Panduan Cara Pemasangan Mesin baru TV China (WCOM, HUI JIA, dll) (Hal 8)


Terjemahkan Halaman ini ke Bahasa..

Halaman Sebelumnya

Mesin Televisi brand (produk) China mempunyai Kwalitas Sedang dengan Harga cukup Terjangkau, serta merupakan alternatif sebagai Pengganti Mesin TV yang sudah tua ataupun Mesin TV yang mengalami Kerusakan parah (tidak bisa diperbaiki lagi).

Mesin TV Brand China (Pasaran) saya katakan di sini mempunyai kualitas Sedang atau Standar, karena beberapa hal perbandingan (ini hanya pendapat saya sendiri), antara lain:
  • Jika TV Sharp mempunyai Ketahanan Mesin yang sangat baik, maka Mesin TV produk China pasaran masih di bawah kualitas TV Sharp ini.
  • Jika TV Polytron mempunyai Kualitas Audio yang sangat baik, maka hal ini tidak terdapat pada Mesin TV produk China pasaran.
  • Jika TV Panasonic mempunyai mempunyai Kualitas Gambar yang sangat baik, maka Mesin produk TV China pasaran masih kalah kelas di bandingkan TV Panasonic tersebut.
Meskipun demikian, Mesin TV produk China ini mempunyai harga yang cukup ekonomis, hal ini pula yang menjadikan pertimbangan bagi Teknisi TV, ketika mengalami jalan buntu sewaktu menangani kasus kerusakan parah pada mesin televisi ataupun tidak tersedianya part pengganti komponen yang rusak pada mesin televisi tersebut. Namun kami tidak memungkiri bahwa: pada beberapa Model tertentu pada Mesin TV produk China yang beredar di pasaran, mempunyai kualitas Gambar yang hampir setara dengan Televisi produk Negara Asia lainnya, yaitu: Korea dan Jepang, semisal: LG ataupun Sharp serta Panasonic.

Panduan Cara Pasang Mesin TV baru produk China (WCOM, HUI JIA, dll)

Gambar Paket Mesin TV Produk China
Paket Mesin TV produk China (Baru)
  1. Mesin TV lengkap dengan Papan Tombol dan Sensor remote
  2. Remot kontrol + Skema/Diagram
  3. Kabel Deflection Yoke (DY)
  4. Kabel Chord + Swich/Saklar On/Off

Petunjuk Singkat Cara Pemasangan Mesin TV China

Lepaskan Mesin TV terdahulu yang sudah Rusak (tidak bisa di perbaiki lagi), biarkan Deflection Yoke lama masih menempel pada leher Tabung TV tsb, namun ganti Kabel Defleksi Yoke dengan yang baru (terdapat pada paket/box), selanjutnya:

Pemasangan Kabel Yoke Defleksi (Deflection Yoke)

Gambar Kode Kabel Deflection Yoke mesin TV China baru
Kabel Deflection Yoke (DY)
Keterangan Gambar
  1. Kabel Hitam - Defleksi Vertikal -
  2. Kabel Putih - Defleksi Vertikal +
  3. Kabel Biru - Defleksi Horizontal -
  4. Kabel Merah - Defleksi Horizontal +
Kami memberikan kode tersebut di atas hanyalah sebagai referensi, sehingga ketika pemasangan bagian Vertikalnya terbalik, maka gambar akan terbalik juga dari Atas ke Bawah, sedangkan ketika permasangan bagian Horizontalnya terbalik, maka gambar akan terbalik juga dari arah Kanan ke Kiri.
Gambar Defleksi pada Tabung TV
Deflection Yoke
Defleksi bagian Vertikal umumnya berada pada 2 Pin dalam dan bagian Horizontal umumnya berada pada 2 Pin terluar. Defleksi bagian Vertikal mempunyai Nilai Resistansi lebih Tinggi, jika dibandingkan dengan Horizontal ketika di ukur menggunakan Avometer baik Manual maupun Digital, lihat posisi kumparan Vertikal dan Horizontal pada gambar di atas.

Setelah Kabel Defleksi terpasang, maka pasang juga kabel tersebut pada Soket/Pin Defleksi yang terdapat pada Mesin TV, seperti terlihat pada gambar dibawah:

Gambar Petunjuk Pemasangan Kabel pada Soket Deflection Yoke
Posisi Kabel pada Soket Defleksi Vertikal dan Horizontal
No. 1 dan 2 adalah Vertikal Output yang selanjutnya di salurkan ke Yoke Defleksi bagian Vertikal, sedangkan No. 3 dan 4 adalah Horizontal Output selanjutnya di salurkan ke Yoke Defleksi bagian Horizontal, Pengaturan Lebar Layar gambar siaran pada tabung televisi, dapat di sesuaikan dengan mengatur letak/posisi kabel Merah ke soket defleksi yang di beri kode dengan No. 4 pada mesin televisi, sebagaimana di tunjukan pada gambar di atas.
Pemasangan Yoke Defleksi hanya boleh terbalik, antara No. 1 ke No. 2 atau No. 2 ke No. 1 untuk kabel Vertikal, ketika pemasangan ini kabel terbalik tidak membahayakan komponen, namun.. gambar akan terbalik (sungsang).
Pemasangan Yoke Defleksi hanya boleh terbalik, antara No. 3 ke No. 4 atau No. 4 ke No. 3 untuk kabel Horizontal, ketika pemasangan kabel ini terbalik, tidak membahayakan komponen, namun.. gambar akan terbalik dari arah dari Kiri ke Kanan. Lihat Ukuran dan Petunjuk Pemasangan Yoke Deflection ini pada halaman: Petunjuk Instalasi/Pemasangan Yoke Deflection pada Mesin TV merek WCOM.

Selanjutnya..
  1. Pasang Kabel Chord yang sudah beserta Saklar On/Off pada Pin yang tersedia pada Mesin TV
  2. Pasangkan pula Papan (PCB) Soket Video RGB pada Tabung TV, jangan lupa untuk memasangkan pula Ground pada body Tabung ke jalur Ground yang terdapat pada Soket Video RGB tsb.
  3. Pasangkan Kabel Degaussing Coil pada Pin Degaussing yang terdapat pada Mesin TV
  4. Pasang pula Panel kelengkapan, seperti: Panel Menu, Panel Sensor remote, juga kabel Speaker dll.
Pada beberapa Model dan Merek tertentu, terkadang kita menemukan Jenis Tabung Televisi yang menggunakan 2 (Double) Fokus, sehingga mengharuskan kita mengganti Soket 1 (Single) Fokus (jenis ini sangat umum digunakan pada televisi tabung), sehingga dapat sesuai dengan Tabung televisi tersebut.
Meski Tabung TV 2 (Double) Fokus ini adalah Khusus menggunakan Flyback (FBT) yang mempunyai 2 kabel Fokus juga, namun jika tidak ada.. maka pengerjaan penggantian Soket 1 (single) Fokus dengan 2 (double) Fokus dapat di lakukan, sebagaimana informasi singkat ini di halaman: Pemasangan Baru Mesin TV China - Soket Tabung Single / Double Focus (Fokus) - (Artikel Sambungan).
Pemasangan: Defleksi, Socket RGB, Tudung (Kop) Anoda dan Ground pada Tabung TV
Jika sudah terpasang semua, maka posisikan Mesin TV pada letak yang aman, selanjutnya anda dapat mencoba menghidupkan televisi tersebut, serta melakukan beberapa settingan hingga Gambar dan Suara siaran dapat sesuai sebagaimana mestinya.


Halaman Selanjutnya

0 komentar

 

πŸ“‘About us | ☎ Contact us | πŸ“£ Privacy Policy | πŸ“ Term of Service