Kerusakan Mesin TV WCOM 14 - 21Inch - Gambar Siaran Kabur / Buram


Terjemahkan Halaman ini ke Bahasa..


DeepMechines Blog - Catatan Reparasi TV.  Mesin Televisi WCOM 14" - 21" sebenarnya memiliki kualitas yang lumayan bagus, dalam arti.. jika dalam penggunaan Standar (Mesin TV WCOM) memiliki ketahanan yang cukup baik, meski kalah dari segi Kualitas dengan pabrikan Jepang atau Korea umpamanya. Mesin Televisi brand China (yang umum di pasaran) dengan harga yang lebih murah dapat menjadi alternatif (penggantian Mesin TV), ketika Mesin Televisi Original (asli) sudah tidak/sulit diperbaiki lagi, akibat kerusakan yang terlalu parah ataupun di karenakan langka nya part/komponen pengganti, lihat selengkapnya halaman terkait: Pemasangan Baru Mesin TV WCOM/HUI JIA (mesin TV China) dan Beberapa Penyebab Kerusakan Power Supply pada Mesin TV China.

Permasalahan Kerusakan Gambar Siaran Kabur / Buram pada Mesin TV WCOM 14 - 21Inch


Sama seperti halnya kali ini.. Seorang Langganan kami membawa sebuah Televisi 14" merek SANYO, namun sudah ganti mesin menggunakan Mesin TV China Pasaran (WCOM), dengan keluhan Kerusakan "Televisi dapat Menyala, namun Gambar Siaran Kabur/Buram", dan kita semua mungkin sudah dapat memprediksi beberapa kemungkinan komponen yang rusak, yaitu: 1. Socket Tabung 2. Elco Filter untuk Tegangan "KATODA" +185V (berkisar 4.7 - 10mF / 250V) 3. Flyback (Screen / Focus)nya.

Kerusakan Mesin TV WCOM - Soket Tabung (Layar Buram/Kabur)
Mesin TV WCOM (14 - 21-Inc) - Kerusakan SOKET TABUNG & ELCO
Tepat seperti perkiraan, kami langsung mengganti "SOKET TABUNG" tersebut, setelah merasa ada yang tidak Normal pada Soket Tabung tersebut, yaitu: "Ketika kami memutar Maksimal Screen dan Focus pada Flyback", terdengar bunyi Kreeeet.. ! pertanda ada sambaran Tegangan Tinggi menuju Ground, akibat Kotor / Korosi antara Pin Tabung tersebut, sehingga menyebabkan Gambar Siaran pada Layar Televisi terlihat Kabur / Buram.

Komponen lain, yaitu: Elco 220mF/160V pada plastik pembungkus body terlihat mengerucut akibat panas yang terjadi pada komponen tersebut. Setelah melakukan penggantian 2 Komponen tersebut di atas, sekarang televisi sudah dapat Menyala Normal kembali.

Kerusakan Suara Cacat / Gambar Kabur - TV WCOM (14 - 21")
Mesin TV WCOM (14 - 21-Inc) - Kerusakan IC Suara (cacat)
Kerusakan yang terakhir adalah "Suara Siaran dapat Terdengar, namun ketika Volume di Naikan suara Cacat/Distorsi", hal ini mengejutkan kami.. karena selang beberapa Menit Televisi tersebut dihidupkan, tanpa sengaja kami menyentuh belakang Speaker TV terasa hangat.. betapa terkejutnya lagi.. ketika kami menyentuh IC Audio Amp (TDA 2003) terasa sangat panas sekali, pertanda IC TDA 2003 sudah cacat, penggantian komponen tersebut segera kami lakukan.

Selesai Perbaikan dan Kami Tunggu laporan Pemilik tersebut, dan Menyatakan Puas.. karena Televisi sudah dapat Menyala Normal dengan Gambar Siaran Terang dan Jelas sebagaimana mestinya.


0 Komentar untuk "Kerusakan Mesin TV WCOM 14 - 21Inch - Gambar Siaran Kabur / Buram"


Back To Top