioda Zener tersebut, Televisi dapat menyala namun Gambar Siaran nampak Terlipat sebagaimana telah di jelaskan pada halaman sebelumnya: Kerusakan Mati Standby TV Polytron (U-Slim) 21-Inc, Model: PS 52UM29P (Bag. 1), dan terukur Tegangan melebihi dari yang seharusnya, hampir mencapai 7V ! sehingga kami buru buru untuk mematikan televisi tersebut, namun kami sudah mendapatkan gambaran terkait kerusakan tersebut, yakni: Tidak Normalnya Tegangan 5V tersebut akan menimbulkan gajala gejala sebagaimana tersebut di atas.
Dioda Zener 5.6V tersebut kemudian kami lepaskan dari rangkaian, kemudian kami ganti dengan DZ 5.2V yang disambungkan dengan dengan VR 222 Ω (2200Ω), bekas Trimpot Regulator Power Supply TV China, lihat diagram berikut:


Perbaikan Kerusakan TV Polytron (U-Slim) 21-Inc, Model: PS 52UM29P
Tegangan DC 5V - TV Polytron (U-Slim) 21-Inc, Model: PS 52UM29P
Lihat juga halaman lain terkait Kerusakan TV POLYTRON tersebut:


  1. TV Polytron DIVA 29-Inch (PS 3025) - Muncul Garis Bagian Atas Layar
  2. Kerusakan TV Polytron 21-Inch (PN 20125) - Standby, Kadang Menyala
  3. Lampu Indikator BerkedipKerusakan Gagal Start (Protek) TV Polytron 21-Inch - MX5203M
  4. Beberapa Kasus Kerusakan TV POLYTRON 21-Inch, Type BB 5132 M,
  5. TV Polytron 29-Inch U-Slim - Kerusakan Mati TotalKerusakan Standby (Mati Sendiri) - TV SHARP 14-Inch (14R20MSG)
  6.  Kerusakan Mati Total - TV POLYTRON U-Slim  (PS 52UV60RM).
  7. Kerusakan Mati Total TV Polytron BAZZOKE (GB 20186).
  8. Kerusakan Mati Standby TV Polytron (U-Slim) 21-Inch, Model: PS 52UM29P - (Bag. 1)
  9. Kerusakan Mati Sendiri TV Polytron 14-Inch / 21-Inch (Umum)
Dioda Zener yang di pergunakan adalah 5.2V dan Trimpot 222 Ohm, titik merah adalah letak komponen DZ 5.6V. yang sudah dilepaskan dari rangkaian, pemasangan komponen tersebut sebagaimana gambaran berikut di bawah ini:


Kerusakan Mati Total, Standby, Indikator/Layar Berkedip TV Polytron (U-Slim) 21-Inc, Model: PS 52UM29P
Modifikasi pada Tegangan DC 5V - TV Polytron (U-Slim) 21-Inc, Model: PS 52UM29P
Kerusakan seperti ini cukup membuat kesulitan, karena jika tegangan disini tidak Normal, akan memunculkan kerusakan yang beragam, seperti: TV susah dihidupkan, Mati Standby, Standby Lampu Indikator berkedip kedip (gagal Start), Gambar Siaran terlipat dll.

Ketika komponen sudah terpasang sebagaimana gambar di atas, Coba hidupkan televisi dan Trim pelan pelan VR sehingga "Televisi dapat Menyala sebagaimana biasa", jika gambar kurang/lebih ke atas dan bawah, coba Trim lagi VR tersebut, jika masih tidak bisa, maka coba masuk ke bagian "Service Mode" untuk melakukan Pengaturan "Vertical Size" nya.


TV Polytron (U-Slim - Multimedia) 21-Inc, Model: PS 52UM29P - Tampak Depan
TV Polytron (U-Slim) 21-Inc, Model: PS 52UM29P
Kami tidak sepenuhnya mengerti, penyebab sebenarnya Kerusakan Mati Standby TV Polytron (U-Slim - Multimedia) 21-Inc, Model: PS 52UM29P ini, namun dugaan kami selain Dioda Zener yang bermasalah, mungkin juga komponen lain, seperti: Resistor yang sudah berubah nilainya pada blok Stabiliser Tegangan di mesin TV Polytron U-Slim Multimedia 21-Inch tersebut, namun dengan Memodifikasi Tegangan 5V tersebut, merupakan salah satu alternatif bagi kami untuk mempercepat proses Perbaikan, pada gambar di atas gambar masih terlalu tinggi dan untuk langkah terakhir adalah masuk pada menu "Service Mode" untuk melakukan pengaturan "Vertical Amp / Vertical Size" sehingga mendapatkan Gambar Siaran yang Normal sebagaimana Umumnya.



4 Komentar untuk "Kerusakan Mati Standby TV Polytron (U-Slim) 21-Inc, Model: PS 52UM29P (Bag. 2 - Habis)"

hadir, kunjungan rutin ke blog ini gan....

Ok.. Tks atas Kunjungan dan Komentarnya gan.. ;)

kalau boleh request postingan "ciri ciri kerusakan FBT" gan...

Ok.. nanti saya siapkan dulu bahan posting "Ciri Ciri Kerusakan FBT" tersebut.. di artikel mendatang, btw.. Terima Kasih atas masukannya gan, Salam.. ;)


Back To Top