Terimbas Petir, TV AKARI 21-Inch (IC-21F37) Mati Total


Translate to Your Native Languange..!




TV AKARI 21-Inch dengan Model: IC-21F37 ini, di datangkan ke tempat kami dengan keluhan: MATI TOTAL akibat PETIR, menurut Penuturan Pemilik Televisi tersebut: "Televisi ini langsung Mati Total, ketika terjadi Kilatan Petir.. padahal pada waktu itu Televisi dalam kondisi sedang Menyala", pemilik televisi  itupun sudah pasrah dan menyadari resiko, bahwa: jika ternyata televisi tersebut, mengalami kerusakan parah, maka tidak ada Alternatif lain, kecuali mengganti Mesin dengan Mesin TV China yang banyak beredar di Pasaran..

Kamipun meminta agar Televisi AKARI 21-Inch (IC-21F37) yang mengalami Kerusakan Mati Total akibat terkena Petir ini, untuk di tinggal dahulu, karena.. kerusakan terkena/tersambar/terimbas Kilatan Petir, pada umumnya akan mengalami kerusakan yang cukup dalam, maksud saya.. kerusakan ini cukup sulit diperbaiki, kurang lebihnya begitu.. Pemilik televisi tersebut pun Menyetujuinya..

Perbaikan Kerusakan Terimbas Petir dan Mati Total pada TV AKARI 21-Inch (IC-21F37)


Perbaikan Kerusakan TV AKARI 21-Inch (IC-21F37) - Mati Total terimbas Petir
Mesin TV AKARI 21-Inch (IC-21F37) - Mati Total
Setelah selesai mengerjakan beberapa pekerjaan lain, saatnya kami melakukan pengerjaan TV AKARI 21-Inch (IC-21F37), yang mengalami Kerusakan Mati Total akibat terimbas Kilatan Petir ini, Pengecekan pertama kami lakukan adalah bagian: Regulator Power Supply dengan langkah sebagai  berikut:
  1. Memastikan Tegangan Short pada bagian Regulator Power Supply, dengan cara mengecek rangkaian Dioda Bridge Rect (4 x Dioda) untuk Tegangan DC 300V di Power Supply tersebut, rangkaian ini Normal, tidak ada Dioda yang short.. terbukti ketika televisi di hidupkan, tegangan pada Elco 220mF/400V masih ada sekitar 300V (DC), yang menandakan bahwa: ada kerusakan di tingkat atasnya, ya.. rangkaian regulator power supply ini menggunakan STR DD43AP.
  2. Untuk mempersingkat proses Pengerjaan dan Analisa kerusakan selanjuutnya, maka kami mempergunakan "Power Switching Gacun", untuk pemasangannya dapat dilihat pada halaman: Cara Pasang Gacun Power Switching pada Perangkat Televisi (TV).
Perbaikan Kerusakan Terimbas Petir TV AKARI 21-Inch (IC-21F37)
Kerusakan Power Supply Regulator TV Akari 21" Model: IC-21F37 akibat Kilat/Petir
Ya.. setelah melakukan pemasangan Power Switching (pengganti) Gacun, Televisi  Merek: AKARI 21-Inch Model: IC-21F37, dapat Menyala Normal, dan kami berkesimpulan Televisi tersebut terkena Imbas Petir melalui jaringan Listrik, kali ini tidak mngalami kerusakan yang terlalu parah, sebagaimana yang lain, karena kami memiliki 1 buah Mesin TV AKARI 21" yang sama persis, baik Seri maupun Model benar benar sama, tapi sudah tidak dapat diperbaiki lagi karena mengalami kerusakan yang cukup parah, akibat tersambar Petir/Kilat sebagaimana tersebut di atas..

Perbaikan Kerusakan Tersambar Petir/Kilat  TV AKARI 21-Inch, Seri: GRACIA, Model: IC-21F37
TV AKARI 21-Inch, Seri: GRACIA, Model: IC-21F37
Kali ini kami terpaksa mempergunakan Power Switching Gacun untuk menggantikan Power Supply Regulator bawaan Televisi tersebut, untuk mempercepat Proses Penyelesaian.

Setelah melakukan Ujicoba selama beberapa jam, TV AKARI 21-Inch, Seri: GRACIA, Model: IC-21F37 yang mengalami Kerusakan Mati Total akibat Terkena Imbas Kilat/Petir ini sudah beroperasi Normal kembali, sekaligus mengamati tingkat Panas yang terjadi pada Mesin TV tersebut, Panas Normal sebagaimana biasa, dan itu cukup Meyakinkan kami Televisi ini dapat di pergunakan dalam waktu cukup lama (tidak cepat rusak lagi), Semoga... 

0 Komentar untuk "Terimbas Petir, TV AKARI 21-Inch (IC-21F37) Mati Total"

Back To Top