Kerusakan Menyala sebentar lalu Standby (TV Polytron 21 Inch - Nicam & Zweiton Stereo) - ((Hal 16)


Halaman Sebelumnya

Sebenarnya sudah cukup banyak posting kami tentang: Kerusakan TV merek Polytron ini, pada beberapa postingan terdahulu. Untuk memudahkan berikut kami berikan beberapa referensinya:
Kerusakan TV Polytron dengan Model / Jenis TV sama pernah juga kami muat di: Kerusakan TV Polytron 21-Inch (PN 20125) - Standby, Kadang Menyala, Lampu Indikator Berkedip, namun kali ini yang cukup menyulitkan adalah; Lost Contact di bagian "Driver" Horizontalnya, berikut penjelasannya:

Kerusakan Menyala sebentar lalu Standby (TV Polytron 21 Inch - Type: 20125 - Nicam & Zweiton Stereo)

Keluhan: TELEVISI (TV) dapat MENYALA ketika di On-kan, namun dalam tenggang waktu yang tidak lama (5 - 15 Menit), kemudian televisi tersebut Mati pada posisi: STANDBY
Kerusakan Terkang Menyala, Mati Standby V Polytron 21 - Type: 20125
TV Polytron 21 - Type: 20125 - Nicam & Zweiton Stereo (Mesin)
Mengenai komponen Utama dari perangkat televisi ini sudah kami muat di halaman: Kerusakan TV Polytron 21-Inch (PN 20125) - Standby, Kadang Menyala, Lampu Indikator Berkedip tsb dengan keluhan serupa, namun lampu Indikatornya tetap menyala Merah (tidak berkedip kedip) pertanda mesin televisi tersebut berada pada posisi STANDBY.

Kerusakan seperti ini sering di akibatkan oleh: Mengeringnya / Berkurangnya cairan Elektrolit pada Elco Tegangan Tinggi (200mF / 400V) di bagian regulator "Power Supply", hal ini akan mengakibatkan elco tsb menjadi Panas dan pada akhirnya dapat mengakibatkan kebocoran pada komponen tersebut, hal ini terjadi juga pada kasus kerusakan TV Polytron 21" kali ini, terbukti komponen elco tegangan tersebut mengalami kebocoran di bagian bawahnya.

Penanganan: Kerusakan Menyala sebentar lalu Standby (TV Polytron 21 Inch - Nicam & Zweiton Stereo)

Setelah mengganti komponen elco tegangan tinggi (200 - 220mF / 400 - 450V), kemudian kami melakukan uji coba untuk menghidupkan televisi tsb, sekarang televisi dapat menyala lebih lama (1 - 2-jam lebih), namun dalam selang waktu itu, setidaknya ada 2 kali mengalami "Mati Standby", kami juga telah melakukan beberapa elco lain yang terasa panas ketika di sentuh dengan ujung jari, begitu juga untuk "Pengecekan Tegangan" Utama terukur NORMAL..!, hal seperti ini yang sering membuat TEKNISI yang cukup berpengalaman sekalipun agak kesulitan mem-blok area kerusakan yang sebenarnya.

Kerusakan seperti ini seolah olah terlihat kompleks dan sulit diperbaiki, namun kerusakan yang sebenarnya terkadang di akibatkan oleh hal yang sepele, yaitu: LOST CONTACT umpamanya, dan inilah yang terjadi pada perangkat Televisi merek POLYTRON dengan Tipe: PN 20125 ini..
TV POLYTRON 21 (PN 20125) Terkadang Mati / Menyala Sendiri
TV Polytron 21 - Type: 20125 - Nicam & Zweiton Stereo (Mesin)
Kerusakan sebagaimana kami sebutkan di atas, akhirnya berhasil kami termukan adalah sebagaimana di atas, yaitu:.. "Jumper" yang menuju ke: BASE (B) kaki Transistor Horizontal, kami cukup sulit menggambarkan kepada anda, Titik kontak tersebut telihat Normal, namun entah kenapa ketika kami melakukan pengecekan, jalur ini telepas.. sehingga jarum Tester terlihat tidak bergerak, dan inilah.. ternyata yang menjadi penyebabnya: Kerusakan Menyala sebentar lalu Standby padaTV Polytron 21 Inch - Nicam & Zweiton Stereo tsb.
TV POLYTRON 21 (PN 20125) Terkadang Mati / Menyala Sendiri
TV Polytron 21 - Type: 20125 - Nicam & Zweiton Stereo
Setelah melakukan "Solder Ulang" pada "Titik Kontak" sebagaimana telah kami sebutkan di atas, sekarang "Televisi Polytron 21" seri: Nicam & Zweiton Stereo" ini sudah dapat berfungsi NORMAL kembali.. Semoga dapat menjadi referensi bagi anda yang menemukan kasus kerusakan serupa.

Halaman Selanjutnya

Related Posts

Kerusakan Menyala sebentar lalu Standby (TV Polytron 21 Inch - Nicam & Zweiton Stereo) - ((Hal 16)
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.