Kerusakan TV SANYO 21-Inch - Regulator Power Supply Bermasalah


Translate to Your Native Languange..!




Tidak sempat tercatatat, baik Seri maupun Model dari TV SANYO 21" tersebut, namun kali ini kami Informasikan, bahwa TV tersebut di datangkan ke tempat kami dengan keluhan: Kerusakan Mati Total dan sudah cukup lama di diamkan, hingga sekarang.. berniat untuk di perbaiki kembali.. begitu tutur Pemilik Televisi tersebut.

Perbaikan Kerusakan Power Supply Regulator yang Bermasalah pada TV SANYO 21-Inch


Memang cukup meprihatinkan kondisi Mesin TV tersebut, selain sudah sangat Kotor (akibat debu dan serbuk kayu yang menumpuk), namun sebagian komponen dan jalur PCB tersebut juga sebagian sudah berkarat berwarna Kecoklatan.. dan lagi beberapa komponen sudah tidak bisa terdeteksi lagi, karena sudah di lepas dan diganti komponen yang sudah tidak kami ketahui lagi, berapa nilai/ukuran yang sebenarnya.. namun kami coba saja perbaiki sebisa mungkin dengan tidak melakukan "Penggantian Mesin TV (China) Baru", karena keterbatasan Dana dari Pemilik televisi tersebut..

Perbaikan Kerusakan Mati Total TV SANYO 21"
Printed Circuit Board (PCB) Mesin TV SANYO 21"

Pengecekan Power Supply Regulator, rangkaian ini tidak Normal, Tidak ada Tegangan Output sama sekali dan lagi Tegangan Tinggi (pada Elco 220mF/400V) masih tersimpan, sehingga berkali kali (ketika melakukan percobaan) harus membuang tegangan Listrik tersebut mempergunakan perangkat listik lain (seperti: Kipas Angin listrik dan yang sejenisnya), agar aman dari terkena kejutan listrik dari Power Supply tersebut.

Pengecekan kami terhenti, ketika mendapatkan pada kaki Kolektor (C) C1408 (tr driver power supply) tidak ada Tegangan sama sekali, dan mendapatkan sebuah Resistor (R) yang sudah putus/rusak, bernilai: 15K Ohm terhubung ke +DC 300V.

Kerusakan Power Supply Regulator TV SANYO 21-Inch - Mati Total
Kerusakan TV SANYO 21-Inch - Regulator Power Supply Bermasalah
Telihat pada Gambar di atas, Komponen Resistor (R) 15K Ohm yang rusak/putus, di beri tanda Lingkaran berwarna Merah, berada pada blog"Power Regulator" di mesin TV SANYO 21" tersebut.

Kerusakan lain dari TV SANYO ini dapat dilihat pada halaman: TV SANYO 14-Inc (G14SP1N) - Kerusakan Mati Total / Standby dan Kerusakan TV SANYO 21-Inch, Model CG21SF 1T - Gambar Siaran Cacat/Menyempit Vertikal (Atas dan Bawah).

Selesai Perbaikan Mati Total - TV SANYO 21"
TV SANYO 21-Inch, Seri: ? dan Model: ? 
Setelah melakukan Penggantian komponen, sebagaimana tersebut di atas, sekarang TV SANYO 21-Inch  yang Mati Total akibat Regulator Power Supply Bermasalah, sudah siap di pergunakan Kembali.

0 Komentar untuk "Kerusakan TV SANYO 21-Inch - Regulator Power Supply Bermasalah"

Back To Top