Kerusakan TV China (WCOM) - Gambar Siaran dominan Warna Kuning


Terjemahkan Halaman ini ke Bahasa..


Televisi yang mengalami Kerusakan kali ini adalah Televisi merek Sharp 14", namun sudah mengalami penggantian Mesin TV, dengan jenis Mesin TV WCOM (Mesin Televisi merek China, yang banyak beredar di pasaran), yakni dengan keluhan: Gambar Siaran dominan Warna Kuning. Meski mengalami kerusakan yang hampir serupa, lihat pada halaman terdahulu: Kerusakan Siaran Kadang Ada/Hilang TV Goldtech 14-Inch, yang mengalami juga Kerusakan Gambar Siaran dominan warna Merah, namun kali ini mengalami kerusakan komponen yang berbeda.

Kerusakan Gambar Siaran Warna Kekuningan pada TV menggunakan  China (WCOM) 


Perbaikan Kerusakan Mesin TV China WCOM - Gambar Siaran Dominan Warna Kuning
TV SHARP 14-Inch - Mesin TV China - Warna Dominan Kuning
Pada gambar di atas, terlihat Gambar Siaran dominan Berwarna Kuning,  yang mengindikasikan ada permasalahan pada bagian R/G/B atau bisa juga pada bagian Demodulator Warnanya (Chroma) dan/atau mungkin saja Tabung Gambar TV itu sendiri yang sudah antara 3 Katoda R/G/B nya.. berikut beberapa langkah pengecekan mesin yang kami lakukan pada Televisi tersebut:
  1. Melakukan Pembersihan pada Board (PCB) Mesin TV tersebut dengan Cairan Pembersih (di sini kami mempergunakan jenis Thinner A)
  2. Melakukan re-solder (solder ulang) pada seluruh "Titik Kontak" Timah, yang banyak terlihat retak retak akibat beban Panas yang terjadi pada Mesin Televisi tersebut.
  3. Pengecekan Jalur  R/G/B dari Mesin TV menuju PCB Soket Tabung - Kabel  R/G/B terhubung baik menuju PCB Soket Tabung..!
  4. Pengecekan Tegangan  R/G/B (+185V) - Terukur Normal..! (seluruh Tegangan ada pada ke 3 Collector Tr  R/G/B - C 4282, begitu juga pengecekan pada Tr C4282 - komponen ini terukur Normal.. !
Kerusakan Warna Gambar terlalu Kuning (Dominan warna Kuning)
TV Sharp 14" ganti Mesin TV WCOM - Kerusakan Gambar Dominan Warna Kuning
Pengamatan kami tertuju pada ke 3 Warna  R/G/B tesebut, warna Kuning adalah hasil Pencampuran warna MERAH dan HIJAU.. ya, tidak ada warna Biru yang tampil pada Layar Televisi tersebut, sehingga Gambar Siaran terlihat hanya warna Kuning, Merah dan Hijau, maka Fokus kami tertuju untuk melacak "Apa yang menjadi Penyebab warna Biru tidak Muncul pada Layar Televisi tersebut?", untuk menghilangkan keraguan, maka kami mengganti IC Chroma LA 76810A, namun tidak ada perubahan.. Gambar Siaran TETAP dominan Warna Kuning.

Letak Kerusakan Komponen  Warna Gambar dominan Berwarna Kuning
Mesin TV WCOM - Kerusakan Gambar Siaran dominan Warna Kuning
Penelusuran kami terhenti, ketika pengecekan R-Out (1.5V - 2V), G-Out (1.5V - 2V) dan untuk B-Out terukur hampir 4V ..!, menggunakan Multimeter pada Skala DC 12V di IC Chroma (LA 76810A), melalui Kabel menuju Resistor 100 Ohm ke Basis Tr C4282 untuk KATODA (B), Resistor dengan nilai 100 Ohm tersebut sudah Rusak/Putus, sebagaimana kita ketahui di sana ada 3 Resistor 100 Ohm, salah satunya yang menuju Tr C4282 untuk KATODA warna BIRU (B) sudah rusak/putus, berikut (pada gambar di bawah) letak/posisi R 100 Ohm yang rusak tersebut:

Perbaikan Kerusakan Dominan Warna Kuning pada Gambar Siaran TV Sharp 14-Inch ganti Mesin TV China
TV Sharp 14" ganti Mesin WCOM 
Sebagaimana langkah Pengerjaan di atas, sekarang TV Sharp yang sudah berganti Mesin WCOM dengan Kerusakan Gambar Siaran dominan Warna Kuning, sudah dapat berfungsi Normal kembali.



0 Komentar untuk "Kerusakan TV China (WCOM) - Gambar Siaran dominan Warna Kuning"


Back To Top