Tegangan HV Flyback Bocor, Mesin TV Hangus Terbakar


Translate to Your Native Languange..!




System Proteksi pada Mesin Televisi, berfungsi sebagai Keamanan agar tidak terjadi Kerusakan lebih Lanjut (fatal) pada Mesin TV tersebut. Penggantian dengan Komponen Standar juga perlu di perhatikan (ketika terjadi kerusakan) untuk mencegah sesuatu hal yang tidak di inginkan, namun yang terlebih penting adalah Kondisi komponen yang terpasang pada rangkaian Mesin Televisi, agar faktor Keamanan Pengguna juga terpenuhi.

Kali ini kami menemukan kasus Kerusakan, di mana Mesin Televisi Hangus Terbakar, akibat Bocornya Tegangan Tinggi (HV) pada Flyback (FBT), namun tentu saja.. kerusakan seperti ini sudah tidak dapat di perbaiki lagi, sebagaimana terlihat pada gambar berikut di bawah ini:

Kerusakan Fatal, Mesin TV Hangus Terbakar akibat Kebocoran Tegangan Tinggi (HV) pada Flyback


Mesin TV Terbakar Gosong Akibat Bocornya Tegangan HV Flyback
Mesin TV Hangus Terbakar akibat Semburan Tegangan HV Bocor pada Flyback
Kejadian sebagaimana Tegangan HV Flyback Bocor, Mesin TV China Hangus Terbakar, seharusnya tidak boleh terjadi, karena sangat membahayakan dan dapat menjadi penyebab Kebakaran.

Pada Mesin TV komponen yang berada di sekitar Flyback terlihat Gosong, Televisi tersebut berukuran 29-inch, masih Original (merek asli), namun menurut perkiraan kami, terjadi Kebocoran Tegangan Tinggi (HV) pada Flyback (FBT)nya, namun televisi tersebut masih di paksa untuk di operasikan, akibatnya.. semburan Tegangan Tinggi (HV) menyambar ke komponen terdekat, sehingga berpijar dan menibulkan bunga api yang menghanguskan sebagian Mesin dan Komponen pada Televisi sebagaimana tersebut di atas..

Kesimpulan:
  1. Hati hati dalam penggunaan Part, terutama pada blok Horizontal Outputnya, pernah saya menemukan, kerusakan Fatal karena Leher Tabung Retak, karena Tabung mendapatkan Tegangan yang melebihi Kapasitas, hal ini disebabkan TR Horizontal terpasang Double (mungkin hal ini di maksudkan untuk memperkuat Tr Horizontal agar tidak rusak lagi), namun Efeknya lebih Fatal lagi sebagaimana tersebut di atas, jadi.. sebaiknya gunakan part (komponen) standar.
  2. Flyback (FBT) yang bocor masih bisa di pergunakan dengan cara menambal dengan Lem Super (seperti: Lem Besi / Kayu dan sejenisnya), namun sebaiknya.. segera ganti dengan yang baru ataupun dengan part bekas TV yang lain, namun harus di pastikan Flyback tersebut masih benar benar dalam kondisi bagus, untuk menghindari sesuatu hal yang tidak di inginkan, sebagaimana yang terjadi hal tersebut di atas.

0 Komentar untuk "Tegangan HV Flyback Bocor, Mesin TV Hangus Terbakar"

Back To Top