Agen Bola - Agen SBOBET
Custom Search

Kerusakan TV China - Muncul Garis Vertikal Di Tengah Layar






Kostum Pencarian by Google
Custom Search

Pada awalnya TV Sharp 21" yang sudah ganti Mesin dengan Mesin TV brand China ini adalah "Layar Gelap" namun terlihat "Bintik/Titik Kecil" tepat berada di Tengah Layar TV tersebut, sehingga kami memprediksi.. kemungkinan "Kabel Defleksi Vertikal serta Kabel Defleksi Horizontal terlepas dari rangkaian mesin tv tersebut, maka proses pengerjaan pun segera kami lakukan..

Perhatian kami langsung tertuju pada Yoke Defleksi-nya, ketika kami melakukan pengecekan tidak ada yang bermasalah pada Yoke Defleksi tersebut, terukur Normal (tidak putus / nilai resistansi) baik pada "Gulungan (kawat tembaga) Vertikal maupun Gulungan  (kawat tembaga) Horizontal", begitu pula Kabel sambungan Yoke Defleksi yang menuju Pin Vertikal/Horizontal Out di Mesin TV tersebut tidak ada yang terlepas (loss).

Perhatian kami sekarang berubah ke bagian Mesin di blok Vertikal dan blok Horizontalnya, yang memang terlihat sudah banyak "titik kontak timah" yang retak, sehingga perlu dilakukan "Solder Ulang" secara Menyeluruh. Dapat dipastikan televisi tersebut dipergunakan dalam waktu yang panjang, karena selain banyak sekali titik kontak timah retak, juga pada mesin terlihat sebagian sudah mulai menghitam.. terutama pada area Hot, seperti: Regulator Power Supply, Blok Horizontal Out, Blok Vertikal Amp dan Area Tegangan 5V / 8V serta pada PCB Socket di bawah kaki Tr RGB juga terlihat mulai menghitam.

Setelah selesai melakukan Solder Ulang, sekarang perhatian kami tertuju kembali ke komponen di blok Vertikal dan nampak jelas terlihat beberapa Elco sudah kembung, yaitu: 1000mF / 25V dan 470mF / 35V, setelah melakukan pergantian kedua komponen tersebut, sekarang kami coba ON-kan Televisi tersebut.. Yap! Televisi Menyala.. namun "Muncul Garis Vertikal Di Tengah Layar", sebagaimana terlihat pada gambar berikut di bawah ini:

Perbaikan Kerusakan Muncul Garis di Tengah Layar pada Mesin TV China
Kerusakan Muncul Garis Vertikal Di Tengah Layar TV
Kerusakan "Muncul Garis Vertikal Di Tengah Layar" Televisi sebagaimana terlihat pada gambar di atas, menandakan "Ada Permasalahan di blok Horizontal Out" nya...

Pengecekan kami lanjutkan dan akhirnya di temukan sebuah Kapasitor dengan Nilai 394 / 250V, yang sudah habis kapasitasnya (putus). Kapasitor ini merupakan jalur H2 (Horizontal Gnd) yang berfungsi yang menentukan Lebar Layar dan terhubung menuju Jalur Ground (GND)

Kerusakan Blok Horizontal Output Mesin TV China
Kapasitor H2 (Witdh) pada Mesin TV brand China
Kapasitor yang rusak tersebut merupakan jalur H2 Yoke Defleksi Horizontal. Kerusakan seperti ini nampaknya berbeda (Televisi masih dapat Menyala), jika dibandingkan dengan Kerusakan komponen Kapasitor yang terjadi di jalur H1 Kerusakan Kapasitor di jalur H1 ini akan menyebabkan TR HORIZONTAL kelebihan beban Tegangan, yang hanya beberapa saat kemudian TR Horizontal tersebut akan langsung Rusak/Terbakar.

Setelah melakukan penggantian komponen tersebut, Sekarang.. TV Sharp 21" yang sudah ganti Mesin dengan Mesin TV brand China ini sudah dapat berfungsi NORMAL kembali.


Agen Judi Bola Paling Terpercaya



Kategori Artikel : Catatan Reparasi TV

0 Komentar untuk "Kerusakan TV China - Muncul Garis Vertikal Di Tengah Layar"

Back To Top