Penyebab Kerusakan Power Supply Regulator TV China


Terjemahkan Halaman ini ke Bahasa..


Halaman Sebelumnya

Anda mungkin sudah membaca informasi, terkait Beberapa hal yang sering menjadi Penyebab Kerusakan Mati Total pada Power Supply regulator mesin TV brand China (WCOM, HUI JIA DLL), sebagaimana termuat pada: Beberapa Penyebab Kerusakan Power Supply Mesin TV China (halaman diatas), sebagaimana gambaran berikut di bawah ini:
Blok Power Supply regulator Mesin TV China
  • Kerusakan (short) Transistor Regulator (Power) - Penyebab paling umum adalah: Karena panas yang berlebihan pada Transistor Powernya, beberapa diantaranya juga disebabkan oleh kerusakan pada komponen Filter (Damper) yang terdiri dari kapasitor tegangan tinggi yang terhubung langsung ke kaki kolektor transistor ini + 68 Ohm resistor ke DC + 400V, ini menyebabkan masuknya frekuensi tinggi yang melebihi kapasitas dan kekuatan regulator transistor, sehingga menyebabkan transistor menjadi rusak (pendek).
  • Driver Transistor - Transistor ini biasanya menggunakan nomor seri C3807, jika pengukurannya ternyata rusak, biasanya ada kerusakan pada bagian sebelum atau setelah rangkaian.
  • Kerusakan pada Oscillators (Generator) Regulator - Transistor suplai daya dalam rangkaian catu daya ini biasanya menggunakan transistor dengan nomor seri A1015. Kerusakan ini sering ditemukan selain transistor itu sendiri adalah 120K ohm Resistor mount series menggunakan ukuran yang sama, yang terhubung langsung ke DC + 300V ke Emittor feet pada transistor, umumnya ditemukan salah satunya adalah Disconnect, jadi tidak ada tegangan untuk mengaktifkan transistor pembangkit listrik dalam rangkaian pengatur daya ini. Ganti komponen, jika setelah penggantian tegangan masih di bawah tegangan yang diperlukan, biasanya kerusakan pada jenis komponen Diode (1N4148) terkait dengan daya Transistor ini, beberapa kasus telah ditemukan, dioda adalah kondisi setengah pendek, sehingga menghasilkan Tegangan keluar pada Power Regulator ke Drop, hal seperti itu dapat diamati dengan lampu Indikator berkedip pada mesin TV.
  • Kerusakan Dioda Jembatan Rectifier - Komponen ini biasanya diatur seperti jembatan, yang terdiri dari empat dioda silikon diatur sedemikian rupa, untuk arus bolak-balik (AC) menjadi arus searah (DC), dengan tegangan mulai dari DC 300V ke 400V, sebagai catu daya utama pada Power Regulator TV. Di sisi lain .. Penyearah ini Bridge Diode ada pula yang menggunakan sejenis Typical Diode, jenis komponen ini biasanya dapat dikenali pada jumlah kaki pada komponen yaitu: 4 Kaki.
Beberapa komponen yang dilingkari warna merah dan tanda panah di atas, merupakan komponen yang sering mengalami kerusakan pada Power Supply regulator Mesin TV brand China (wcom, hui jia dll) ini.

Kerusakan Power Supply Regulator TV China

Gambar di atas juga menunjukan bagian Internal Power Supply regulator Mesin TV China yang umum mengalami kerusakan, akibat lamanya penggunaan ataupun panas berlebih pada komponen utama yang menyebakan kerusakan berantai atau bisa juga disebabkan oleh: Tidak Stabilnya tegangan listrik (spanning).

Kerusakan Internal Power Supply regulator pada Mesin TV China, contohnya adalah sebagaimana terjadi pada TV VOTRE 14-Inch, lihat halaman: Kerusakan TV Votre 14-Inch - Gambar Terlipat/Tidak Sinkron (Hal 5)
Gejala Kerusakan Power Supply Regulator TV China
Kerusakan Internal Power Supply regulator TV Votre - Konsensator Tegangan Tinggi (DC 300V - 400V) Lemah / Bocor / Kering
Kerusakan bagian Eksternal Power Supply regulator TV China (dan jenis TV lainnya) adalah: Kerusakan pada Kapasitor filter untuk Tegangan DC 5V dan DC 9V yang merupakan Tegangan penting untuk IC Program (micom) dan IC Chroma / Osc Horizontal pada Mesin TV. Secara Visual ataupun Manual, dapat dicek dengan memperhatikan bentuk fisik komponen tersebut, atau dengan menyentuhnya untuk mengetahui tingkat pada pada body kapasitor tersebut, untuk tingkat akurasi yang lebih baik, mungkin anda dapat mempergunakan perangkat "ESR Meter" untuk pengecekan elco tanpa harus melepasnya dari rangkaian (jika ada).

Kembali ke Halaman

0 komentar

 

πŸ“‘About us | ☎ Contact us | πŸ“£ Privacy Policy | πŸ“ Term of Service