Kerusakan Standby TV SANKEN 21-Inch Concerto - Ultra Slim (Hal 2)


Terjemahkan Halaman ini ke Bahasa..

Halaman Sebelumnya

TV SANKEN 21 "Concerto" Ultra Slim ini mengalami "Kerusakan Standby". Menurut penuturan pemilik Televisi tersebut, gejala kerusakan sebenarnya sudah cukup lama, terutama pada gambar siarannya terlipat pada bagian bawah, sehingga teks tidak terlihat, namun televisi tersebut terus di paksa untuk dinyalakan, hingga televisi TV SANKEN 21 "Concerto" Ultra Slim ini akhirnya mengalami Kerusakan Standby.

Mesin pada TV SANKEN 21 "Concerto" Ultra Slim ini tidak berbeda sebagaimana mesin TV China model slim di pasaran pada umumnya. Berdasarkan informasi di atas, bahwa: TV SANKEN 21 Ultra Slim ini mengalami Kerusakan Standby..

Kerusakan Standby TV SANKEN 21-Inch Concerto Ultra Slim

Gambar Perbaikan Kerusakan TV Sanken 21" Concerto Ultra Slim
TV Sanken 21" Concerto Ultra Slim
dan untuk meyakinkan lagi, maka: "Televisi tersebut kami Nyalakan/Hidupkan dan memang benar hanya lampu Indikator yang menyala, tanpa ada Cahaya sama sekali terlihat pada Layar", hal ini menandakan bahwa: blok Horizontal mungkin tidak bekerja, maka kami mulai melakukan pengerjaan dengan membuka tutup (cover) bagian belakang, dan langkah kami selanjutnya:

Tahap Pengerjaan Perbaikan TV SANKEN Ultra Slim 21-Inch Concerto Kerusakan Standby

  1. Ketika Tutup (Cover) belakang sudah terbuka, maka terlihat beberapa Elko (Kapasitor) untuk filter Tegangan Vertikal (C536) dengan ukuran 1000mF/35V dan Vertikal Out (C457) dengan ukuran 2200mF/35V begitu juga Elko Filter untuk tegangan Horizontal 47mF/160V terlihat bengkak dan seterusnya Kapasitor untuk Horizontal B-Width terlihat retak juga, maka kami melakukan penggantian komponen-komponen yang rusak tersebut, selanjutnya..
  2. Ketika kami melakukan pengukuran pada Transistor Horizontal Out nya, ternyata Transistor tersebut terukur short/korslet juga, maka kami melakukan penggantian juga pada komponen tersebut.
  3. Untuk lebih meyakinkan lagi, maka kami melakukan solder ulang pada titik kontak yang terlihat retak pada mesin televisi tersebut, terutama pada bagian Horizontal dan Horizontal B-Witdh nya, dan memang TR B-Width (HX630) tersebut terlihat Loss Contact/Lepas kontak yang di akibatkan panas yang berlebih pada komponen tersebut.
  4. Kemudian kami coba hidupkan Televisi tersebut dengan menekan Switch On/Off yang berada pada bagian bawah kanan televisi "Sanken 21" Ultra Slim ini, sekarang Televisi sudah dapat menyala dengan Gambar Siaran terlihat Normal kembali, namun ternyata masih ada lagi yaitu: "Permasalahan pada Audio"nya. Suara yang terdengar "Serak" dan kadang Normal dan kemudian "Hilang Kembali".
  5. Langkah kami selanjutnya dan terakhir adalah dengan cara "Men-Jumper" jalur Input Audio tersebut dengan Resistor 1K Ohm.
Gambar Perbaikan Audio pada TV Sanken 21" Ultra Slim
Papan Mesin bagian Bawah | TV Sanken 21" Ultra Slim
    Keterangan:
    1. Gambar yang dilingkari di atas adalah Resistor 1K (jumper) pada jalur Input. Kode Resistor yang di jumper pada mesin TV tersebut adalah "R 606".
    2. Pengerjaan diatas adalah ketika TV SANKEN 21 "Concerto" Ultra Slim ini ada bermasalah pada Audio-nya, yaitu" Suara kadang Ada, kadang Hilang", namun ketika suara ada kadang tidak jelas dan serak.
    Gambar TV Sanken 21-Inch "Concerto" Ultra Slim
    TV Sanken 21-Inch "Concerto" Ultra Slim
    Setelah melakukan beberapa tahap di atas TV SANKEN 21-Inch "Concerto" Ultra Slim ini sekarang sudah Normal, baik gambar siaran dan suaranya dan siap di pergunakan kembali.


    Keterangan Tambahan:
    1.  Pada gambar di atas terlihat pada bagian samping kiri layar terlihat Menyempit, hal ini di karenakan tegangan lebih rendah dari yang seharusnya, maka perlu sedikit menaikan tegangan sehingga gambar benar benar terlihat penuh, dengan cara memutar Trimpot B+ adjust pada bagian Power Regulator pada mesin televisi tersebut.

    0 komentar

     

    πŸ“‘About us | ☎ Contact us | πŸ“£ Privacy Policy | πŸ“ Term of Service