TV Sharp 14-Inch (Model: 14A20MS) - Kerusakan Standby/Protek


Terjemahkan Halaman ini ke Bahasa..


TV SHARP memang sudah dikenal mempunyai System yang Terproteksi apabila terjadi perubahan Nilai dan Kapasitas (lebih tinggi atau lebih rendah dari yang seharusnya) komponen pada Mesin Televisi tersebut. System ini disebut dengan Protect, untuk mencegah kerusakan lebih lanjut pada komponen yang terdapat pada perangkat televisi, sehingga system secara otomatis akan mematikan  perangkat (televisi) tersebut.

Kerusakan Standby/Protek pada TV Sharp 14-Inch (Model: 14A20MS)


System Proteksi ini terdapat juga pada Jenis, Model dan Brand TV lainnya, seperti: LG, Panasonic, Polytron, Sanyo, Toshiba dll, yang masih menggunakan Layar Tabung hampa udara ini. Karena begitu kompleksnya system proteksi ini, kami sendiripun, terkadang masih cukup kesulitan, yang mana.. apabila menemukan sebuah kasus baru kerusakan protek pada perangkat televisi, yang belum pernah kami tangani sebelumnya.

Cara Mengatasi Kerusakan Protek TV Sharp 14" 14A20MS
TV Sharp 14" Model: 14A20MS - AMOR message series
Kali ini kami mendapati kasus kerusakan televisi yang tidak terlalu parah, pada sebuah produk televisi dengan merek: Sharp 14-Inch dengan Model: 14A20MS, dengan keluhan: Televisi Menyala sebentar kemudian Mati lagi pada Posisi Standby.

Tahap Pengerjaan pada Perbaikan Kerusakan Standby/Protek TV Sharp 14-Inch (Model: 14A20MS)


Berdasarkan keterangan tersebut diatas, kami berpendapat, bahwa: mungkin terjadi perubahan Nilai pada komponennya, mungkin juga ada kerusakan pada blok Vertikal ataupun blok lainnya, berikut langkah sederhana yang kami lakukan:

Perbaikan dan Mengatasi Kerusakan Protek pada TV Sharp Amor 14A20MS
Papan Mesin (PCB) TV Sharp 14" Model: 14A20MS.
  • Periksa semua titik kontak timah pada bagian bawah mesin (PCB) tersebut, kemudian lakukan solder ulang, dimana titik kontak dicurigai ada yang terlepas (lost contact), setelah yakin, sudah titik kontak yang terlepas, periksa lagi dengan cermat, apakah setelah melakukan solder ulang tersebut, ada titik yang short (ada hubungan pendek ke komponen lain), kemudian bersihkan dengan cairan pembersih, seperti: Thinner dan yang sejenisnya.
  • Melakukan Pengecekan (dengan AVOmeter), pada beberapa kemungkinan ada komponen yang masih bermasalah, seperti bagian (blok) Vertikal dan Horizontalnya, apabila sudah yakin tidak ada yang bermasalah, coba hidupkan perangkat televisi, dan lihat apakah ada perubahan sesudah melakukan beberapa langkah diatas.
Pada kasus ini, tenyata kami menemukan penyebab kerusakan televisi dengan keluhan:  Televisi Menyala sebentar, kemudian Mati lagi (Standby) tersebut, yaitu: Elco dengan kapasitas 100mF/160V, ternyata sudah rusak, dan dapat diketahui, ketika komponen tersebut, didorong/digerak-gerakan dengan telunjuk, terasa komponen agak goyang-goyang (kayak goyang inul.. hehe, tapi itu dulu ;) ), setelah komponen ini diangkat dari mesin, terlihat salah satu kaki pada komponen ini sudah ada yang terlepas (putus).

Penanganan Kerusakan TV Sharp 14" Model 14A20MS - Penggantian Komponen
Penggantian komponen pada mesin TV Sharp 14" Model: 14A20MS
    Lakukan penggantian komponen elco tersebut. Gambar diatas menunjukan komponen pengganti 220mF/160V menggantikan elco 100mF/160V (yang di pegang/di tangan).

    Kerusakan Protek pada TV Sharp 14" Model 14A20MS - Selesai Diperbaiki
    TV Sharp 14-Inch -  Model: 14A20MS - AMOR message series
    Setelah penggantian komponen tersebut, Perangkat Televisi sudah dapat Menyala dengan Normal kembali.

    Demikian, secara ringkas, ketika kami menemukan kasus Kerusakan Mati Total pada Posisi Standby, TV SHARP 14-Inch dengan Model: 14A20MS sebagaimana informasi tersebut di atas. Kerusakan yang hampir serupa terjadi, namun dengan penganan kerusakan yang berbeda, dapat juga di lihat pada halaman: Kerusakan Standby/Mati Sendiri pada TV SHARP (Slim) 29-Inch.



    0 Komentar untuk "TV Sharp 14-Inch (Model: 14A20MS) - Kerusakan Standby/Protek "

    Kami Mohon Maaf..! beberapa Komentar tidak sempat kami Jawab, karena terjadi gangguan pada "Form Komentar" blog ini..

    Beberapa langkah Perbaikan telah Kami lakukan, namun hingga saat ini msh belum Berhasil kami perbaiki,


    Back To Top