Mengenal Blok Utama pada Mesin TV Layar Tabung (Hal 20)


Terjemahkan Halaman ini ke Bahasa..

Secara Sederhana, untuk dapat melakukan pada Perangkat Elektronika apapun tentu sedikit banyaknya kita dapat melakukan blocking pada rangkaian yang terdapat pada perangkat tersebut, hal ini akan memudahkan untuk perbaikan perangkat itu kedepannya.

Pada Televisi kita mengenal beberapa Blok Utama, seperti: Power Supply regulator yang menyuplai beberapa tegangan yang di butuhkan untuk daya kerja televisi tersebut, seperti: B+ 115V untuk Tegangan Horizontal Out, tegangan Driver Horizontal umumnya juga di ambil dari sini setelah diberi Pembatas Arus (resistor)..

Blok Power Supply Regulator

Power Supply regulator membangkitkan beberapa Tegangan Output penting, seperti: B+ 115V untuk Tegangan Horizontal Out & Driver Horizontal, sebagaimana tersebut di atas, kemudian beberapa Tegangan lainnya, seperti: +12V yang kemudian terbagi: +8V untuk Tegangan blok Osc Horizontal dan +5V untuk Tegangan blok IC Program (pada sebagian jenis TV ada pula yang mempergunakan +3.3V) dan DC 12V - 16V untuk Tegangan Audio Amp..
Tegangan Penting pada Blok Power Supply Regulator TV CHINA / WCOM / HUI JIA
Tegangan pada Blok Power Supply Regulator
Kerusakan pada Power Supply regulator tentu akan Menyebabkan Televisi Mati Total, sebagai contoh kerusakan Power Supply regulator pada Mesin TV China agar lebih mudah dipahami, dapat di lihat pada halaman: Beberapa Penyebab Kerusakan Power Supply regulator Mesin TV China.
Blok Rangkaian Regulator Power Supply TV CHINA
Blok Power Supply Regulator Mesin TV CHINA (WCOM)
Pada Blok Power Supply Regulator TV CHINA ini dapat dengan mudah di kenali, Tegangan Output yang umum digunakan pada TV CHINA, yaitu:
  • B+ 115V (127 - 130V untuk TV 29") digunakan untuk Tegangan Horizontal Out.
  • +185V untuk Tegangan Katoda RGB (sekarang sudah jarang digunakan, melainkan Tegangan +185V untuk Katoda RGB ini pada umumnya langsung di ambil dari Tegangan Output Fyback 185V), selain itu.. Tegangan 33V untuk Tegangan Tuning Frekwensi pada Tuner Antenna di Mesin TV CHINA ini.
  • Tegangan 24V digunakan untuk: Tegangan IC Vertikal Amp sekaligus untuk Tegangan Driver Horizontal.
  • Tegangan 16V digunakan untuk: Tegangan IC Audio Amp (Sound) dan memiliki Ground terpisah untuk menghindari Pump Efek.
  • Tegangan 12V: Tegangan kemudian di bagi menjadi 2 Tegangan Output, yaitu: +5V untuk Tegangan IC MICOM (program) dan +8V untuk Tegangan IC CHROMA/RF.

Tegangan B+ 115V pada Power Supply Regulator Mesin TV CHINA

Tegangan B+ 115V merupakan Tegangan untuk Supply Tegangan pada Blok Horizontal Out yang terdiri dari 2 Komponen Utama, yaitu: FLYBACK TRANSFORMER dan TR POWER HORIZONTAL sebagai penghasil Tegangan Tinggi (HV - HIGH VOLTAGE) pada kisaran 20.000 - 30.000 Volts untuk dapat Menyalakan Tabung Hampa (Layar) Televisi, pada beberapa model televisi Tegangan Driver Horizontal juga di ambil dari Tegangan B+ 115V ini, setelah di beri Pembatas Arus (resistor), Driver Horizontal bekerja pada kisaran 27V  hingga 48V (bisa lebih rendah atau lebih tinggi).

Tegangan B+ 115V untuk Tegangan Horizontal Out Tegangan 27V - 48V untuk Driver Horizontal, Tegangan +33V untuk VT pada TUNER antena juga di ambil dari Tegangan B+ 115V ini serta Feedback menuju photo coupler (PC) 817 sebagai sensor Tegangan pada Power Supply Regulator.

Tegangan 24V untuk Vertical Amp dan Driver Horizontal pada Power Supply Mesin TV CHINA

Tegangan 24V pada Power Supply regulator Mesin TV brand CHINA (WCOM. HUI JIA dll).. digunakan untuk Tegangan IC VERTICAL Amp (LA 78041 / LA 78141 dan yang sejenisnya), pada Tegangan 24V ini disalurkan juga ke kaki Kolektor (C) TR Driver Horizontal melalui Trafo penyesuai impedansi di blok Driver Horizontal tersebut.

Blok Vertical Amp & Tegangan +24V

Rangkaian dan Tegangan +24 Blok Vertikal Mesin TV China WCOM, HUI JIA
Blok Vertikal Amp

Blok Horizontal Out & Tegangan +24V

Rangkaian Tegangan Horizontal Out TV China
Blok Horizontal Output
Pada kedua Blok tersebut menggunakan Tegangan yang sama yaitu: +24V yang berasal dari Power Supply Regulator yang terdapat pada Mesin TV CHINA / WCOM / HUI JIA dan yang sejenisnya.

Tegangan +24V ini terhubung langsung pada IC Vertikal Amp, Kerusakan yang sering terjadi pada bagian Tegangan ini adalah terjadi pada IC Verticalyang merupakan komponen utama di blok Vertical Amp tersebut.

Tegangan DC +5V (Blok IC Program / Micom) dan Tegangan DC +8V (Blok IC Chroma / RF)

Pada Mesin TV brand China dan kebanyakan Mesin TV lainnya, Blok IC Program / MICOM + IC Memory (eprom) memerlukan Tegaangan / Daya DC 5V
Tegangan +12V dari Power Supply regulator kemudian dimasukan ke rangkaian Stabilisator hingga di hasilkan 2 Tegangan Output, yaitu: +8V untuk Blok IC Chroma dan +5V untuk Blok IC Program / Micom ini. 
Tegangan DC +5V Blok IC Program Mesin TV
Blok IC Program dan Blok IC Chroma / RF
Gambar di atas merupakan gambaran 2 Blok Vital (blok IC Program / Micom dan IC Chroma / RF) dari Perangkat Televisi, namun pada kebanyakan Mesin TV sekarang sudah menggunakan IC terintegrasi (IC Program & IC Chroma / RF dalam 1 IC).

Blok Audio Amp & Tegangan +14 - 16V pada Mesin TV CHINA (WCOM, HUI JIA dan yang sejenisnya)

Tegangan berkisar +14V - +16V yang berasal dari Tegangan Output: Power Supply Regulator (Mesin TV CHINA) digunakan pada "Blok Audio Amp" ini,kerusakan pada blok Audio Amp (sound) ini umum disebabkan rusaknya IC Power yang merupakan komponen utama yang terdapat pada blok Audio Amp ini. Pada jenis TV brand China umum digunakan adalah IC Power dengan No Seri: TDA/LA 2003.
Kit Power Audio pengganti Blok Audio Amp TV yang Bermasalah
Kit Power Audio Amp untuk TV CHINA dll
Mengenai Audio Amp ini, tidak tidak berbeda jauh dengan Power Amplifier biasa, namun.. telah disesuaikan dengan untuk Penggunaan Penguat Suara pada Televisi. Mengenai KIT Power Audio Mini untuk TV ini dapat dilihat pada Halaman:


0 komentar

 

πŸ“‘About us | ☎ Contact us | πŸ“£ Privacy Policy | πŸ“ Term of Service