Model dan Jenis Umum Transformator/Trafo - (Bag. 2)


Terjemahkan Halaman ini ke Bahasa..


Menyambung Informasi halaman terdahulu: ? Model dan Jenis Umum Transformator (Trafo), memang sangat beragam sekali baik Ukuran, Bentuk maupun untuk Penggunaan dari Transformator atau lebih sering disebut Trafo tersebut.

Jenis / Bentuk Trafo Inti Besi dan Trafo Inti Ferit


2 Model umum dari Trafo, yaitu: Trafo menggunakan Inti dari (serbuk) Batu Ferit (dan sejenisnya) dan Trafo menggunakan Inti Besi.

Bentuk Trafo Inti Besi
Trafo - Inti Besi 
Halaman Terkait: ? Cara Membuat Adaptor Sederhana (menggunakan Trafo 1 Ampere)

TORROIDAL TRAFO (Trafo Toroid / Trafo Donat)


Trafo menggunakan Inti Ferrite (serbuk batu ferit) digunakan pada banyak Perangkat Digital tidak terkecuali Televisi. Trafo jenis Modern ini Umum digunakan pada "Power Supply, Regulator, Adaptor ataupun Charger" dengan system rangkaian untuk Tegangan Otomatis (AC MATIC | AC 90 ~ 250V ).

Bentuk / Model Trafo Ferrite dan Besi untuk Regulator, Power Supply dan Adaptor
3 Model Trafo Listrik
Trafo Torroid adalah bentuk lain dari Trafo dengan Inti Ferit ini, umum digunakan untuk perangkat elektronik yang membutuhkan Daya Sedang (berkisar 0.5Amp - 40 Amp) seperti Power Amplifier, Power Inverter, untuk Komputer dll, sedangan Trafo Inti Ferit dengan bentuk sebagaimana Trafo pada umumnya, namun spesial dipergunakan untuk Perangkat Digital yang bekerja dengan System Tegangan otomatis (Switching AC Matic 90 ~ 250V), salah satu contohnya adalah: Power Supply Unit (PSU) untuk Perangkat Komputer Desktop (PC).

Trafo Inti Besi merupakan Trafo Konvensional dan umum dipergunakan untuk kebutuhan Perangkat Elektronik rumah tangga (Daya Rendah) dan Industri (Daya Tinggi - Listrik PLN). Trafo inti Besi memiliki tingkat panas tergantung beban perangkat yang digunakan, sedangkan Trafo inti Ferit tingkat disipasi panas di bebankan pada komponen akhir (final) dari rangkaian AC Automatic-nya , seperti pada rangkaian: Power Supply / Power Switching Regulator, Adapator maupun Charger yang menggunakan sistem rangkaian "Power switching AC Matic".

Ketiga Jenis Trafo Listrik ini (lihat gambar di atas), berfungsi sebagai Trafo Power Supply, Trafo dengan Inti Ferit (No. 1) merupakan Trafo "Power Switching Regulator" untuk TV dan Perangkat Digital lainnya, menggunakan komponen sistem: Power Switching Regulator / Auto Voltage (AC Automatic).

Torroidal Trafo berbentuk Bundar dengan Inti Ferrit berlubang di Tengah menyerupai Donat, oleh karena itu di kalangan Teknisi sering juga menyebutnya: Trafo Donat. Trafo Torroid (No. 2) ini berfungsi sama dengan Trafo Inti Besi (No. 3), yakni: menggunakan Tegangan  (Input) AC 220 ~ 240V | Output: 27V - CT (0V) - 27V. Setiap Trafo memiliki Tegangan dan Kuat Arus (Ampere) yang berbeda beda sesuai dengan Kebutuhannya.


0 Komentar untuk "Model dan Jenis Umum Transformator/Trafo - (Bag. 2)"


Back To Top