Video Graphic Adapter (VGA) Internal/Eksternal - PC Desktop


Terjemahkan Halaman ini ke Bahasa..


Video Graphic Adapter (VGA) merupakan Perangkat pada Komputer untuk merubah Sinyal Digital menjadi Sinyal Gambar (video) yang dapat di tampilkan pada Layar Monitor. Pada umumnya VGA (Video Graphic Adapter) atau sering disebut VGA Card ini sudah Built-in pada setiap Motherboard, yakni sudah terintegrasi dengan Prosesor dan chipset VGA yang terdapat pada Motherboard tersebut.

Video Graphic (VGA) card yang terintegrasi dengan Chipset dan Prosesor pada Motherboard disebut juga dengan VGA Onboard ini memiliki Fitur Standar dan dapat dipergunakan untuk penggunaan Standar pada PC (personal computer).

Penjelasan VGA Onboard terintegrasi antara Chipset dan Prosesor di Motherboard
Video Graphic card (Internal/Onboard) terintgrasi pada Motherboard 
Terlihat pada gambar di atas, (A) merupakan sebuah Prosesor terintegrasi dengan (B) Chipset Video dan shared (berbagi memory) dengan RAM (Random Access Memory) terpasang pada Motherboad.

VGA Eksternal versi: 1.1 (DDR1 V-RAM)


Spesifikasi pada Motherboard tipe lama ini, menyebutkan bahwa: Standar penggunaan VGA onboard adalah 32MB dan Maksimum adalah 64MB V-RAM Size.

Pengenalan VGA Eksternal pada PC Desktop (Komputer)
VGA Eksternal - PCI-E Versi 1.2 (32MB - 64MB)
Motherboard tersebut sudah diperlengkapi dengan dengan slot AGP (Accelated Graphic Port) untuk Video Graphic External, support hingga 512MB V-RAM (tergantung dari Tipe dan Jenis Motherboard tsb), lihat gambar di atas kode hurup (C).

Pada VGA tipe tertentu, dapat di pasang menggunakan slot PCI yang tersedia pada Motherboard tersebut. 

VGA (Video Graphic Adapter) Eksternal ini memiliki Spesifikasi berbeda beda tergantung dari Support Motherboard dan Prosesor yang terpasang. Penggunaan VGA Eksternal ini untuk mempercepat Kinerja Grafis pada Komputer, karena menggunakan Prosesor Grafis dan Memori (RAM) tersendiri, dengan sendirinya dapat meningkatkan Performa PC (komputer) tersebut.

VGA Eksternal versi: 2.0 (DDR2 V-RAM)


VGA Eksternal menggunakan DDR2 V-RAM pada Jenis Motherboard yang support teknologi PCI-Express 2.0.

Pada gambar di bawah ini, menunjukan contoh: VGA Eksternal dengan 128MB dan 512MB V-RAM Graphic Card.

Pengenalan Hardware - VGA Eksternal pada PC Desktop (Komputer)
VGA Eksternal - PCI-E Versi 2.0 (128MB - 512MB)
Pada jenis Motherboard sekarang menggunakan Video Grafis, dengan Prosesor Gambar dan V-RAM lebih tinggi (DDR3 V-RAM), support untuk PCI-Express 3.0 dengan 1GB hingga 4GB DDR3 V-RAM size.

Penggunaan VGA Eksternal dengan Spek Tinggi ini, umumnya untuk penggunakan Komputer Desain Grafis, Gamer ataupun Video Editing, yang rata rata memelukan Kartu Grafis (VGA) yang lebih tinggi juga, adapun untuk penggunaan Aplikasi Standar dan Internet, tidak memerlukan Grafis yang terlalu tinggi, itu hanya berkisar 128MB - 256MB saja, meskipun begitu, sebuah PC dengan Kartu Grafis tinggi memungkinkan Perfoma komputer juga semakin baik, tentu saja ini harus di dukung pula dengan kualitas Motherboard, Prosesor, RAM (part/komponen) yang terpasang pada System Komputer tersebut.



0 Komentar untuk "Video Graphic Adapter (VGA) Internal/Eksternal - PC Desktop"


Back To Top