Blok IC Chroma (Jungle) pada TV Berwarna (Hal 15)


Terjemahkan Halaman ini ke Bahasa..

Halaman Sebelumnya


Gambaran Rangkaian Tuner, RF, Demodulator Warna pada Blok IC Chroma / Jungle

Pada Gambar di atas menunjukan bahwa Blok yang tertutup menggunakan seng tersebut terdapat sebuah IC Chroma. Penggunaan penutup dari seng tersebut adalah untuk mencegah sinyal sinyal liar pada mesin tersebut, sehingga tidak menggangu/mempengaruhi pada penerimaan Gambar, Suara dan Warna yang di proses pada rangkaian/blok IC Chroma. Pada mesin jenis TV keluaran sekarang, umumnya sudah tidak menggunakan penutup sebagaimana jenis TV keluaran terdahulu.


IC Chroma tersebut mempunyai daya kerja yang kompleks karena hampir seluruh kinerja penghasil "Gambar, Suara dan Warna" pada mesin Televisi di proses pada rangkaian/blok IC Chroma ini.

Kerusakan Umum pada Blok IC Chroma (Jungle)

Kerusakan pada IC Chroma tersebut sangat banyak sekali, antara lain:

  • Kerusakan pada bagian IF/RF menyebabkan: Tidak ada Siaran, Daya Tangkap siaran Lemah, dan lain-lainya yang berhubungan dengan "Daya tangkap Siaran".
  • Kerusakan pada bagian OSC H/V (Horizontal/Vertikal) menyebabkan "Gangguan Gambar" pada layar, Kerusakan "Osc Horizontal" menyebabkan "TV mati total", sedangkan kerusakan pada "Osc Vertikal" akan menyebabkan "Gambar bergaris membentang di tengah Layar kiri/kanan".
  • Kerusakan Demodulator Warna (RGB) menyebabkan Ganguan Warna pada televisi.
Ketiga poin diatas adalah Kerusakan Umum pada IC Chroma tersebut. Sebenarnya masih sangat banyak sekali sistem yang terdapat pada rangkaian blok IC Chroma tersebut, yang bisa kita lihat pada Skema / Diagram TV sesuai dengan Merek, Model dan Seri pada Televisi tersebut.

Halaman Selanjutnya

    0 komentar

     

    πŸ“‘About us | ☎ Contact us | πŸ“£ Privacy Policy | πŸ“ Term of Service