Menggunakan Blog sebagai Media Pemasaran Online di Internet


Terjemahkan Halaman ini ke Bahasa..


Mengingat sangat banyaknya Pengguna Internet di indonesia, bahkan menurut beberapa Media resmi, bahwa: "Pengguna Internet di Indonesia menempati Urutan ke 6, Pengguna Internet terbanyak / terbesar di Dunia", diperkirakan saat ini (tahun 2017) ada sekitar 132 Juta Penggun Internet di Indonesia, ini merupakan kabar baik dan merupakan peluang bagi yang ingin menekuni Bisnis Online di Internet ini.

Beberapa Pakar Internet juga menyebutkan, bahwa: Saat ini, bahkan untuk beberapa Tahun yang akan datang merupakan penggunakaan masa masa Keemasan Teknologi penggunaan Internet ini, hal ini di mungkinkan karena penggunaan perangkat komunikasi sudah sangat Modern dan mendukung untuk akses Internet berkecepatan tinggi.

Menggunakan Blog sebagai Media Pemasaran Produk secara Online

Tidak dapat dipungkiri, sekarang ini Gadget merupakan Gaya Hidup masyarakat Modern di seluruh Dunia, terbanyak dari mereka adalah menggunakan Media Sosial sebagai Prasarana Komunikasi, bahkan mungkin saja melampaui penggunaan komunikasi konvensional / verbal menggunakan telpon genggam dan yang sejenisnya.
Teknik Pemasaran Produk menggunakan Blog
Ilustration: Internet - People | Image source by: http://www.freedigitalphotos.net
Beberapa Pakar Internet juga menyebutkan, bahwa: Indonesia merupakan pasar Potensial untuk Bisnis Online di karenakan begitu banyaknya Pengguna Internet di Indonesia, baik untuk Bisnis e-Commerce maupun untuk Media Periklanan, hal ini menunjukan Pengguna Internet memiliki peluang besar untuk mendapatkan penghasilan melalui Internet tsb.

Di atas kita telah menyebutkan, bahwa: Media Sosial merupakan Gaya Hidup masyarakat Dunia sekarang ini, dengan Media Sosial penggunaanya dapat memberikan Informasi Produk ataupun Layanan Jasa lainnya kepada komunitas Pengguna Internet di jejaring sosial tersebut.

Blog sebagai Media Pemasaran Produk secara Online

Sebagamana di situs Jejaring / Media Sosial, Platform Blogging juga memiliki kekuatan yang luar biasa (power full) untuk Media Promosi baik berupa Produk ataupun Layanan Jasa, meskipun begitu.. diperlukan cukup banyak Trik dan Strategi untuk dapat bersaing di Mesin Pencari (search engine), terutama: GOOGLE, yang merupakan mesin pencari yang paling populer saat ini, selain dari: YAHOO, BING, YANDEX dll.

Penggunaan Media / Flatform Blogging adalah dengan memuat "KONTEN" berupa Informasi yang bermaaf bagi Pengunjung (pembaca)nya.

Sebagaimana kita ketahui bersama, terdapat ribuan, jutaan bahkan milyaran blog ataupun situs di Intenet, sebuah blog.. tidak akan serta merta muncul pada Mesin Pencari ( search engine), karenanya memerlukan beberapa waktu lamanya agar keseluruhan konten / informasi dapat terindex mesin pencari tsb.

Beberapa Trik dan Strategi dapat digunakan agar sebuah blog dapat lebih cepat terindeks di mesin pencari, Teknik paling umum yang dipergunakan para BLOGGER ataupun WEBMASTER adalah "TEKNIK SEO (Search Engine Optimization)", terkait SEO ini seorang Blogger dapat mempelajari di cukup banyak situs yang tersedia di Internet.

Membuat Blog bagi Pemula sebagai Media Pemasaran Produk secara Online

Memang sebagai Pemula, kita tidak di haruskan menguasai semua perencanaan teknis blogging, seperti: SEO, Skrip, Kode HTML  dan lain sebagainya yang notabene memusingkan, perlahan lahan kita akan mengerti seiring berjalannya waktu, yang terpenting adalah:
  • Penguasaan Dasar blogging, seperti: 
    • Menguasai Tahap Dasar Pembuatan Blog baik menggunakan platform Blogger maupun Wordpress.
    • Cara Posting dengan Struktur Kata dan Gaya bahasa yang baik dan benar serta mudah di pahami oleh Pembaca
    • Penempatan Gambar yang sesuai dengan Informasi yang disampaikan pada halaman posting tsb, sehingga mudah di pahami pembacanya.
    • Artikel / Informasi yang disampaikan akan lebih baik jika di tulis sendiri (original), bukan dari hasil copy paste (copas)
Dengan "Penguasaan Dasar" sebagaimana tersebut di atas, Informasi yang kita sampaikan pada halaman posting akan bermanfaat bagi Pembaca, hal ini merupakan modal dasar untuk memiliki sebuah Media Blogging yang layak dijadikan sebagai "Media Promosi" Produk / Layanan Jasa lainnya secara Online di Internet.

Memanfaatkan Blog sebagai Media Pemasaran Layanan Jasa / Produk Sendiri

Ada beberapa Platform Blogging yang dapat digunakan sebagai Media Pemasaran Online, ada yang Gratis ada pula yang Berbayar. Jika anda sedikit lebih bersabar.. anda dapat membuaatnya sendiri dengan Belajar secara Step by step, atau jika anda tidak punya cukup waktu, anda dapat membayar orang lain, untuk Jasa pembuatan website, tanpa anda harus repot repot belajar Kode kode ataupun Skrip (HTML, CMS dll).

Sebuah Blog ataupun Website yang anda miliki dapat di gunakan sebagai Media Pemasaran Produk anda sendiri ataupun promosi Layanan Jasa lainnya secara Online.di Internet, dengan memuat Konten Produk ataupun Layanan Jasa yang anda punyai, baik keterangan berupa Tekstual maupun Visual berupa Gambar ataupun Video.

Memanfaatkan Blog sebagai Media Pemasaran Produk Orang lain (Affiliate Marketing)

Selain sebagai Media Pemasaran / Promosi Produk secara Online di jaringan luas Internet, sebuah Blog ataupun Website juga dapat digunakan sebagai Media Pemasaran produk Orang lain atau lebih sering disebut dengan "AFFILIASI" ini.

Pemasar Online yang dalam hal ini disebut dengan Affilate Marketer akan mendapatkan beberapa persen dari total harga per 1 Barang / Produk yang laku Terjual. Persentase yang di dapatkan oleh Pemasar Online (affiliate marketer), biasanya berkisar 7% hingga 12% dari Total Harga Produk yang laku Terjual, semakin banyak Produk yang laku terjual maka akan semakin besar pula Komisi yang di dapatkan oleh si Pemasar Online (Affiliate Marketer) tsb.

Beberapa Website terkenal yang memiliki layanan "Affiliate Marketing" ini, LAZADA, ZALORA,TOKOPEDIA,TOKO ONE dll.

Halaman lainnya:


0 komentar

 

πŸ“‘About us | ☎ Contact us | πŸ“£ Privacy Policy | πŸ“ Term of Service