Fungsi Menu Utama di Dashboard Blogger (Hal 2)


Terjemahkan Halaman ini ke Bahasa..


Halaman Sebelumnya

Blogger merupakan platform blogging yang Mudah dan Praktis sesuai untuk Pemula yang ingin membuat blog menggunakan Akun Google. Pengguna akun Google sekaligus dapat memanfaatkan Layanan gratis lainnya bersama sama Blogger dan terintegrasi dengan Layanan lainnya, seperti: Google Drive, Youtube, Google+ dll.

Untuk membuat Akun Google anda hanya memerlukan membuat Emai dari Google (gmail), dan kemudian secara otomatis akan dapat mempergunakan Layanan gratis dari Google, seperti: Blogger, Youtube dan lain lain sebagaimana tersebut di atas.

Menu Utama di Dashboard Blogger

DASHBOARD BLOGGER merupakan PANEL utama dari platform BLOGGER, serupa dengan Cpanel pada sebuah Website, meski tidak sekomplit Cpanel umumnya pada sebuah website, namun Panel yang ada pada Dashboard Blogger ini sudah cukup memadai, disamping itu lebih simpel dan sanat cocok bagi Pemula yang baru belajar Blogging, tanpa harus ribet dengan segala pengaturan Hostingnya.
Panduan Dashboard Blogger - Cara Membuat, Mengedit, Menghapus Postingan
Illustration: Blog | Image source by: www.FreeDigitalPhotos.com
Sebagaimana kita ketahui bersama, platform blogging menggunakan Blogger ini menggunakan sub-domain dari Blogspot dan menggunakan Hosting gratis dari Google, dimana seorang Pengguna akun Google dapat memuat Konten / Posting berupa: Teks, Gambar ataupun Video pada platform BLOGGER tersebut, BLOGGER dan YOUTUBE adalah satu akun dengan GMAIL, GOOGLE DRIVE, GOOGLE+ yang kesemuanya itu dapat di akses oleh Pengguna akun Google.
Pada DASHBOARD BLOGGER, Pengguna akun Google dapat melakukan beberapa Konfigurasi Tampilan (themes), Membuat Posting, Menambahkan Widget, Navigasi dan beberapa Konfigurasi lainnya, Berikut selengkapnya terkait PANEL UTAMA yang terdapat pada DASHBOARD BLOGGER tersebut:
Cara Membuat / Mengedit, Menghapus Positng di Blogger
DASHBOARD BLOGGER - Menu POSTINGAN
  • POSTINGAN - Menu ini digunakan untuk: Membuat Posting Baru / Mengedit / Menghapus Posting yang Lama dan beberapa pengaturan lain terkait Konten ataupun Postingan yang terdapat di halaman blog tersebut. Lihat selengkapnya pada Halaman: DASHBOARD BLOGGER - POSTINGAN)
  • STATISTIK - Menu ini digunakan untuk Melacak Lalu Lintas (trafik) dari Pengunjung Blog tersebut, seberapa banyak lalu lintas pengunjung perhari / perminggu / Perbulan serta dari Wilayah mana sumber Pengunjung Blog tersebut dan berbagai Informasi satatistik lainnya. Lihat selengkapnya pada Halaman: DASHBOARD BLOGGER - STATISTIK)
  • KOMENTAR - Menu ini digunakan untuk Menjawab langsung Pertanyaan / Komentar / Saran  yang disampaikan oleh Pengunjung Blog menuju Halaman terkait. Lihat selengkapnya pada Halaman: DASHBOARD BLOGGER - KOMENTAR)
  • KAMPANYE - Menu ini disediakan Google untuk Pemilik blog, jika ingin melakukan Pemasangan Iklan (Promosi) tentang Layanan ataupun Produk yang di tawarkan pada Blog tersebut, Pemilik Blog akan diminta Pembayaran, dalam hal ini Pemilik blog disebut sebagai ADVERTISER (Pemasang Iklan). Lihat selengkapnya pada Halaman: DASHBOARD BLOGGER - KAMPANYE)
  • HALAMAN - Menu ini merupakan "NAVIGASI" untuk blog tersebut, di mana umumnya Menu HALAMAN (page) ini merupakan Topik Utama / Penting dari keseluruhan Konten, Artikel ataupun Informasi yang terdapat pada Blog tersebut. (Lihat selengkapnya pada Halaman: DASHBOARD BLOGGER - HALAMAN)
  • TATA LETAK - Menu ini digunakan untuk Konfigurasi pada Blog tersebut, seperti: Menambahkan Widget baik yang sudah tersedia pada Blogger tersebut ataupun untuk menambakan Widget dari sumber lainnya menggunakan Kode HTML ataupun JavaScript. (Lihat selengkapnya pada Halaman: DASHBOARD BLOGGER - TATA LETAK)
  • TEMA - Menu ini digunakan untuk Mengganti Template yang di pergunakan saat ini dengan Template (themes) yang lain, baik sudah tersedia pada Blogger tersebut ataupun menggunakan Template dari luar sesuai dengan yang di keinginan. (Lihat selengkapnya pada Halaman: DASHBOARD BLOGGER - THEMES / TEMPLATE)
  • SETELAN - Menu ini digunakan untuk Konfigurasi Penting pada Blog tersebut termasuk untuk Costum Domain dan lain sebagainya. (Lihat selengkapnya pada Halaman: DASHBOARD BLOGGER - SETELAN)
Demikian beberapa Menu Utama yang terdapat pada Dashboard platform Blogger tersebut, halaman berikutnya lebih rinci terkait beberapa hal tersebut di atas..

Dashboard Blogger - Menu Postingan

Pada Menu Postingan yang terdapat pada "Dashboard Blogger" ini, Pengguna dapat melakukan berbagai pengaturan untuk Konten yang akan di muat pada halaman blog tersebut, seperti:
  • Membuat Posting baru
  • Mengedit Postingan lama
  • Menghapus Postingan terdahulu
  • Membuat Draft Posting untuk dipublikasikan kemudian

Halaman Selanjutnya:

0 komentar

 

πŸ“‘About us | ☎ Contact us | πŸ“£ Privacy Policy | πŸ“ Term of Service