Merakit Sendiri PC Desktop dengan Motherboard GIGABYTE (GA-H55M-S2)


Translate to Your Native Languange..!




Setiap orang bisa saja Merakit (rancang bangun) sendiri sebuah System Komputer, dengan sedikit mengenal komponen komponen yang sesuai (compatible parts) antar satu dengan yang lainnya. 3 Komponen yang paling krusial pada sebuah System Komputer adalah, MOTHERBOARD, PROSESOR dan RAM (Random Acces Memory), terkait 3 Komponen paling penting di sebuah system komputer, dapat dilihat pada halaman terdahulu:
  1. MOTHERBOARD: Mengenal 2 Model (Flatform) umum Motherboard, Fitur dan Spesifikasinya
  2. PROSESORIntel dan AMD Prosessor Platform
  3. RAM (Random Acces Memory)RAM (Random Acces Memory) untuk PC DesktopPenggunaan RAM pada PC (Desktop / Laptop).
3 Komponen Penting ini adalah sangat Krusial untuk Kinerja atupun Performa sebuah Perangkat Komputer, meski beberapa Komponen lainnya, yang dapat mempengaruhi Performa dan Kinerja Mesin Komputer ini, namun.. 3 Komponen ini, lagi lagi merupakan Faktor Kunci sebuah perangkat System Komputer.

Berikut Keterangan beserta Gambar, untuk Panduan Belajar Merakit Komputer (PC Desktop) menggunakan contoh Motherboard Gigabyte GA-H55M-S2 tersebut:

Belajar Merakit Sendiri System Komputer dengan Compatible Parts
Rancang Bangun PC Desktop - Motherboard Gigabyte GA-H55M-S2
Gambar di atas menunjukan 3 Komponen Utama pada sebuah Perangkat Komputer jenis PC Desktop. Perhatikan Kesesuaian antara Motherboard, Prosesor dan RAM (Random Acces Memory) yang akan digunakan, sebagai contoh:

MOTHERBOARD - GIGABYTE GA-H55M-S2: Motherboard jenis ini, kompatibel untuk Prosesor  Intel Core i3-540 3.06GHz sebagaimana di atas, Prosesor ini Support untuk RAM dengan Clock/Frequency: 1333MHz dengan Kapasitas yang disesuaikan dengan keperluan, ketika dicek pada situs resmi Intel, lihat halaman: (http://ark.intel.com/products/46473/Intel-Core-i3-540-Processor-4M-Cache-3_06-GHz), Prosesor ini support hingga 16GB RAM dengan Bus Clock: 1333MHz (dan yang kompatibel lainnya), pada Motherboard juga sudah support 2 Model RAM, yaitu: 1333MHz dan 1066MHz, jadi gunakan salah satunya.

Pemasangan Prosesor + Fans dan RAM pada Motherboard Gigabyte GA-H55M-S2

Pasangkan Prosesor + Fans dan RAM sebagaimana biasa..

Panduan Dasar Merakit Komputer - Memilih Komponen yang Sesuai
Belajar Merakit Sendiri Komputer Desktop menggunakan Motherboard GIGABYTE GA-H55M-S2
Sekarang RAM dan Prosesor telah terpasang, lanjutkan untuk pemasangan Kipas Prosesor (Fans), selanjutnya..

Pemasangan PSU (Power Supply Unit) dan Swich Panel pada Motherboard Gigabyte GA-H55M-S2

Setelah pemasangan Prosesor + Fans, Prosesor, RAM pada selanjutnya adalah Pemasangan PSU (Power Supply) dan Swich Panel depan untuk Power Swich | Reset Switch | Lampu Indikator: POWER dan HDD LED. Power Supply Unit (PSU) yang digunakan pada rancang bangun PC Desktop komputer kali ini adalah PSU ENlight 500W 80plus Bronze, Support untuk: Intel Core Duo & AMD Athlon 64 FX, dengan kata lain, PSU tersebut sudah sesuai dan dapat di andalkan untuk Pendorong Tenaga (Power) System Komputer yang menggunakan Prosesor Intel Core i3-540 3.06GHz sebagaimana tersebut di atas.

Panduan Dasar Merakit Komputer - Pemasangan PSU, HDD dan Kabel Panel,
Belajar Merakit Sendiri Komputer Desktop menggunakan Motherboard GIGABYTE GA-H55M-S2
Keterangan
  1. Tancapkan Kabel 20 + 4 Pin dari ATX PSU
  2. Tancapkan pula Kabel 4 Pin ATX 12V dari PSU
  3. Panel Depan: Power Switch (ON/OFF), Reset Switch, Indikator Power (Power LED), Indikator Hardisk (HDD LED)
  4. SATA Port - Hubungkan ke DVD/CD ROM/RW DRIVE dan HDD (Hardisk Drive)
  5. PCI-Express untuk VGA Eksternal
Catatan tambahan: Kode Panel Depan - PWR: Power Switch | RST: Reset Switch | LED PWR + / -: Lampu Indikator Power | IDE LED + / -: Lampu Indikator Hardisk

0 Komentar untuk "Merakit Sendiri PC Desktop dengan Motherboard GIGABYTE (GA-H55M-S2)"

Back To Top