Kerusakan Mati Standby + Tidak Ada Raster Mesin TV Masda


Terjemahkan Halaman ini ke Bahasa..


Jika pada halaman terdahulu: "Flyback (FBT) BSC25 - 05N2120R & Mesin TV Masda", kerusakan pada mesin TV merek Masda ini di karenakan kerusakan pada Flyback (FBT) nya, dan televisi tersebut sudah di bawa pulang oleh Pemiliknya, namun selang beberapa hari kemudian di bawa kembali ketempat kami, dengan keluhan TV tersebut rusak (mati) lagi pada posisi "Standby". Menurut penuturannya: "Televisi itu pada awalnya Normal normal saja, kemudian pemilik tersebut mematikan TV menggunakan remote kontro (pada posisi "STANDBY") dan mendiamkan TV tersebut selang beberapa waktu lamanya, namun ketika ingin menghidupakan kembali televisi tersebut ternyata "TIDAK dapat MENYALA" yakni tetap pada posisi "STANDBY".

Kerusakan Mati Standby + Tidak Ada Raster pada Mesin TV Masda


Perbaikan Kerusakan Standby TV China Masda
Kerusakan Mati Standby - Mesin TV MASDA
Sebagaimana prosedur umum perbaikan yang kami terapkan adalah melakukan "Solder Ulang" pada seluruh titik kontak timah yang terlihat retak pada jalur PCB Mesin TV tersebut, hingga kami menemukan kerusakan pada sebuah IC DC LM 7809, karena ketika dilakukan pengecekan pada komponen ini, terukur tegangan sangat rendah (ketika tv sedang di hidupkan), terukur hanya sekitar 4 - 5V saja, yang seharusnya adalah 9V. Penggantian komponen ini segera kami lakukan, sehingga TV tersebut dapat Menyala kembali.

Catatan tambahan:
  1. Tegangan disini menggunakan DC 9V (LM 7809), lakukan penggantian komponen yang sama. (Tegangan harus tepat berada di 9V)
  2. Kami mencoba mengganti dengan Tegangan DC 8V (LM 7808), hasilnya: Televisi dapat Menyala, namun Gambar Siaran pada bagian bawah Layar Terlipat.
  3. Jika terpaksa menggunakan IC DC LM 7808, gunakan R 33 Ohm dan D 1N4148 (hubungkan keduanya) dengan R 33 Ohm ke kaki Tengah IC DC LM 7812 dan ujung Katoda D 1N4148 sambungkan ke Ground.
  4. Gejala yang muncul akibat kerusakan pada IC DC LM 7809 ini, antara lain: TV Mati pada posisi Standby, TV susah di hidupkan, Televisi terkadang Menyala/Mati sendiri terkadang dalam keadaan Standby, namun Heater/Filamen masih tetap Menyala.. meskipun pada Layar Gelap (jika Screen FBT dinaikan akan terlihat Garis Blanking Putih) dll.

Tidak Ada Raster Mesin TV Masda

Sekarang televis dapat Menyala kembali, namun yang mengherankan kami adalah: "Tidak ada Siaran yang dapat Tertangkap" karena "Tidak ada Raster" sama sekali, melainkan Layar Gelap/Hitam sebagaimana terlihat pada gambar di bawah ini:

Tidak dapat Menangkap Siaran TV China Masda
Tidak ada Raster
Hal ini sangat mengherankan, karena tidak ada komponen yang rusak sama sekali, bahkan kami sempat untuk mengganti Trafo IF dan IC LA 76818A, karena gejala ini hampir mirip dengan kerusakan terdahulu: Kerusakan TV China - HUA JIA - 29-Inch Tidak Ada Raster/Tidak dapat Menangkap Siaran.

Halaman selanjutnya: [Kerusakan Mati Standby + Tidak Ada Raster Mesin TV Masda (Bag. 2 - Habis)]

0 Komentar untuk "Kerusakan Mati Standby + Tidak Ada Raster Mesin TV Masda"

Back To Top