Kerusakan TV China - Eeprom Error, Siaran tidak Terkunci, Tidak ada Warna (Bag. 2 - Habis)


Terjemahkan Halaman ini ke Bahasa..


Menyambung halaman sebelumnya: Kerusakan TV China - Eeprom Error, Siaran tidak Terkunci, Tidak ada Warna (Bag. 1), Televisi sekarang dapat Menyala, namun Siaran tidak dapat Tersimpan, dan lagi Warna terlihat terlihat kehijau hijauan mengarah ke warna Kuning, meskipun pengaturan System Warna di rubah dari NTSC ke PAL/Auto, kerusakan ini menjadi semakin kompleks mungkin di akibatkan karena TV tersebut terlalu sering digetok getok, sehingga berimbas juga pada komponen lainnya..

Perlu diketahui juga, bahwa: Sebelumnya (terlebih dahulu) Kami melakukan Penggantian Flyback, karena Bias Tegangan Tinggi pada Flyback tersebut sudah cukup mengkhawatirkan (ini disertai Bunyi & Semburan Tegangan Tinggi, terlihat sambaran/percikan (bias) Tegangan Tinggi keluar dari Tudung Anoda, menjalar jalar di sekitar Anoda Tabung TV). Penggantian Flyback dan Membersihkan Area Anoda Tabung TV kami lakukan, sehingga Bias/Percikan Tegangan Tinggi sudah terlihat Normal kembali (tidak ada semburan Tegangan Tinggi lagi, yang keluar dari Tudung Karet Flyback).

Kerusakan TV China - Eeprom Error, Siaran tidak Terkunci, Tidak ada Warna (Bag. 2 - Habis)


Tidak Ada Warna pada TV brand China (PENSONIK) - Warna tidak Normal
Mesin TV PENSONIK - Warna Gambar Tidak Normal

Langkah: Melakukan Solder Ulang, Penggantian Elco/Flyback, sekarang Televisi tersebut sudah dapat Menyala, dengan Siaran/Program TV tidak dapat Tersimpan (penggantian Eeprom, untuk saat ini abaikan saja), Fokus kami sekarang pada: Pengecekan blok System Warna (Chroma)-nya.

Langkah Perbaikan selanjutnya: Warna tidak Normal (TV PENSONIK/TV brand CHINA)


  • Pengecekan seksama kami lakukan pada blok Chroma TV, perhatian kami terfokus pada "CRYSTAL 4.43MHz" karena komponen ini sering jadi permasalahan (terutama ketika terjadi kerusakan Warna tidak Normal pada Televisi, selain dari permasalahan IC Croma TV itu sendiri) meski komponen ini sangat jarang sekali rusak secara Teknis, melainkan hanya Faktor Eksternal saja, seperti: Berkarat akibat terkena Lembab dan sebab lainnya , terlihat komponen di blok Chroma ini, sebagian memang berkarat, penggantian kami lakukan pada komponen ini, lihat bentuk/letak/posisi Crystal 4.43MHz tersebut pada gambar di atas.

Setelah melakukan penggantian komponen Kristal 4.43MHz sebagaimana tersebut di atas, sekarang Televisi brand China PENSONIK dengan keluhan Kerusakan Eeprom Error, Siaran tidak Terkunci, Tidak ada/Warna tidak Normal ini, sudah dapat berfungsi Normal kembali..

Perbaikan Kerusakan Mati Total/Warna tidak Normal/Siaran tidak Terkunci TV CHINA (PENSONIK)
TV PENSONIK 15" - Selesai Perbaikan
Mohon Maaf jika kami berpanjang lebar, adalah tidak lain agar dapat lebih dimengerti, sehingga kasus kerusakan seperti ini, jangan sampai terlalu banyak menghabiskan waktu kita, karena waktu adalah sangat berharga bagi kita semua, Selamat Beraktifitas dan Salam.. ;)



 

πŸ“‘About us | ☎ Contact us | πŸ“£ Privacy Policy | πŸ“ Term of Service