Hardisk Drive (HDD) - Sejarah Singkat dan Perkembangannya (Hal 7)


Terjemahkan Halaman ini ke Bahasa..

Halaman Sebelumnya

Hard Disk Drive (HDD) yang umum disebut Hardisk ini merupakan Perangkat Keras (Hardware) dari sebuah System Digital / Komputer. Hardisk digunakan sebagai Penyimpan Data (storage) berupa Cakram / Piringan Magnetis (rotational) pada sebuah System Komputerisasi / Digital.

Hardisk sangat umum digunakan pada perangkat Komputer dengan besaran kapasitas Gigabyte  (GB) hingga Terabyte (TB) pada masa sekarang ini. Kapasitas umum penggunaan Hardisk pada perangkat komputer (PC) adalah: 40GB, 80GB, 120GB, 250GB, 320GB, 500GB, 1000GB (1TB).

Penggunaan Hardisk untuk perangkat system Digital sekarang ini, diantaranya adalah: Penyimpan File rekaman Audio / Video (data) pada perangkat: Digital Video Recorder untuk kamera CCTV,  dan konsol game, seperti: PlayStation (PS) dll.

Sejarah Singkat Penggunaan Hard Disk Drive (HDD / Hardisk)

Pada masa awalnya Hardisk drive memiliki bentuk Fisik yang besar, sebagaimana informasi situs Wikipedia Indonesia:
Hard Disk diciptakan pertama kali oleh insinyur IBM, Reynold Johnson pada tahun 1956. Diska keras pertama tersebut terdiri dari 50 piringan berukuran 2 kaki (0,6 meter) dengan kecepatan rotasinya mencapai 1.200 rpm (rotation per minute) dengan kapasitas penyimpanan 4,4 MB. Cakram Padat atau lebih familiar desebut dengan Hadisk ini, di zaman sekarang sudah ada yang hanya selebar 0,6 cm dengan kapasitas 750 GB. Kapasitas terbesar Hardisk saat ini mencapai 3 TB dengan ukuran standar 3,5 inci. (Wikipedia: Cakram Keras)
πŸ“Œ Awal ditemukan pada Tahun 1956 tersebut, Cakram Padat yang  di beri label: IBM 350 RAMAC merupakan Hard Disk pertama yang dipergunakan perusahaan komputer IBM sebagai Media Penyimpan Data (storage) pada sysstem komputer mereka. IBM 350 RAMAC masih berukuran sangat besar dari segi Fisik dan Bentuknya, yaitu: sebesar 2 x Lemari Pendingin dengan Kapasitas 5.6 Juta karakter atau setara dengan 3.74 Juta Bit 8 Byte, sebagai gambaran: 1 Mb (megabyte) = 1.000.000 Bytes.

πŸ“Œ Selanjutnya pada Tahun 1961, IBM kembali memperkenalkan Cakram Padat dengan Model 1311 yang dapat menyimpan data 2 Juta karakter dengan bentuk / fisik sebesar Mesin Cuci sekarang.

πŸ“Œ Pada Tahun 1973, IBM memperkenalkan Model dan Jenis terbaru yang di beri kode nama: WINCHESTER. Cakram padat "Winchester" jenis pertama menggunakan plat cakram berdiameter 14" atau 360 mm. Kemudian, desainer mencoba memperkecil ukuran plat untuk menambah keuntungan. Cakram tetap dibuat menggunakan plat berukuran 8" sehingga cakram keras bisa berukuran 5 1/4" atau 130 mm dan dapat dipasang pada dudukan pembaca disket. Yang terakhir ini ditujukan untuk pasar komputer pribadi (PC)

πŸ“Œ Pada permulaan Tahun 1980-an mulai digunakan Model yang mudah dibongkar pasang yang memungkinkan dan menjadi keharusan penggunaan Instalasi Komputer dengan Kapasitas hingga 300MB.

Cakram keras luar tetap populer lebih lama pada Apple Macintosh. Setiap Mac buatan tahun 1986 sampai 1998 memiliki sebuah port SCSI di bagian belakang supaya penambahan cakram luar lebih mudah. Masalahnya Compact Mac tidak mungkin dipasang pada dudukan cakram keras seperti pada kasus Mac Plus atau dudukan cakram keras umumnya. Makanya pada model tersebut, tambahan cakram keras SCSI pemakaian luar menjadi pilihan yang masuk akal.
Pengenalan Perangkat Hardware Komputer Hard Disk Drive (HDD)
Hardisk | Hard Disk Drive (HDD)
Mengikuti kepadatan Media Penyimpanan (storage) yang meningkat dua kali lipat setiap 2 sampai 4 tahun sejak awal ditemukan, cakram keras terus berkembang karakteristiknya, dengan sedikit poin penting sebagai berikut :
  • Kapasitas per cakram bertambah dari 3,75 MB menjadi 4 TB atau lebih, meningkat jutaan kali lipat.
  • Ukuran fisik cakram keras berkurang dari 1,9 m3 (setara dengan dua buah lemari pendingin) menjadi kurang dari 20 mm
  • Berat berkurang dari 920 kg menjadi 48 gram.
  • Harga berkurang dari USD 15.000 per MB menjadi kurang dari USD 0.00006 per MB
  • Waktu akses rata-rata berkurang dari 100 millidetik menjadi 40 kali lebih cepat.
Aplikasi pasar berkembang dari komputer mainframe pada akhir tahun 1950 ke berbagai aplikasi penyimpanan data termasuk konten hiburan.

Sumber Halaman:
Wikipedia: Cakram Keras |  Link: https://id.wikipedia.org/wiki/Cakram_keras

Halaman Selanjutnya
Solid State Drive (SSD) - (Hal 8)

0 komentar

 

πŸ“‘About us | ☎ Contact us | πŸ“£ Privacy Policy | πŸ“ Term of Service