Belajar Merakit Sendiri Adaptor Sederhana menggunakan Trafo 350mA (Bag. 2)


Terjemahkan Halaman ini ke Bahasa..


Pada halaman sebelumnya: Belajar Merakit Sendiri Adaptor Sederhana menggunakan Trafo 350mA (Bag. 1), Lilitan Primer dihubungkan langsung ke Jaringan Lisrik AC 220V, sedangkan Lilitan Sekunder adalah Tegangan Output yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan perangkat elektronik yang akan digunakan, lihat gambar di bawah:

Merakit Adaptor Sederhana,Petunjuk, Gambar, Komponen Lengkap
Trafo Engkel - 350mA (0.35 Ampere)
Tampak terlihat pada gambar, 7 Pin yang terdapat pada Trafo 350mA (0.35A) ini, yaitu: 0V | 3V | 4.5V | 6V7.5V | 9V | 12V. Tegangan tersebut masih berupa Tegangan Bolak Balik / AC (Alternating Current) maka untuk menjadikannya searah, diperlukan Penyearah Arus berupa Dioda dan Filter Tegangan berupa Electrolyte Condensator (elco), lihat gambar di bawah ini:

Belajar Merakit Adaptor Sederhana, Keterangan berserta Gambar Lengkap
Skema Penyearah Arus dan Filter Tegangan pada Rangkaian Adaptor Sederhana
Perhatikan Titik Biru pada gambar di atas, Switch Tegangan di maksudkan adalah meletakan pada Posisi Tengangan yang di inginkan, sebagai contoh: Pin 3V.. jika perangkat tersebut hanya membutuhkan DC 3 Volt saja, begitu juga dengan pin tegangan yang lainnya.

Halaman ini merupakan Halaman Tambahan untuk Pelengkap Informasi Rangkaian Adaptor Sederhana, beberapa Informasi terkait hal tersebut di  atas, lihat juga pada:

  1. Belajar Cara Membuat/Merakit Adaptor Sederhana
  2. Belajar Merakit Adaptor Sederhana dengan 4 Buah Dioda (Bridge Rectifier)
  3. Merakit Sendiri Adaptor 3 Output menggunakan IC DC 7815 dan 7915

0 Komentar untuk "Belajar Merakit Sendiri Adaptor Sederhana menggunakan Trafo 350mA (Bag. 2)"

Back To Top