Kerusakan Mesin TV (WCOM) - Muncul Garis Vertikal di Tengah Layar


Terjemahkan Halaman ini ke Bahasa..


Televisi dengan merek SANYO 21" ini, sudah ganti mesin dengan jenis TV China pasaran, Merek: WCOM 14" - 21", dan mengalami kerusakan "Televisi agak Lambat Menyala" namun setelah menyala, selang beberapa menit kemudian, Layar Televisi kemudian Menyempit kiri kanannya dan akhirnya cuma muncul 1 Garis saja memanjang dari atas ke bawah disertai ada bunyi cuitan pada Flyback, pada selanjutnya televisi tersebut "Mati Standby".

Kerusakan Muncul Garis Vertikal di Tengah Layar pada Mesin TV (WCOM)


Kerusakan Blok Horizontal Output TV China WCOM 14Inch - 21Inch
Kerusakan Muncul Garis Vertikal di tengah Layar (Mesin TV WCOM)
Jelas teramati bahwa kerusakan tersebut terjadi pada bagian/blok Horizontal Out, pengecekan kami lakukan langsung pada beberapa Kapasitor yang terdapat pada blok horizontal output tersebut, dan memang kami temukan sebuah Kapasitor berukuran: 394 / 250V, terukur setengah short (pengecekan manual menggunakan AVOmeter di skala OHM X10K), terlihat jarum pada AVOmeter tersebut bergerak sedikit naik, dan tidak kembali ke titik 0 (Nol) Ohm, yang berarti kapasitor tersebut sudah setengah short (tembus).

Kerusakan Blok Horizontal Out - Gambar Bergaris Vertikal
Mesin TV WCOM - Caps 394 / 250 - 400V (H-Ground / H - / H-Width)
Kapasitor tersebut terhubung ke Pin H-Ground (H- atau H2) yang berfungsi sebagai H-Width atau pula sebagai penentu "Ukuran Lebar Layar ", dengan cara mengganti dengan kapasitas yang berbeda.

Info tambahan:
Kode Angka ke 3 pada komponen kapasitor ini adalah penentu, contoh di atas: 394 = 390000 yang berarti: 390nF, sehingga untuk penggantian komponen ini di sarankan untuk tidak terlalu jauh dari kisaran angka tersebut. Kisaran 324 hingga 394 kemungkinan masih bisa di toleransi, tidak disarankan menggunakan diluar kisaran angka tersebut di atas. 
Perbaiakan Kerusakan Muncul Garis di Tengah Layar (Mesin TV WCOM)
TV Sanyo 21" ganti Mesin WCOM (Selesai Perbaikan)
Setelah melakukan beberapa tahap pengerjaan di atas, Televisi Sanyo 21-Inch yang sudah ganti Mesin dengan Mesin TV China WCOM dan mengalami Kerusakan Muncul Garis Vertikal di Tengah Layar ini sudah dapat dipergunakan kembali.


0 Komentar untuk "Kerusakan Mesin TV (WCOM) - Muncul Garis Vertikal di Tengah Layar"


Back To Top