Kerusakan TV SANKEN 29-Inch; - Gambar Menyempit Horizontal (Hal 1)


Terjemahkan Halaman ini ke Bahasa..

Sekitar 2 Hari yang lalu (ketika Artikel ini di muat), kami mendapati kasus "Kerusakan TV SANKEN 29-Inch (sayangnya.. kami tidak sempat mencatat Model dan Seri Televisi tersebut), dengan keluhan Kerusakan: Gambar Menyempit secara Horizontal, atau menyempit pada kedua sisi (kanan dan kiri) layar , kasus kerusakan ini tampak agak berlawanan, jika di bandingkan pada halaman terdahulu: Kerusakan TV LG 29-Inch (29FC1CL-T1) - Gambar Melebar Ke samping (Horizontal), ya.. yang satu Melebar dan kasus kerusakan yang satunya lagi Menyempit pada kedua sisi layar.

Kerusakan Gambar Menyempit secara Horizontal pada TV SANKEN 29"

Sedikit mundur ke belakang, berdasarkan penuturan si Pemilik, bahwa: Televisi Sanken 29-Inch dapat Menyala, namun terkadang ada suara Gemeretak (loncatan bunga api - red), di sertai Gambar agak Menyempit pada sisi Kanan dan Kirinya, namun ketika Televisi tersebut, tiba di tempat dan kami coba hidupkan televisi tersebut memang ada yang tidak Normal pada bagian Layar Horizontal nya, gambar terlihat seperti Menggulung pada sisi Layar, untuk mencegah kerusakan yang lebih parah lagi, televisi kemudian kami Off kan, berlanjut melakukan pembongkaran pada perangkat televisi tersebut.

Kerusakan Gambar Menyempit Kanan Kiri Layar pada TV Sanken 29-Inch
TV Sanken 29" - Gambar Menyempit pada kedua sisi Layar
    Setelah membuka penutup (cover) belakang TV, perhatian kami langsung tertuju pada bagian Horizontal Outputnya, dan benar saja.. ketika di perhatikan secara seksama Dioda Dumper dengan kode VD 352 yang terhubung langsung ke Kolektor (C) Transistor Horizontal Output, ternyata sudah pecah.. kemudian perhatian kami berlanjut pada komponen lain, dan terlihat pula Resistor Micron juga terlihat retak, resistor ini terhubung langsung pada Kolektor (C) Transistor B-witdh (pengatur lebar layar).
    Kerusakan Gambar Menyempit Horizontal Layar pada TV Sanken 29"
    TV Sanken 29" - Horizontal Output dan Horizontal B-Width
      Kerusakan sangat jelas pada ketiga komponen di atas, menurut analisa sederhana dari kami, kemungkinan Kerusakan TV SANKEN 29" yang menyebabkan Gambar Menyempit secara Horizontal ini, awal terjadi kerusakan pada Dioda Dumper tersebut, kemudian berlanjut Transistor B-Width menjadi kelebihan beban, sehingga terjadinya short (korslet) pada Transitor b-width, dan efek selanjutnya berantai, menjadikan resistor jenis Micron dengan kode R340 (4.7 Ohm hingga 10 Ohm / 5W), menjadi retak / rusak juga, berikut seperti terlihat pada gambar di bawah ini:
      Kerusakan Gambar Menyempit pada kedua sisi Layar pada TV Sanken 29"
      TV Sanken 29" - Horizontal Output dan Horizontal B-Width

      Tahap Pengerjaan
        • Meskipun berdasarkan pengalaman, bahwa: Kerusakan tersebut dapat di ketahui adalah kerusakan pada bagian Horizontal Output nya, namun ada baiknya juga kita  periksa kembali semua titik kontak (timah) pada bagian bawah mesin (PCB) tersebut, kemudian lakukan pembersihan mesin dengan cairan pembersih, seperti: Thinner dan yang sejenismya, sehingga akan lebih memudahkan ketika melakukan analisa kerusakan selanjutnya.
        • Ganti ketiga komponen yang rusak tersebut di atas (Dioda dumper, Resistor Micron (4.7 - 10 Ohm / 5W) dan Transisor B-Width (C2344 / C2068 dan/atau yang sejenis).
        Kerusakan TV Sanken 29" Gambar Menyempit pada Layar (Horizontal)
        TV SANKEN 29"
        Setelah mengganti ketiga komponen tersebut, sekarang televisi dapat menyala Normal kembali.. kami mencoba untuk menyalakan untuk beberapa menit, sambil terus mengamati tingkat panas pada bagian Horizontal Output, setelah di rasa tingkat panas yang wajar (tidak panas berlebih) pada beberapa komponen utama pada televisi tersebut, maka kami yakinkan, bahwa televisi sudah dalam kondisi OK, maka langkah terakhir adalah memasangkan kembali penutup (cover) belakang TV, dan tahap pengerjaan telah selesai sampai di sini..


        Halaman Selanjutnya

        0 komentar

         

        πŸ“‘About us | ☎ Contact us | πŸ“£ Privacy Policy | πŸ“ Term of Service