Sistem Pertahanan (Immunity) / Kekebalan (Antibody) pada Tubuh Manusia terhadap Penyakit


Halaman sebelumnya: Mekanisme Kinerja dan Fungsi Tangan pada Manusia

Tubuh manusia dikelilingi banyak musuh dan ancaman. Musuh itu adalah bakteri, virus, dan berbagai mikro organisme lainnya. Mereka ada di mana-mana: di udara yang kita hirup, air yang kita minum, makanan yang kita makan, dan lingkungan yang kita huni

Yang tidak disadari oleh kebanyakan orang adalah bahwa tubuh manusia juga memiliki sistem pertahanan tangguh yang bertempur melawan musuh / penyakit yang datang dari luar dan dalam tubuh manusia. Sistem Pertahanan itu serupa dengan Angkatan Bersenjata dalam tubuh itu disebut sistem Kekebalan tubuh (antibody/immunity). Sistem ini terdiri atas banyak “petugas” dan “tentara” dengan tugas yang berbeda-beda, terlatih secara khusus, menggunakan teknologi canggih, dan bertempur dengan senjata konvensional serta senjata kimia.

Sistem Pertahanan (Immunity) / Kekebalan (Antibody) pada Tubuh Manusia terhadap Penyakit

Setiap hari, bahkan setiap menit, terjadi pertempuran abadi antara sistem kekebalan tubuh dan pasukan musuh, tetapi kita tidak menyadarinya. Pertempuran ini bisa berupa pertempuran kecil-kecilan dan lokal, juga bisa peperangan pada sekujur tubuh kita. Peperangan ini biasa kita sebut Penyakit.

Garis besar strategi peperangan ini hampir tidak pernah berubah. Pihak musuh berupaya mengelabui lawannya dengan menyamar saat menyerang ke dalam tubuh. Tubuh kita menugaskan pasukan penyelidik terlatih untuk mengenali musuh. Setelah musuh dikenali, diproduksilah senjata yang tepat untuk memusnahkan mereka. Kemudian, terjadilah pertempuran jarak dekat, kekalahan pihak musuh, gencatan senjata, dan pembersihan medan pertempuran. Langkah terakhir adalah penyimpanan semua data dan informasi tentang musuh sebagai pencegahan terhadap kemungkinan serangan selanjutnya….
Halaman Selanjutnya: 

Kategori: 

Referensi

Related Posts

Sistem Pertahanan (Immunity) / Kekebalan (Antibody) pada Tubuh Manusia terhadap Penyakit
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.