(Kenapa) Air Lambat Memanas dan Membeku? (Hal 25)


Terjemahkan Halaman ini ke Bahasa..


Halaman Sebelumnya
Pembekuan Air, Pembentukan Awan di Udara (Hal 24)

Pada sebelumnya teleh dijelaskan, bahwa: .. di lautan, air yang mencapai suhu 4oC akan tenggelam ke dasar karena lebih berat, oleh karena itu.. pada Lautan yang tertutupi gunung es, dasarnya akan selalu berwujud cair dan memiliki suhu 4oC, Hal yang hampir serupa terjadi pada musim Dingin., dimana bagian dasar Danau dan Sungai yang ditutupi lapisan es tetap dapat mendukung kehidupan (karena hanya bagian atas airnya yang membeku, sedangkan di lapisan terbawah bersuhu 4oC masih memungkinkan adanya kehidupan bawah air), lihat halaman: Pembekuan Air, Pembentukan Awan di Udara (link di atas)..

Lantas.. (mengapa) Air Lambat Memanas dan/atau Lambat Membeku (..?)

Sifat Air yang lain adalah Penguapan dan Pembekuan yang lambat (perlahan). Telah diketahui bahwa pada Musim Panas, Pasir cepat memanas pada siang hari dan juga cepat mendingin pada malam hari. Sebaliknya, suhu Air Laut hanya berubah sekitar 2oC hingga 3oC saja antara Siang dan Malam. Hal ini terjadi karena: Air menjaga suhunya ketika suhu mendadak Naik atau Turun, dan memperlambat Penguapan dan Pembekuan.

Jika kita mempertimbangkan sifat air ini dalam konteks bumi secara keseluruhan, maka kita akan melihat air, dalam wujud Cair ataupun Uap, di laut dan di atmosfer, Air memiliki peran yang sangat penting bagi suhu Bumi. Air yang ada di permukaan bumi mencegah pemanasan yang berlebihan, dengan cara menyerap panas pada bagian bumi yang terpanaskan oleh sinar matahari. Pada bagian bumi yang tidak terkena matahari langsung, dengan panas yang di kandungnya, lautan dan air berfungsi sebagai radiator (pada mobil) dan mencegah suhu turun terlalu rendah. Dengan mekanisme ini, perbedaan suhu antara siang dan malam selalu berada dalam batas toleransi (keadaaan / kondisi yang sesuai) bagi manusia dan makhluk hidup lain (di bumi). Jika saja jumlah Air lebih sedikit dari-pada luas Daratan, maka yang terjadi adalah: Perbedaan suhu Siang dan Malam akan meningkat dan mengubah bumi menjadi gurun dan membuat kehidupan menjadi tidak mungkin ada, atau setidaknya akan menjadi sangat sulit.

Referensi:


Halaman Selanjutnya
(Hal keadaan / kondisi) Berat Awan (di Udara) - (Hal 26)

0 komentar

 

πŸ“‘About us | ☎ Contact us | πŸ“£ Privacy Policy | πŸ“ Term of Service