RAM (Random Access Memory) pada System Komputer (Hal 11)


Terjemahkan Halaman ini ke Bahasa..

Halaman Sebelumnya

RAM (Random Access Memory) adalah termasuk Komponen Utama pada sebuah Komputer. Sesuai dengan namanya, RAM ini dapat Menyimpan dan Mengakses Data secara Acak. RAM dapat bekerja dan menyimpan sementara ketika Data sedang di proses oleh system Komputer (prosesor).

Besaran kapasitas akan membantu mempercepat proses data yang di eksekusi oleh Prosesor (Intel / AMD platform), dengan berbagai klasifikasi: 1600MHz, 1333MHz, 1066MHz dll sesuai dengan Fitur di dukung oleh Motherboard & Prosesor-nya.

RAM (Random Access Memory) untuk PC Desktop

Gambar dan Keterangan Umum mengenai RAM (Memori untuk Desktop Komputer)
3 Jenis/ Model lama RAM (Random Access Memory) - SD-RAM, DD-RAM (DDDR1-RAM) dan DDR2-RAM
Penggunaan RAM (Random Access Memory) ini, harus menyesuaikan dengan 2 Perangkat penting lainnya pada system komputer, yaitu: Motherboard dan Prosesor. Penggunaan yang  salah pada RAM ini, berakibat sebuah system komputer tidak dapat berfungsi dengan benar.

Gambar diatas adalah merupakan contoh 3 Jenis / Model lama dari RAM (Random Access Memory) untuk komputer jenis Desktop, yaitu: SD-RAM, DDR1 dan DDR2-RAM, berikut gambaran umum ketiga model/ jenis RAM ini.
  • SDRAM  - SD-RAM atau lebih sering ditulis SDRAM ini adalah Tipe RAM yang digunakan pada system komputer Intel Pentium I / II maupun Intel Pentium III, dengan kisaran kapasitas RAM dari: 32MB, 64MB, 128MB.
  • DDR1 RAM - DDR1 RAM ini sangat umum digunakan pada system komputer Intel Celeron, Pentium 4,  dengan kapasitas  berkisar 256MB, 512MB dan 1GB.
  • DDR2 RAM - DDR2 RAM ini banyak di gunakan pada Motherboard dengan Platform Intel Pentium 4, Intel Dual Core Prosesor, ataupun Motherboard menggunakan Platform AMD, antara lain: AMD Sempron dan AMD Athlon prosesor, dengan kisaran kapasitas 512MB dan 1GB 
Untuk Model RAM terbaru, yaitu: DDR3 RAM, telah beredar dipasaran dengan kapasitas 2GB, 4GB, 8GB/ channel, untuk penggunaan Model Prosesor dan Motherboard (komputer user) terbaru, yang sekarang sudah support hingga 32GB  (4 x 8GB RAM Slots) kapasitas RAM.

Halaman Selanjutnya

0 komentar

 

πŸ“‘About us | ☎ Contact us | πŸ“£ Privacy Policy | πŸ“ Term of Service