Penggunaan RAM (Random Access Memory) pada PC (Desktop / Laptop)


Terjemahkan Halaman ini ke Bahasa..


DeepMechines blog - Pengenalan Dasar Hardware Komputer. Selain memilih Motherboard tentang Fitur dan Spesifikasi-nya, kemudian penggunaan Prosessor yang sesuai, maka komponen penting ketiga dari perangkat komputer adalah RAM (Random Access Memory)-nya, seberapa besar penggunaan RAM ini, bergantung dari Spesifikasi "Motherboard dan Prosesor" yang digunakan.

Pada halaman terdahulu: RAM (Random Access Memory) untuk PC (Personal Computer) Desktop, telah dijelaskan, bahwa ada beberapa jenis RAM yang umum digunakan untuk Komputer (Home / Office), yaitu: SDRAM, DDRAM 1, DDRAM 2 dan yang terbaru adalah DDRAM 3 atau sering disebut DDR3.

Penggunaan RAM pada perangkat Komputer rakitan harus disesuaikan dengan Spesifikasi Motherboard dan Prosesor sebagaimana tersebut di atas, yakni: Frekwensi / Clock (umum digunakan 1333MHz / 1600MHz), Jenis RAM: (Umum dipergunakan ini DDR2 (masih ada) dan DDR3 (sekarang), kedua hal ini penting untuk kesesuaian dengan "Motherboard dan Prosesor" yang akan digunakan, ketika kita ingin: Merakit Sendiri sebuah PC (Desktop Komputer).

Untuk dapat mengetahui spesifikasi Motherboard yang digunakan, maka kita dapat menuju ke website resmi vendor Motherboard tersebut.

Contoh Perakitan PC Desktop Komputer menggunakan Motherboard: ASUS M5A97 R2.0 AM3+ AMD 970
Motherboard: ASUS M5A97 R2.0 AM3+ AMD 970
Sebagai contoh pada Motherboard: ASUS M5A97 R2.0 AM3+ AMD 970, adalah sebuah Motherboard dengan Platform AMD (seri: AM3+), dengan spesifikasi dan compatible parts (komponen yang sesuai dipergunakan) adalah:

PROSESOR: bisa menggunakan AMD AM3+ FX™ / Phenom™ II / Athlon™ II / Sempron™ 100 Series Processors, artinya Support untuk beberapa model Prosesor tersebut di atas, anda bisa mendapatkan Spesifikasi lebih detil terkait Model Prosesor yang akan digunakan pada website resmi AMD.

Pada Website resmi AMD tersebut anda akan mendapatkan Informasi: Jenis dan Maksimal RAM yang sesuai digunakan untuk Prosesor dan Motherboard-nya, karena ketiga komponen ini saling terkait dan harus bersesuaian, agar system dapat bekerja sebagaimana mestinya.

Penggunaan RAM sesuai dengan Motherboard: ASUS M5A97 R2.0 AM3+ AMD 970
CORSAIR VENGEANCE - 8GB (2 x 4GB) 1600MHz DDR3 RAM
RAM (Random Access Memory: RAM merupakan komponen pengikut dari kedua perangkat Vital pada komputer tersebut, yaitu: MOTHERBOARD dan PROSESOR, sehingga pemilihan RAM harus disesuaikan dengan kebutuhan Motherboard dan Prosesornya.

Jika kita perhatikan pada halaman: Fitur Motherboard - ASUS M5A97 R2.0 AM3+ AMD 970 dengan Kompatibel Parts, kita mendapatkan keterangan bahwa Motherboard ini support dengan jenis RAM:
4 x DIMM, Dual-Channel Memory Architecture - DDR3 2133 (O.C.) / 1866 / 1600 / 1333 / 1066 MHz ECC, yang berarti: kita dapat memilih salah satu dari SERI: DDR3 RAM di atas, umpamanya DDR3 1600MHz dengan kapaitas RAM disesuaikan dengan Kebutuhan.

Pada halaman sebelumnya: Fitur Motherboard - ASUS M5A97 R2.0 AM3+ AMD 970 dengan Kompatibel Parts, kita juga mendapati informasi, bahwa Motherboard ini support dengan kapasitas RAM hingga mencapai 32GB, tergantung jenis Prosesor yang digunakan, oleh karena itulah maka diperlukan juga untuk mendapatkan spesifikasi lengkap di website resmi vendor terkait "PROSESOR" yang akan digunakan pada Motherboard tersebut di atas.

0 Komentar untuk "Penggunaan RAM (Random Access Memory) pada PC (Desktop / Laptop)"

Back To Top